Sukses

Cara Baru Meningkatkan Kepercayaan dan Harga Diri

Bekerja suka rela terbukti mendatangkan manfaat psikologis dalam kehidupan.

Liputan6.com, Jakarta Bekerja suka rela terbukti mendatangkan manfaat psikologis dalam kehidupan. Mengutip sebuah hasil penelitian,  Self-Help & Psychology Magazine Agustus ini menulis, para sukarelawan, terutama para pensiunan yang bekerja tanpa dibayar untuk kegiatan kelompok masyarakat tertentu, ternyata rasa percaya diri dan penghargaan dirinya meningkat.    

Menurut para peneliti, bekerja secara suka-rela rupanya telah memberikan semacam tujuan hidup dan ikatan sosial yang erat dalam hidup sehari-hari para relawan.
Temuan ini pun menunjang hasil suatu penelitian lain.

Januari lalu, jurnal Epidemiology di AS mengatakan, orang yang memiliki ikatan sosial kuat ternyata sanggup hidup dengan usia lebih panjang. Adapun ikatan sosial yang dimaksud, antara lain terlibat dalam pergaulan yang sehat, selalu berada di antara teman-teman yang baik, bergabung dengan perkumpulan-perkumpulan sosial atau menjadi sukarelawan dengan memberikan waktunya untuk bekerja bagi kepentingan orang lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.