Sukses

Guiillain-Barre Syndrome, Gangguan Auto Imun yang Bikin Lumpuh

Jangan remehkan jika Anda terkena infeksi pernapasan. Hal itu adalah tanda kecil dari penyakit GBS.

Liputan6.com, Jakarta Jangan remehkan jika Anda terkena infeksi pernapasan. Hal itu adalah tanda kecil dari penyakit Guiillain-Barre Syndrome (disingkat GBS). Ini adalah gangguan auto imun langka yang menyerang sistem kekebalan tubuh dan saraf.


Deskripsi


Seperti dilansir dari Mayoclinic.com,Rabu (2/7/2014), GBS adalah penyakit langka yang didahului oleh penyakit menular yang menyerang kekebalan tubuh seperti infeksi pernapasan. Penyakit  ini juga menyerang saraf yang penyebab awalnya yaitu kelemahan dan kesemutan pada kaki, sehingga menyebar ke seluruh tubuh dan dapat menyebabkan kelumpuhan.


Namun, hingga saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan penyakit ini tapi ada beberapa perawatan yang dapat meringankan gejala GBS. Walaupun akan memberikan efek seperti lemah saraf, mati rasa atau kelelahan.


Tipe GBS:


1. AIDP (Acute Inflammatory Demeylinating Polyradiculoneuropathy), tipe ini paling umum di Amerika Serikat yang ditandai dengan kelemahan otot dimulai dari bagian bawah tubuh dan menyebar ke bagian tubuh atas.


2. MFS (Miller Fisher Syndrome), kelumpuhan dimulai pada mata. MFS terjadi sekitar 5% orang pengidap GBS di Amerika Serikat, tapi lebih sering terjadi di kawasan Asia.


3. AMAN ( Acute Motor Axonal Neuropathy) dan AMSAN (Acute Motor-Sensory Axonal Neuropathy), penyakit GBS tipe ini biasa terjadi di China, Jepang dan Meksiko. (Next--Gejala)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gejala & Penyebab


Gejala


Sekitar 10% orang yang mengidap GBS (Guillain-Barre Syndrome) diawali dengan kesemutan dan kelemahan yang dimulai pada kaki dan akan menyebar naik ke tubuh bagian atas juga lengan.


Berikut tanda dan gejala dari Guillain-Barre Syndrome (GBS):


1. Kesemutan yang menusuk-nusuk di jari kaki, pergelangan kaki dan tangan
2. Kelemahan pada kaki dan akan menyebar perlahan ke tubuh atas
3. Kesulitan dan ketidakmampuan berjalan atau menaiki tangga
4. Kesulitan menggerakkan mata atau wajah, termasuk berbicara, mengunyah atau menelan
5. Nyeri atau keram yang sangat sakit di malam hari
6. Kesulitan kontrol pada fungsi usus dan kandung kemih
7. Detak jantung yang sangat cepat
8. Tekanan darah rendah atau tinggi, tak menentu
9. Kesulitan bernapas


Penyebab


Penyebab pasti Guillain-Bare Syndrome belum diketahui. Gangguan ini biasanya muncul beberapa hari atau minggu setelah terjadi infeksi pernapasan atau pencernaan. GBS dimulai dengan menyerang sistem kekebalan tubuh (biasanya bagian organisme) dan saraf.


Pada jenis GBS – AIDP (Acute inflammatory demyelinating),yang menyebabkan kelemahan pada lengan dimulai dari bagian badan bawah dan menyebar ke bagian atas. Terjadi kerusakan pada pelindung saraf (selubung myelin) yang akan mempengaruhi transmisi sinyal ke otak dan menyebabkan kelemahan, mati rasa dan kelumpuhan.

3 dari 3 halaman

Pengobatan dan Pemulihan


Pengobatan dan Pemulihan


Walaupun dikatakan sebelumnya, Guillain-Barre Syndrome tidak memiliki obat untuk penyembuhannya, tetapi ada dua jenis perawatan yang dapat menguranginya, sebagai berikut:


1. Plasma Exchange (plasmapheresis), bekerja dengan cara membersihkan plasma antibodi tertentu yang berpengaruh pada sistem kekebalan pada saraf perifer (pheriheral nerves). Bagian cair pada darah (plasma) akan dihapus dan dipisahkan dari sel-sel darah, kemudian akan memproduksi lebih lagi plasma baru.


2. Immunoglobullin Theraphy, dengan cara memberikan Imunoglobin yang mengandung antibodi sehat melalui donor darah pada pembuluh vena (intravena). Kandungan dosis yang tinggi pada Imunoglobin dapat menahan antibodi yang dapat merusak penyakit ini. (Rima Wahyuningrum/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.