Sukses

Silat pun Bakar Kalori dan Normalkan Berat Badan

Liputan6.com, Jakarta Tidak sedikit perempuan di Indonesia memilih berlatih silat supaya dapat menjaga diri dan terhindar dari tindakan asusila.

Pesilat sekaligus aktor film The Raid 2: Berandal, Very `Baseball Bat Man` Tris Yulisman mengatakan, selain melindungi para perempuan, silat juga dapat dijadikan olahraga. Sekali berlatih, banyak kalori akan terbakar.

"Berapa jumlah kalori yang terbakar, saya tidak tahu pasti. Namun yang jelas, sekali latihan silat, pertama kali akan di-pres fisik dan napasnya," kata Very saat berkunjung ke Redaksi Health Liputan6.com, Lantai 14, SCTV Tower, Senayan City, Jakarta, ditulis Senin (14/4/2014)

Para perempuan bertubuh gemuk tak perlu khawatir dan minder. Saat latihan, pelatih biasanya akan memberikan jenis latihan yang cocok dilakukan untuk si pemilik tubuh besar. "Badan gemuk tidak masalah. Jurus atau tehnik yang akan diberikan, biasanya disesuaikan. Enggak mungkin juga, si badan besar dibanting-banting," kata Very sambil tertawa.

Berapa pun usia Anda untuk memulai berlatih silat, tak akan jadi masalah. Tubuh akan lentur dengan sendirinya, seiring latihan yang terus menerus dilakukan. Menurut Very, tidak ada kata terlambat untuk belajar silat.

"Kelenturan tubuh butuh proses. Sama kayak push up dan lari. Tidak mungkin, baru sehari latihan sudah dilari selama satu atau dua jam. Atau baru sekali latihan disuruh push up 50 kali," kata Very.

"Untuk lari paling hari pertama setengah jam dulu, dua minggu kemudian naik jadi satu jam. Push up juga, sekarang 20 kali, beberapa hari kemudian naik jadi 30, barulah sampai ke tahap 50 kali," kata Very menambahkan.

Pria yang akrab disapa Mpe Very mencontohkan, saat pertama kali melatih Julie Estelle, semuanya dimulai dari yang basic sekali. Apalagi, Julie tidak memiliki kemampuan dasar dari silat.

"Julie itu enggak ada basic silat. Kita press pertama kali kemampuannya sampai di mana. Mulai dari kuda-kuda, belajar memukul, semuanya dilatih dari awal," kata Very menjelaskan.

Total keseluruhan, butuh waktu enam bulan bagi pemeran Hummer Girl itu untuk mengenal keseluruhan tahap dalam silat.

"Silat Indonesia alirannya banyak. Gerakannya juga beda-beda. Semuanya dilihat dari kebutuhannya," kata Very menekankan.