Sukses

Astronot NASA Laporkan Penampakan `UFO` dari ISS, Ternyata...

Chris Cassidy melongok ke luar jendela Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Dari balik kaca, ia melihat penampakan aneh.

Senin 19 Agustus pagi lalu, di ketinggian 220 mil atau 354 kilometer di atas Bumi, astronot Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) Chris Cassidy melongok ke luar jendela Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Dari balik kaca ia melihat penampakan aneh.

Sebuah benda terbang misterius terpantau melayang. Cassidy lalu menghubungi Pusat Kontrol Misi terkait benda aneh yang terlihat hanyut di ruang hampa.

Dalam narasi klip rekaman NASA TV, yang menunjukkan benda misterius itu lewat dekat modul Progress 52, yang melekat pada ISS.

"Awal pagi ini, Chris Cassidy menyebut, obyek yang melayang melewati stasiun dekat stasiun pesawat kargo Progress 52," demikian ujar narator NASA TV, seperti dikutip dari FoxNews, Rabu (21/8/2013).

Belakangan diketahui, obyek misterius itu bukan UFO yang terkait mahluk ekstraterestrial atau di luar Bumi. "Obyek tersebut diidentifikasi oleh pengendali penerbangan Rusia sebagai penutup antena dari modul Zvezda."

Zvezda Service Module adalah kontribusi penuh pertama Rusia pada ISS, menjadi landasan awal untuk tempat tinggal manusia pertama di stasiun yang dibangun atas kontribusi 16 negara itu. Zvezda diluncurkan di atas roket Proton dari Baikonur Cosmodrome di Kazakhstan.

Modul tersebut menyediakan tempat hidup manusia di ISS, sistem penopang kehidupan, distribusi tenaga listrik, sistem pengolahan data, sistem kontrol penerbangan, dan sistem propulsi. Ia juga menyediakan sistem komunikasi yang mencakup kemampuan remote command dari pengendali yang berbasis di Bumi.

Ini bukan kali pertamanya ISS dikaitkan dengan UFO. Sebelumnya, sebuah video penampakan diduga kapal induk alien diunggah di situs berbagi video YouTube pada 11 September 2012. Pengunggahnya, danielofdoriaa mengaku mendapatkan gambar tersebut dari tayangan siaran langsung dari Stasiun Antariksa Internasional (ISS).

"Kapal induk" UFO digambarkan sebagai obyek memanjang dengan titik-titik putih yang berbaris rapi, membelakangi angkasa yang gelap, tepat di bawah kurva bumi.

Kelihatannya memang menakjubkan, namun ahli UFO sekaligus analis foto dan video Mutual UFO Network (MUFON), Marc D'Antonio tak mendukung anggapan itu. Ia yang telah menganalisis ribuan video dan foto ISS diduga UFO, punya pendapat lain. Menurut dia, tanda putih samar dalam video tersebut adalah pemandangan biasa: refleksi dari jendela ISS. (Ein/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini