Sukses

Penelitian Mumi Ratu Nefertiti Menggunakan Rontgen Canggih

Mesin Rontgen jinjing berteknologi canggih ini dapat dibawa ke kedalaman tanah tempat mumi bersemayam. Di layar komputer yang terhubung dengan mesin itu tampak perkiraan wujud asli dari tulang-belulang mumi.

Liputan6.com, Akhetaten: Rahasia legenda wanita penguasa Mesir kuno Ratu Nefertiti bakal segera terungkap. Sekelompok ilmuwan forensik menganalisis sebuah mumi di Akhetaten, Mesir, baru-baru ini. Mumi itu pertama kali ditemukan pada 1898 bersama dua mumi lain, namun baru mendapat perhatian ekstra ketika pakar arkeologi dari Inggris menemukan rambut palsu di dekat mumi bergaya Nubiah. Rambut palsu jenis itu hanya biasa dipakai oleh orang-orang paling berkuasa di zamman kerajaan Mesir Kuno. Karenanya, para ahli meyakini mumi itu sebagai mumi Ratu Nefertiti [baca: Mumi Ratu Nefertiti Ditemukan].

Dalam penelitiannya, para ilmuwan forensik menggunakan mesin Rontgen jinjing berteknologi canggih yang dapat dibawa ke kedalaman tanah tempat mumi bersemayam. Mesin tersebut lantas diletakkan di bawah tulang-belulang mumi. Tiga detik kemudian, di layar komputer yang terhubung dengan mesin itu tampak perkiraan wujud asli dari tulang-belulang dalam bentuk gambar digital tiga dimensi.

Di monitor tampaklah kepala seorang wanita dengan bekas semacam mahkota pada dahi serta dua lubang tindik pada telinga. Lengannya bersedekap ke arah atas seperti gaya kebesaran Firaun. Sementara jari-jarinya menggenggam tongkat lambang kekuasaan. Namun yang paling mengesankan adalah hasil rekonstruksi wajah yang sangat mirip dengan lukisan-lukisan Ratu Nefertiti yang selama ini disimpan di pusat-pusat sejarah.(DEN/Nurul Larasati)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.