Sukses

Kisah Felicette Astronaut Kucing Pertama di Dunia

Felicette merupakan kucing pertama yang pergi keluar angkasa. Kucing betina ini dikirim Prancis di tengah persaingan antariksa antara negara Amerika Serikat (AS) dan Uni Soviet.

Liputan6.com, Jakarta - Sejak awal eksplorasi ruang angkasa, manusia telah dibantu oleh berbagai hewan dalam misi-misi penting. Astronaut hewan ini telah memainkan peran penting dalam sejarah penerbangan luar angkasa.

Astronaut hewan membuka jalan bagi perjalanan manusia ke luar angkasa. Salah satu hewan yang berhasil sampai ke orbit bumi adalah Felicette.

Melansir laman Space pada Selasa (09/07/2024), Felicette merupakan kucing pertama yang pergi keluar angkasa. Kucing betina ini dikirim Prancis di tengah persaingan antariksa antara negara Amerika Serikat (AS) dan Uni Soviet.

Setidaknya ada 14 kucing liar yang dikumpulkan staf di badan antariksa Prancis Centre d'Enseignement et de Recherches de Médecine Aéronautique (Cerma) untuk diseleksi sebagai astronot kucing. Kucing-kucing tersebut sengaja tidak diberi nama untuk mencegah para ilmuwan menjadi terlalu menyukainya.

Kucing yang dipilih untuk melakukan perjalanan ke luar angkasa dikenal sebagai C341. Kucing betina tersebut dipilih karena dianggap memiliki sikap yang lebih tenang dibandingkan kucing jantan, sehingga akan lebih cocok untuk ruang angkasa yang sesak.

Peluncuran Felicette dalam roket Veronique AG1 Perancis dilakukan pada 18 Oktober 1963, dini hari. Roket tersebut meluncur dari Gurun Sahara, Aljazair.

Setelah Felicette kembali dengan selamat ke bumi menggunakan parasut, pers Prancis memutuskan kucing perintis ini harus diberi nama. Mereka memilih Felix terinspirasi karakter kartun kucing, mengetahui C341 adalah perempuan, namanya disesuaikan menjadi Félicette.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Disuntik Mati

Sayangnya, hanya dua bulan dari misi luar angkasa tersebut, Felicette disuntik mati. Hal ini dilakukan karena peneliti harus memeriksa otaknya dalam rangka mempelajari pengaruh perjalanan luar angkasa terhadap tubuhnya.

Kontribusi Felicette dalam misi luar angkasa tersebut awalnya hangat dibicarakan, namun ingatan soalnya memudar. Memori tentang Felicette sempat tergantikan oleh adanya anjing luar angkasa Rusia yang menjadi hewan pertama yang mengorbit Bumi pada 1957.

Kemudian ada Ham, kera pertama yang diluncurkan ke luar angkasa pada 1961 oleh NASA. Beruntungnya, ingatan soal Felicette terselamatkan dari ketidakjelasan berkat upaya pencinta luar angkasa dan kucing, Matthew Serge Guy.

Ia berhasil membuat kampanye Kickstarter yang sukses pada 2017 untuk membangun tugu peringatan dalam rangka menghormati Felicette. Alhasil terciptalah patung perunggu Felicette setinggi lima kaki yang dirancang oleh pematung terkenal Gill Parker.

Patung itu menggambarkan Felicette bertengger di atas planet Bumi sembari menatap ke arah langit yang pernah ditempuhnya dalam perjalanan ke luar angkasa. Patung Felicette tersebut diresmikan pada 18 Desember 2019, dan saat ini dipamerkan di International Space University Campus di Strasbourg.

(Tifani)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.