Sukses

Presiden Kolombia Disebut Pembunuh Teroris, Semua Diplomat Argentina di Negaranya Diusir

Kolombia mengusir diplomat Argentina setelah Presiden Argentina yang baru, Javier Milei,menyebut Presiden Kolombia Gustavo Petro sebagai ‘pembunuh teroris’ dalam wawancara CNN.

Liputan6.com, Buenos Aires - Pemerintah Kolombia memerintahkan pengusiran semua diplomat Argentina dari kedutaan besar negara tersebut di Bogotá. Langkah itu diambil setelah wawancara CNN, di mana presiden Argentina menyebut rekannya dari Kolombia sebagai terrorist murderer (pembunuh teroris).

"Ekspresi presiden Argentina telah memperburuk kepercayaan negara kami dan menyinggung martabat Presiden (Gustavo) Petro, yang terpilih secara demokratis," kata Kementerian Luar Negeri Kolombia dalam sebuah pernyataan pada Rabu (27/3) yang dikutip dari CNN, Jumat (29/3/2024).

Komentar presiden ultra-kanan baru Argentina, Javier Milei, muncul saat wawancara dengan Andrés Oppenheimer, dari CNN en Español dan The Miami Herald – yang disiarkan pada pukul 9 malam. Eastern Time pada hari Minggu ini – yang juga menyinggung rencana penghematan ekonomi pemimpin tersebut yang terhenti dan dukungan kuatnya terhadap Israel setelah kecaman internasional atas perangnya dengan Gaza.

Mengenai Petro, mantan gerilyawan yang menjadi presiden sayap kiri pertama Kolombia setelah kemenangan pemilu tahun 2022, Milei berkata, "Anda tidak bisa berharap banyak dari seseorang yang merupakan pembunuh teroris."

Milei, mantan pakar televisi dengan reputasi bombastis, juga menyerang Presiden Meksiko Andrés Manuel López Obrador dalam wawancara tersebut, dengan menyebutnya ignorant (bodoh).

López Obrador, seorang populis sayap kiri, sebelumnya mengkritik kebijakan Milei dan membandingkannya dengan seorang diktator. Pada hari Kamis (28/3), dalam sebuah postingan di media sosial, López Obrador membalas dengan bertanya-tanya mengapa orang Argentina "memilih seseorang yang tidak benar, yang membenci rakyatnya."

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pertahanan untuk Israel dan harapan untuk Trump

Dalam wawancara selama hampir satu jam yang dilakukan di Buenos Aires, Milei juga membela tanggapan Israel terhadap serangan teror Hamas pada 7 Oktober 2023, dengan mengatakan bahwa perangnya di Gaza "sesuai aturan hukum."

"Israel adalah sasaran serangan brutal, dan hal seperti ini memerlukan respons yang memberi contoh. Israel tidak melakukan tindakan berlebihan," kata Milei kepada CNN.

Milei, yang terlahir beragama Katolik namun telah menyatakan keinginannya untuk masuk agama Yahudi, mengatakan bahwa pertemuannya pada bulan Februari dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu adalah salah satu pertemuan terhangat yang pernah ia lakukan sejak menjabat.

Milei juga mengakui bahwa dia secara pribadi berharap mantan Presiden Donald Trump memenangkan pemilu AS pada bulan November, namun ia bermaksud untuk menjadi sekutu Amerika Serikat terlepas dari siapa yang akan menduduki Gedung Putih tahun depan.

“Sekutu Argentina adalah Amerika Serikat dan Israel; bukan rahasia lagi bahwa ide-ide saya lebih mirip dengan ide-ide Partai Republik, tapi kami juga memiliki hubungan yang sangat baik dengan Demokrat," kata Milei kepada Oppenheimer.

3 dari 4 halaman

Bahas Bank Sentral 'Mekanisme Penipuan'

Milei juga menegaskan kembali niatnya untuk menutup bank sentral Argentina, dan menyebut lembaga tersebut sebagai "mekanisme penipuan."

"Bank sentral adalah penemuan yang cukup baru. Argentina didirikan pada tahun 1925, dan negara kami adalah kekuatan dunia sebelum itu," kata Milei, tanpa menjelaskan lebih lanjut siapa yang akan bertanggung jawab atas kebijakan fiskal di negara tersebut jika Bank Sentral tidak ada lagi.

Milei mengakui upaya reformasinya terhenti di Kongres Argentina dalam beberapa pekan terakhir, namun pemerintahannya tetap mempertahankan niat untuk menutup bank sentral dalam waktu tiga tahun. Menutup bank adalah janji utama kampanyenya, ketika ia berusaha meyakinkan para pemilih bahwa ia dapat memperbaiki perekonomian negara yang sedang terpuruk.

 

4 dari 4 halaman

Milei Klaim Pencapaian Kalahkan Hiperinflasi

Dalam wawancara tersebut, Milei mengklaim keberhasilan terbesar pemerintahannya sejak menjabat pada Desember 2023 adalah mengalahkan hiperinflasi dan mencapai surplus fiskal untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun.

Tingkat inflasi Argentina masih merupakan yang tertinggi di dunia, yaitu lebih dari 270% YoY, namun data yang diterbitkan bulan ini menunjukkan bahwa kenaikan harga telah mereda pada bulan Maret dibandingkan bulan Februari.

Milei merayakan surplus fiskal Argentina, yang dicapai bulan lalu untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun, dan mengatakan bahwa stabilitas fiskal adalah "mercusuar" bagi pemerintahannya.

"Saya yakin inflasi akan segera kembali ke satu digit," kata Milei. "Bisa saja terjadi pada bulan Mei, kami tidak yakin, namun yang kami yakini adalah bahwa kebijakan ini akan tetap ada dan bagi kami, nol defisit adalah tiang utama bagi Ulysses."

Pemerintahan Milei mencapai keseimbangan fiskal tahun ini dengan serangkaian pemotongan belanja pemerintah, termasuk menutup kantor berita nasional Argentina TELAM dan mengurangi bantuan ke dapur umum di pinggiran kota termiskin di Buenos Aires.

Tingkat kemiskinan Argentina melebihi 50%, menurut laporan dari Universitas Katolik Argentina di Buenos Aires.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.