Sukses

8 Olahraga yang Cocok untuk Wanita Hamil

Liputan6.com, Jakarta Memelihara kebugaran saat hamil juga diperlukan untuk menjaga janin tetap sehat. Masalahnya, tidak semua jenis olahraga disarankan untuk wanita hamil.

Ahli kandungan di International Fertility Centre, New Delhi, Dr Rita Bakshi, ia mengungkapkan, olahraga saart hamil diperlukan agar proses kelahiran lancar.

Sama dengan pendapat dokter, konselor laktasi, Shruti Saxena mengungkapkan, senam hamil dapat mempertahankan kebugaran, mengurangi risiko kegemukan, dan paling penting pelepasan hormon endorfin yang membantu ibu tetap tenang dan bahagia.

Untuk membantu para wanita hamil tetap bugar, Dr Bakhsi memberikan contoh 10 olahraga yang aman dilakukan wanita hamil, seperti dikutip Boldsky, Senin (25/8/2014) berikut ini:

1. Jalan kaki

Berjalan adalah cara paling baik untuk menjadi sehat secara fisik. Dr Bakshi mengatakan, wanita hamil bisa latihan berjalan untuk melatih jantung janin agar lebih sehat.

"Beberapa wanita mungkin akan mengalami kaki bengkak jika kebanyakan berjalan. Tapi 30 menit berjalan selama tiga hari dalam seminggu adalah rutinitas yang baik," katanya.

2. Menari

Selain menyenangkan, menari adalah bentuk latihan yang paling menyenangkan.

"Jangan khawatir, selama tidak menari berlebihan dan memperhatikan kondisi kandungan, kandungan akan aman. Namun jika tidak mampu, segera beritahu instruktur Anda," jelas Bakhsi.

3. Pilates

Melakukan Pilates selama kehamilan akan membantu Anda tetap rileks saat melahirkan. Instruktur Fitnes, Shalini Bhargava mengatakan, pilates membantu mengurangi sakit otot perut, mengurangi sakit punggung dan melancarkan proses persalinan.

4. Yoga

Latihan yoga saat hamil dapat mengurangi ketegangan, meningkatkan mood dan melancarkan persalinan.

5. Aerobik atau Zumba

Latihan aerobik atau zumba memang memerlukan gerakan yang aktif. Tapi menurut Shalini, ibu hamil yang ingin ikut gerakan ini hanya melakukan beberapa gerakan yang nyaman.

6. Kegel

Latihan Kegel memperkuat otot-otot di dasar panggul. Kenapa perlu latihan ini? Bakhsi mengungkapkan, tubuh Anda memproduksi hormon yang disebut relaksin selama kehamilan. Hormon ini melembutkan sendi dan ligamen yang membuat proses kelahiran lebih mudah.

7. Sepeda statis

Bukan hanya sehat, mencoba sepeda statis saat hamil juga dapat meningkatkan oksigen ke otak bayi.

8. Renang

"Berenang adalah cara terbaik untuk mengurangi risiko kecelakaan saat hamil. Tekanan di air memberikan kemudahan bagi ibu untuk bergerak," kata Bakhsi.