Sukses

3 Tipe Karyawan, Anda Termasuk yang Mana?

Liputan6.com, Jakarta Kebanyakan orang bekerja tidak sesuai dengan jalur pendidikan yang pernah ditempuhnya. Itu karena memang banyak yang tidak paham dengan dirinya entah bakat atau kemampuannya. Ada cara sederhana untuk melihat apakah Anda memiliki potensi yang terpendam sehingga bermanfaat bagi pekerjaan, yakni dengan 4E-Activities.

"Kondisi bahwa seseorang menjalani kerja dan hidup sesuai bakatnya adalah enjoy (disukai), easy (mudah dikuasai), excellent ( memberi hasil bagus), dan earn (bermanfaat)," kata Penemu Talents Mapping Rama Royani yang akrab disapa Abah Rama di Redaksi Liputan6.com, Jakarta, dan ditulis Rabu (7/5/2014).

Abah Rama mengatakan, semua orang berharap melakukan sesuatu yang disukainya. Tapi, kenyataannya hanya sedikit orang yang bisa melakukan pekerjaannya dengan bahagia. Seorang pekerja bisa saja maksimal dalam melakukan pekerjaannya saat ini sekaligus menghasilkan hal luar biasa. Namun, apabila si pekerja tak merasa enjoy atau stres, waspadalah. Itu tanda-tanda pekerjaan tak sesuai dengan potensi atau minat Anda.

Menurut Abah Rama itu ada tiga tipe karyawan dalam melakukan pekerjaannya:

1. Engaged Employee

Karyawan bekerja dengan semangat dan merasakan hubungan yang mendalam kepada perusahaannya. Mereka mendorong inovasi dalam perusahaan dan menggerakkan perusahaan untuk maju.

2. Not Engaged Employee

Tipe karyawan atau pekerja yang umumnya kehilangan minat atau secara mental sudah tidak berminat pada pekerjaannya. Karyawan tipe ini bekerja hanya sekadar memenuhi kewajiban atau menjalankan tugas.

3. Actively Disengaged Employee

Karyawan bukan hanya tidak senang atau bahagia di perusahaan. Mereka sibuk berusaha menutupi ketidakbahagiaannya. Seringkali karyawan-karyawan ini berusaha merusak semangat atau prestasi yang telah dicapai oleh rekan kerja yang Engaged Employees.

Pesta Pernikahan Risa Saraswati Dihadiri Sahabat Gaib

Tutup Video