Sukses

12 April 2010: Kecelakaan Kereta di Italia Tewaskan 9 Orang, Kabin Tergantung 5 Meter di Atas Sungai

Laporan BBC menyebut kecelakaan kereta pada Senin 12 April 2010 terjadi di sebuah lembah dekat kota olahraga musim dingin Merano, dekat perbatasan Austria.

Liputan6.com, Merano - Tanah longsor telah menggelincirkan sebuah kereta api di Italia timur laut, menewaskan sedikitnya sembilan orang dan melukai sekitar 30 orang, kata media Italia.

Laporan BBC menyebut kecelakaan kereta pada Senin 12 April 2010 terjadi di sebuah lembah dekat kota olahraga musim dingin Merano, dekat perbatasan Austria.

Pepohonan menghalangi kereta sehingga tidak terjun ke sungai, dan petugas pemadam kebakaran dikatakan menggunakan kabel untuk mengamankan gerbong.

Pihak berwenang mengatakan tanah longsor mungkin disebabkan oleh kebocoran pipa air di lereng bukit.

Investigasi kemudian dilakukan.

Kecelakaan itu terjadi sekitar pukul 09.00 (07.00 GMT) di jalur Castelbello ke Laces, tidak jauh dari Kota Bolzano.

Pihak berwenang mengatakan massa air, lumpur dan batu datang tanpa peringatan, mengubur kereta regional saat melewati lembah pegunungan, lapor wartawan BBC Bethany Bell dari tempat kejadian.

Jumlah korban tewas berjumlah 11 orang, meskipun kemudian direvisi menjadi sembilan karena apa yang dikatakan gubernur provinsi Luis Durnwalder sebagai "kesalahan penghitungan". Namun dia memperingatkan Ansa news agency bahwa jumlah korban tersebut belum final karena "masih ada orang yang terkubur dalam lumpur".

Masinis kereta diketahui termasuk di antara korban tewas. Korban luka paling parah telah dibawa dengan helikopter ke rumah sakit terdekat.

Tim penyelamat menggali dengan panik menggunakan sekop dan kapak di setidaknya satu gerbong yang dipenuhi lumpur untuk mencoba menjangkau para korban, Ansa melaporkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kabin Depan Kereta Api Tergantung 5 Meter di Atas Sungai

Saksi mata Alex Rowbotham mengatakan kepada BBC: "Bagian depan kereta, kabinnya, tidak ada sama sekali dan kereta tergantung di rel sekitar lima meter dari sungai.

"Sekarang hanya beberapa pohon yang mampu menahan kereta dan mencegahnya jatuh ke sungai."

Alex Rowbotham mengatakan kereta itu berada di seberang Sungai Adige menuju jalan utama, dan sepertinya tim penyelamat sedang membangun ponton (media apung) di seberang sungai agar mereka dapat membawa peralatan yang diperlukan.

Thomas Widmann, penasihat transportasi pemerintah Provinsi Bolzano, mengatakan kepada Sky Italia bahwa tanah longsor sepertinya disebabkan oleh pipa irigasi yang pecah, sehingga menumpuk batu, puing-puing, dan air ke kereta yang melaju.

Jalur kereta api, yang diresmikan pada tahun 2005, merupakan salah satu jalur paling modern di negara itu, kata Ansa.

Jalur ini membentang di kaki lembah alpen dengan pegunungan yang menjulang setinggi 3.000 m (9.850 kaki).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini