Sukses

Jemaah Haji Indonesia Mulai Berangkat ke Arafah pada Jumat Ini

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi tetap menyiapkan tim khusus, menyisir keberadaan jemaah di Makkah.

Liputan6.com, Makkah - Jemaah haji Indonesia mulai diberangkatkan menuju Arafah untuk melaksanakan wukuf pada Jumat (9/8/2019) ini. Saat ini, total jemaah haji Indonesia dan petugas yang berada di Makkah mencapai 215.377 dari 529 kelompok terbang (kloter). 

"Akan diberangkatkan menuju ke Arafah esok hari tanggal 8 Dzulhijah dan akan dimulai pukul 07.00 dan dijadwalkan pukul 08.00 malam sudah selesai," jelas Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Makkah Subhan Cholid, Kamis malam (8/8/2019).

Meski ditargetkan pendorongan jemaah haji selesai pada Jumat(9/8/2019), namun dia memastikan jika Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi tetap menyiapkan tim khusus, menyisir keberadaan jemaah di Makkah.

"Kita tetap akan antisipasi. Tim di sektor akan kita siapkan sampai habisnya jemaah haji yang berada di Makkah ini seluruhnya pindah ke Arafah," dia menegaskan.

Sebelumnya, Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin mengimbau jemaah haji Indonesia mempersiapkan stamina fisik dalam menghadapi pelaksanaan rangkaian puncak ibadah haji di Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna).

Jemaah haji akan mulai bergerak ke Arafah pada Jumat (9/8/2019) secara bertahap.

"Saya ingin pesan kepada seluruh jemaah kita, besok hari jumat secara bertahap jemaah sudah meninggalkan Makkah dan dilakukan 3 tahap. Semua jemaah agar persiapkan diri sejak hari ini tidak perlu lagi memforsir stamina energi kita untuk hal tidak perlu," jelas Menag di Makkah, Kamis (8/8/2019).

Seluruh jemaah haji Indonesia akan menuju Arafah, Muzdalifah dan Mina untuk melakukan rangkaian puncak haji pada tanggal 9 - 13 Dzulhijjah.

Menag berharap pelaksanaan puncak haji berjalan lancar. "Mudah-mudahan segala sesuatu berjalan lancar," imbuhnya.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.