Sukses

Bugar Saat Hamil dengan 5 Olahraga Berikut

Meski hamil buat tubuh terus bugar dengan olahraga yang tepat untuk ibu hamil. Ini lima daftarnya.

Liputan6.com, Jakarta Saat hamil tubuh harus tetap bugar, salah saru caranya dengan berolahraga. Para dokter pun setuju bahwa berolahraga tetap dibutuhkan para ibu hamil.

"Berolahraga selama kehamilan sangat penting untuk menjadikan tubuh sehat. Ini adalah cara untuk memiliki kehamilan yang aman dan sehat," terang ahli kandungan dokter Rita Bakshi dari International Fertility Centre di New Delhi.

Dukungan pun didapatkan juga dari konselor ASI serta organisasi ibu hamil Mamma Mia Maternity Service bernama Shruti Saxena. "Olahraga saat hamil bisa mempertahankan kebugaran ibu, membatasi kenaikan berat badan serta membuat tubuh lebih rileks karena berolahraga akan melepaskan hormon bahagia endorfin," terang Saxena.

Oleh karena itu, tetaplah bugar selama kehamilan dengan melakukan olahraga tepat untuk ibu hamil. Dilansir dari iDiva, Kamis (4/9/2014) berikut daftarnya (jangan lupa konsultasikan ke dokter kandungan Anda terlebih dahulu).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jalan Kaki

1.   Jalan kaki

Jalan kaki adalah cara tepat bagi ibu hamil untuk latih fisik. Jika tidak terbiasa, mulailah dengan berjalan dalam jarak dekat dan tempo lambat. Disarankan untuk melakukan tiga kali seminggu selama 30 menit.

"Untuk latihan kardiovaskular, berjalan kaki adalah cara tepat dan aman," terang dokter Bakshi. Perlu diperhatikan pula untuk berjalan kaki menggunakan sepatu yang nyaman serta jalanan bebas lubang dan tidak terlalu ramai.

2. Menari

Menari merupakan cara menyenangkan bagi ibu hamil untu berolahraga. "Jangan khawatir jika kehamilan Anda normal  untuk melakukan olahraga ini. Tetap batasi intensitas gerakan. Jangan lupa, beritahu instruktur bahwa Anda sedang hamil sehingga ia akan memodifikasi gerakan," terang instruktur Shalini Bhargava.

3. Pilates

Salah satu olahraga tenar ini akan membantu anda tetap rileks saat melahirkan. Bhargava yang juga seorang instruktur pilates menjelaskan bahwa olahraga ini membantu menjaga otot perut, mengurangi sakit punggung serta membuat tubuh kuat mendorong saat nanti menjalani persalinan.

4. Renang

Bagi ibu hamil yang senang air, aktivitas berenang pasti jadi olahraga menyenangkan. "Berenang adalah olahraga yang baik yang sedikit risiko kecelakan. Selain itu, tidak memberikan tekanan pada sendi Anda," terang dokter Bakshi. Tapi perlu diingat bahwa lakukan renang biasa tanpa perlu meloncat  atau menyelam.

5. Pre-natal yoga

Yoga membantu pelepasan ketegangan yang sering terjadi pada ibu hamil, serta meningkatkan perasaan hati. "Gerakan dan latihan pernapasan yoga bisa menumbuhkan rasa tenang pada ibu," terang Bhargava. Namun, Bhargava menyarankan dalam kehamilan trisemester kedua untuk menghindari gerakan melengkung dan meregangkan perut yang berlebihan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini