Sukses

Abbott Janji Dalami Permintaan SBY

Perdana Menteri Tony Abbot mengapresiasi surat balasan dari Presiden SBY.

Perdana Menteri Australia Tony Abbott telah menerima surat balasan dari Presiden SBY pada Selasa 26 November 2013 malam. Abbott mengapresiasi dan berencana memulihkan hubungan diplomatik yang meregang akibat skandal penyadapan yang dialami Indonesia.

Seperti dimuat dalam The Australian yang dilansir Liputan6.com, Rabu (27/11/2013), Abbott mengungkapkan surat balasan dari SBY berisi pernyataan-pernyataan yang hangat terhadap Australia.

"Apa yang saya ingin lihat di masa depan adalah semacam peningkatan keamanan, di mana kita lebih terbuka satu sama lain. Dan kita membangun hubungan kepercayaan yang lebih kuat," ujar Abbott.

Abbott ingin Australia menjadi mitra terpercaya di Indonesia. Begitu juga sebaliknya, Abbott juga menghendaki Indonesia menjadi mitra terpercaya Australia.

Abbott juga mengatakan hubungan bilateral kedua belah negara tergantung kesepakatan intelijen. Dan Abbott berjanji akan melakukan pendalaman terlebih dahulu sebelum memenuhi permintaan SBY.

"Saya ingin memperdalam lagi dalam minggu-minggu dan beberapa bulan ke depan," kata Abbott.

Menurut politisi Partai Liberal ini, Indonesia telah mengusulkan adanya pertemuan masing-masing utusan dalam beberapa hari ke depan. Tujuannya, untuk menyelesaikan masalah itu.

Hubungan Australia - Indonesia telah retak setelah terbongkarnya skandal penyadapan Australia terhadap Presiden SBY pada tahun 2009. Selain SBY, Ibu Negara Ani Yudhoyono dan beberapa pejabat RI juga disadap. (Tnt/Ism)

Baca Juga: 

SBY Beberkan Isi Surat PM Tony Abbott
6 Respons SBY Terhadap Surat Balasan PM Tony Abbott
Foto SBY Saat Baca Surat PM Abbott Disorot Media Asing



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini