Sukses

11 Ucapan Wajib Orangtua pada Anaknya

Sebagai orang tua, Anda harus tahu faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan sosial dan emosional anak

Liputan6.com, Jakarta Jika tidak ingin anak terlalu banyak terpapar oleh tayangan televisi. Sebagai orang tua, Anda harus tahu faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan sosial dan emosional anak. Walaupun anak cenderung akan meniru perbuatan orangtua, tapi ada beberapa cara verbal yang bisa menstimulasi anak agar mereka bertindak lebih positif.

Untuk itu, ada kata-kata yang baiknya disampaikan pada anak setiap harinya. Berikut daftar kata-kata tersebut, seperti dikutip Lifehack, Senin (30/6/2014):

1. Aku mencintaimu

Anda dapat memulai hari dengan mengatakan 'Aku mencintaimu (I Love You)' kepada anak sambil mencium pipinya. Mungkin ini sederhana, tapi kata-kata ini efektif menunjukkan kasih sayang.

2. Bagaimana harimu?

Sebagai orang tua, penting bagi Anda untuk menunjukkan minat pada kegiatan sehari-hari anak. Tidak perlu waktu lama, asalkan hal pertama yang harus Anda tanyakan adalah, 'Bagaimana harimu?'. Kata ini selalu besar maknanya bagi si kecil.

3. Tolong

Jika Anda ingin anak bersikap baik, ajarkan mereka untuk mengatakan 'tolong' sebelum meminta sesuatu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Next 4 - 8

4. Terima kasih dan Terima kasih kembali

Anak baik juga harus diajarkan pentingnya mengucapkan terima kasih dan terima kasih kembali.

5. Jangan pernah menyerah

Ketika anak tumbuh, ia harus bergabung dengan teman-temannya. Tapi masalahnya, tidak semua anak memiliki kemampuan untuk menghadapi tantangan. Ajarkan anak betapa pentingnya ketekunan dan kesabaran untuk mencapai tujuannya.

6. Kau menang

Sebuah kata yang menggembirakan selalu meningkatkan kepercayaan diri. Jika anak Anda telah memenangkan perlombaan atau menyelesaikan puzzle atau permainan, berikan ucapan 'Selamat, Kau menang!'. Percayalah, kata ini dapat menambah rasa percaya dirinya.

7. Hubungi Ibu atau Ayah bila sudah tiba

Sebagai orang tua yang selalu khawatir tentang keselamatan anak, mungkin ide yang baik untuk memberikan ponsel sementara saat anak akan pergi. Tapi jangan lupa untuk memberitahu mereka bahwa Anda akan khawatir dan meminta mereka untuk menghubungi orangtua.

8. Itu pilihan kamu

Sebagai orangtua, Anda juga harus mengajari dan memberikan kesempatan anak untuk membuat keputusan sendiri dan bertanggung jawab atasnya. Ini berguna agar kepercayaan dirinya tumbuh.

3 dari 3 halaman

Next 9 - 11



9. Bagaimana temannya?

Tanyakan juga pada anak, siapa saja teman-temannya dan bagaimana sifatnya. Cara ini ampuh untuk orangtua dan anak menjalin kedekatan.

10. Jangan buang makanan

Seringkali karena pengaruh teman sebaya, anak-anak menuntut makan ini dan itu. Sebagai orang tua, Anda harus tegas jika anak Anda membuang-buang makanan dan bila perlu menegur mereka. Triknya, katakan dengan tegas tapi tetap tidak marah. Misalnya, 'Jangan membuang-buang makanan,kalau kamu ingin menjadi seperti Popeye'.

11. Katakan yang sebenarnya

Anak-anak cenderung menyembunyikan sesuatu dari orang tua karena mereka takut dimarahi. Tapi Anda harus membujuk mereka untuk mengatakan yang sebenarnya selalu dan mengajarkan mereka betapa pentingnya kejujuran.

Menurut Tika, penerapan disiplin yang ketat bisa disejalankan dengan kasih sayang yang cukup - See more at: http://showbiz.liputan6.com/read/219587/kiat-merawat-anak-ala-tika-bisono#sthash.eNwU1qEb.dpuf

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini