Sukses

Polisi Sita 13 Iguana Langka `Ngumpet` di Kaus Kaki

13 Iguana sangat langka ditemukan di dalam kaus kaki di sebuah koper, saat pemeriksaan di bandara. Ini dia iguana-nya.

13 Iguana sangat langka ditemukan di dalam kaus kaki di sebuah koper di Bandara Heathrow, London. 12 Di antara iguana 'ngumpet' itu selamat, namun 1 ekor tewas diduga kehabisan oksigen.

Kadal langka itu disita Selasa 4 Februari 2014, di Terminal 5 bandara di London. Ketika itu petugas bea cukai menghentikan 2 wanita Rumania usai terbang dari Bahama. Saat diperiksa, ternyata hewan-hewan langka itu ditemukan di dalam kopernya.

Menurut keterangan polisi setempat, kedua wanita membawa iguana San Salvador --asli dari Bahama dan digolongkan sebagaibinatang yang terancam punah-- ke Dusseldorf di Jerman.

Setiap ekor iguana, lanjut polisi, terbungkus kaus kaki.

"Ini spesies iguana yang sangat langka --diyakini hanya tinggal beberapa ratus ekor tersisa-- jadi ini adalah penemuan yang luar biasa dan sangat penting," ujar salah satu angota tim peneliti spesies langka Angkatan Perbatasan, Hibah Miller.

"Mengingat keadaan kita menemukan hewan-hewan itu di dalam kaus kaki, tampaknya luar biasa semua bisa selamat dari pernebangan panjang, kecuali satu ekor," tambah Miller.

Kini, sambung Miller, hewan-hewan itu sudah berada di tangan yang tepat.

"Hewan-hewan yang masih hidup, dehidrasi. Dan sekarang di bawah pengawasan dokter spesialis hewan. Kami juga bekerja sama dengan para ahli, untuk menemukan cara terbaik untuk melindungi dan menjaga makhluk-makhluk ini terancam punah," jelas Miller.

Polisi mengatakan, kedua wanita yang berusia 24 dan 26 tahun itu ditangkap atas pelanggaran impor. (Tnt/Edo)

Baca juga:

Penyelundupan Canggih, Paket Narkoba `Berenang` di Laut

Mahasiswi Cantik Selundupkan Uang untuk Suriah di Pakaian Dalam

Ibu Hamil Selundupkan Sabu Rp 369 Juta dalam Anus di Bandung



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini