Sukses

Cuci Ayam Sebelum Dimasak Berakibat Fatal, Langsung Rebus Saja!

Liputan6.com, London Banyak dari kita terbiasa mencuci ayam untuk menyingkirkan kuman dan menghilangkan kotoran sebelum diolah menjadi masakan. Food Standards Agency (FSA) memperingatkan, membilas ayam dengan air yang mengucur deras justru akan menyebarkan penyakit ke orang yang mengalami kontak langsung dengan ayam tersebut.

Gejala paling umum yang akan terjadi adalah berkembangnya penyakit seperti sakit perut, diare berat, dan muntah-muntah. Konsekuensi terbesar justru mengintai anak-anak dan orang dewasa berusia lebih dari 60 tahun. Mereka yang paling berisiko keracunan makanan, karena sistem kekebalan tubuh yang lemak.

Menurut FSA, keracunan makanan ini disebabkan oleh bakteri campylobacter terbenam di antara dua sampai lima hari setelah kontak langsung dengan kuman tersebut.

Dalam kasus yang paling ekstrem, dehidrasi dapat berakibat fatal jika tidak ditangani dengan cepat, dan dapat menyebabkan timbulnya artritis reaktif, sindrom iritasi usus besar dan sindom Guillain-Barre, penyakit serius yang memengaruhi sistem kekebalan tubuh. Padahal, kuman berbahaya dapat dibunuh hanya dengan memasak secara menyeluruh dengan baik dan benar.

Kepala eksekutif FSA Catherine Brown mengatakan, Campylobacter adalah masalah serius. Tidak hanya itu, virus ini pun dapat menyebabkan penyakit teramat parah dan kematian.

"Meski orang cenderung langsung mempraktikan untuk mencuci tangan setelah mencuci ayam mentah dan memastikan itu dimasak dengan matang, penelitian kami menemukan mencuci ayam mentah juga berakibat fatal," kata Catherine seperti dikutip Daily Mail, Senin (16/6/2014).

Lantas bagaimana cara mencuci ayam yang benar? Berikut cara-cara yang dapat Anda lakukan agar terhindar dari kuman serta bakteri yang terdapat di dalam ayam, seperti dikutip Every Day Health, pada Senin (16/6/2014):

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Cara-caranya

Cara-caranya

1. Cuci tangan dengan sabun setidaknya tunggu 20 detik sebelum menyentuh apa pun

2. Tentukan talenan khusus untuk memotong daging mentah dan unggas. Setelah selesai menggunakannya, cuci segera tangan dengan sabun kembali dan segera masukkan talenan dalam mesin cuci piring.

3. Tak usah mencuci daging ayam

Saat mencuci ayam, patogen dari wastafel dan daerah sekitar wastafel akan berpindah ke ayam yang sedang Anda cuci. Lebih baik, langsung rebus ayam dan buang kaldu pertama. Setelah itu, baru ayam diolah kembali.

4. Selalu memasak ayam di suhu 74 derajat celsius

3 dari 4 halaman

Agar Ayam Empuk

Agar Ayam Empuk

Sedangkan untuk menghasilkan daging ayam yang lebih empuk dan lunak, United States Department of Agriculture (USDA) menyarankan, agar menggunakan suhu 74 derajat Celcius.  Jika lebih panas daripada angka tersebut, menyebabkan daging menjadi kering.

Penelitian di Amerika menemukan, ada 97 persen bakteri berbahaya dari ayam yang dijual di toko. Dan sekitar setengah dari sampel ayam setidaknya memiliki satu jenis bakteri yang resisten terhadap tiga atau lebih penyakit.

4 dari 4 halaman

Bakteri yang terdapat di dalam ayam

Bakteri yang terdapat di dalam ayam

Tes pada 316 dada ayam mentah juga menemukan bahwa sebagian besar ayam memiliki bakteri seperti Enterococcus (80 persen), E. coli (65 persen ), campylobacter (43 persen), klebsiella pneumonia (14 persen), salmonella (11 persen), dan staphylococcus aureus (9 persen), yang terkait dengan kontaminasi tinja. Padahal sekitar 17 persen saja dari E. coli bisa menyebabkan infeksi saluran kemih dan penyakit yang berkaitan dengan pencernaan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS