Sukses

Adik Ipar Raja Charles III Kunjungi Ukraina, Ada Apa?

Dalam kunjungannya ke Ukraina, Sophie bertemu dengan Presiden Volodymyr Zelenskyy dan istrinya.

Liputan6.com, Kyiv - Duchess of Edinburgh, Sophie (59), melakukan kunjungan ke Ukraina pada hari Senin (29/4/2024). Dia menjadi anggota Kerajaan Inggris pertama yang melakukan perjalanan ke negara itu sejak invasi Rusia pada tahun 2022.

Istana Buckingham mengatakan Sophie bertemu dengan Presiden Volodymyr Zelenskyy dan Ibu Negara Olena Zelenska di Kyiv dan menyampaikan pesan atas nama Raja Charles III. Demikian seperti dilansir VOA Indonesia, Rabu (1/5).

Sophie adalah istri dari Pangeran Edward, saudara bungsu Raja Charles III.

Menurut Istana Buckingham, Sophie melakukan perjalanan ke Ukraina untuk menunjukkan solidaritas terhadap perempuan, laki-laki, dan anak-anak yang terdampak perang dan sebagai kelanjutan dari pekerjaannya untuk memperjuangkan para penyintas kekerasan seksual terkait konflik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Agenda Sophie di Ukraina

Terkait tujuan kunjungannya, Sophie bertemu dengan para penyintas kekerasan seksual dan sukarelawan yang membantu komunitas mereka mengatasi trauma perang.

"Saya sangat senang melihat apa yang telah dilakukan di sini ... Saya gembira bahwa pemerintah Inggris mendukung upaya kemanusiaan ini karena ini sangat penting," kata Sophie.

Di Bucha, sebuah kota dekat Kyiv, anggota Kerajaan Inggris itu memberikan penghormatan kepada mereka yang kehilangan nyawa selama pendudukan Rusia.

Sophie juga mengunjungi kantor Dana Kependudukan PBB di Kyiv untuk bertemu dengan para korban perang serta mengunjungi Katedral Saint Sophia bersama Ibu Negara Zelenska dan Duta Besar Inggris untuk Ukraina Martin Harris.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini