Sukses

Kenapa Nggak Boleh Ngopi Saat Buka Puasa?

Saat berpuasa, tidak dianjurkan untuk mengosumsi minuman berkafein seperti teh dan kopi

Liputan6.com, Jakarta Saat berpuasa, tidak dianjurkan untuk mengosumsi minuman berkafein seperti teh dan kopi. Kedua minuman ini diklaim dapat meningkatkan pengeluaran kemih dan mengundang rasa haus.

Lebih jelasnya, Ahli Gizi yang juga Ketua Indonesian Hydration Working Group (IHWG), Dr. dr. Saptawati Bardosono M, Sc mengatakan, kafein akan memancing pengeluaran urin lebih banyak dibandingkan air putih.

"Jika air yang diminum misalnya keluar 2.400 cc, itu harus diganti setidaknya 2.000 cc. Tapi kafein akan membuat urin keluar sebanyak 3.000 cc," kata Saptawati, ditulis Kamis (25/6/2014).

Untuk menghitungnya, kata Saptawati memang agak sulit karena biasanya menggunakan alat-alat di laboratorium. Tapi agar lebih mudahnya, Anda bisa merasakannya setelah minum teh atau kopi, pasti ada keinginan untuk terus buang air kecil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.