Sukses

Pesan Jokowi untuk Jemaah Calon Haji Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menitip doa kepada jemaah Indonesia yang tengah berada di Arafah untuk prosesi puncak haji. Jokowi meminta jemaah berdoa untuk kebaikan Indonesia.

"Beliau (Jokowi) menitipkan pesan bahwa doakan yang terbaik bagi bangsa dan negara. Hanya itu pesan beliau," ujar Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Maktab 20 Arafah, Minggu 19 Agustus 2018.

Selain itu, kata Lukman, Jokowi juga berpesan agar para jemaah calon haji dapat menjaga karakter keIndonesiaannya yang tertib dan ramah. Juga, lanjut dia, agar jemaah mendoakan kesejahteraan masyarakat Indonesia meningkat.

Lukman juga berpesan kepada jemaah agar memanfaatkan waktu dan lokasi wukuf di Arafah untuk berdoa. Sebab, kata dia, wukuf merupakan puncak dari keseluruhan prosesi ibadah haji.

"Haji itu adalah wukuf. Wukuf di Arafah itu adalah puncak haji. Wukuf di Arafah itu merupakan tempat terbaik untuk umat Islam untuk beribadah dan memanjatkan doa apapun yang ingin kita panjatkan," kata Lukman.

Agar dapat merasakan ibadah tersebut, Lukman berpesan agar jemaah calon haji mengurangi aktivitas di luar tenda. Sebab, suhu udara di Arafah berkisar antara 40 hingga 43 derajat Celcius.

"Istirahat yang cukup jangan aktivitas di luar tenda," ujar dia.

 

Laporan jurnalis Dream, Maulana Kautsar, dari Tanah Suci

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.