Sukses

Mandometer, Pengontrol Asupan Makan Penderita Anoreksia

Para peneliti di Inggris menemukan cara terbaru untuk mengembalikan porsi makan normal pada penderita gangguan makan, anoreksia.

Liputan6.com, New York Para peneliti di Inggris menemukan cara terbaru untuk mengembalikan porsi makan normal pada penderita gangguan makan, anoreksia. Adalah Mandometer, sebuah perangkat yang bisa dipasang di komputer, diciptakan agar dapat memberitahu para pasien tentang berapa banyak porsi yang harus dimakan.

Selain itu, Mandometer juga dapat mengontrol cara kerja para pasien dalam mengunyah makanannya. Jika pasien makan terlalu lambat, alat itu akan memberi sinyal dan memberitahu pasien agar mempercepat makan dalam waktu 15 menit.

Alat ini bertujuan untuk melatih otak dan melihat kembali perilaku normal makan para pasien, dalam kurun waktu tiga sampai empat bulan.

Setelah pasien mampu menormalkan pola makan dan tidak lagi mengurangi prosi makan, maka para pasien dapat meninggalkan dan tidak lagi menggunakan alat ini.

Studi baru yang dipublikasikan dalam Jurnal American Psychological Association 'Behavioral Neuroscience' menemukan bahwa dalam 12,5 bulan, rata-rata 75 persen dari para pasien bebas dari gejala gangguan makan, dan hanya sepuluh persen dari pasien kambuh selama lima tahun.

Dikutip laman Daily Mail, Selasa (15/4/2014) Profesor Neuroendocrinology di Karolonska Intitute Neurbobiologi, Per Sodersten, mengatakan bahwa alat ini tidak hanya berguna bagi para pasien anoreksia karena pasien obesitas juga dapat menggunakannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Anoreksia, atau secara medis dikenal dengan istilah anoreksia nervosa, merupakan gangguan makan yang ditandai dengan penurunan berat badan.

    Anoreksia

  • Gangguan makan adalah perilaku abnormal terhadap makanan yang mengakibatkan seseorang mengubah kebiasaan dan perilaku makannya.

    Gangguan Makan

  • Obesitas merupakan penumpukan lemak yang berlebihan sehingga membuat berat badan di atas normal.

    Obesitas

  • Diet