Sukses

Kate Middleton Umumkan Penyakitnya, Dokter: Makin Banyak Orang Positif Kanker di Bawah Usia 50 Tahun

Peneliti menyebut bahwa angka kematian akibat kanker untuk kategori usia di bawah 50 tahun meningkat.

Liputan6.com, London - Kate Middleton belum lama ini mengumumkan kondisi kesehatan yang cukup mengejutkan bagi masyarakat, yakni terkena kanker di usia yang ke-42 tahun.

Kate mengatakan kanker itu ditemukan dalam tes pasca operasi setelah dia menjalani operasi perut pada bulan Januari, yang mendorong dia menarik diri dari kehidupan publik saat dia memulai pengobatan. Diagnosis tersebut terjadi setelah diagnosis ayah mertuanya, Raja Charles III, yang mengumumkan diagnosis dan pengobatan kankernya sendiri pada awal Februari.

Dengan berita yang cukup menggemparkan dunia itu, para peneliti kemudian semakin memperingatkan bahwa semakin banyak orang di bawah usia 50 tahun yang terkena kanker – dan tidak ada yang mengetahui penyebabnya.

Dilansir Malay Mail, Kamis (28/3/2024), di seluruh dunia, jumlah penduduk berusia di bawah 50 tahun yang didiagnosis mengidap 29 jenis kanker umum melonjak hampir 80 persen antara tahun 1990 dan 2019. Demikian temuan sebuah penelitian besar di BMJ Oncology tahun lalu.

Para peneliti memperkirakan jumlah kasus kanker baru di kalangan orang dewasa muda akan meningkat 30 persen pada akhir dekade ini, dan negara-negara kaya akan terkena dampaknya.

Peningkatan kasus – dan melonjaknya populasi global – berarti jumlah kematian di antara kelompok usia di bawah 50 tahun akibat kanker telah meningkat hampir 28 persen selama 30 tahun terakhir.

Hal ini terjadi bahkan ketika peluang orang-orang dari segala usia untuk bertahan hidup dari kanker meningkat dua kali lipat selama setengah abad terakhir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Epidemi Kanker Dewasa Muda

Shivan Sivakumar, peneliti kanker di Universitas Birmingham, Inggris, menyebutnya sebagai "epidemi" kanker dewasa muda.

Sejak Kate Middleton mengungkapkan bahwa kankernya ditemukan setelah dia menjalani operasi perut awal tahun ini, Sivakumar dan dokter lain telah angkat bicara tentang peningkatan jumlah pasien kanker berusia muda yang mereka temui di klinik mereka.

Meskipun kanker payudara masih menjadi penyakit yang paling umum terjadi pada orang berusia di bawah 50 tahun, para peneliti menyatakan keprihatinan khusus mengenai meningkatnya kanker saluran cerna – seperti kanker usus besar, pankreas, hati, dan kerongkongan – pada orang dewasa muda.

Kanker usus besar kini menjadi penyebab utama kematian akibat kanker pada pria di bawah 50 tahun di Amerika Serikat, menurut American Cancer Society. Bagi wanita, penyakit ini menempati urutan kedua – setelah kanker payudara.

Salah satu kasus kanker kolorektal yang terkenal adalah aktor “Black Panther” Chadwick Boseman, yang meninggal pada usia 43 tahun pada tahun 2020.

"Kami belum memiliki bukti yang dapat menjelaskan secara pasti apa yang menyebabkan kenaikan ini," kata Sivakumar kepada AFP.

 

3 dari 4 halaman

Terpapar Berbagai Faktor

Helen Coleman, seorang profesor epidemiologi kanker di Queen's University Belfast yang mempelajari kanker dini di Irlandia Utara, mengatakan kepada AFP bahwa ada dua kemungkinan penjelasan.

Salah satunya adalah orang-orang berusia 40-an tahun terpapar faktor-faktor yang diketahui menyebabkan kanker – seperti asap tembakau, alkohol, atau obesitas – pada usia yang lebih muda dibandingkan generasi sebelumnya.

Dia menunjukkan bahwa "epidemi obesitas" baru dimulai pada tahun 1980an.

Sivakumar merasa bahwa setidaknya sebagian dari teka-teki ini dapat dijelaskan oleh obesitas.

"Namun, ada "gelombang lain" di mana pasien berusia di bawah 50 tahun yang tidak mengalami obesitas atau memiliki kecenderungan genetik namun masih terkena kanker," tegasnya, seraya menambahkan bahwa hal ini tidak dapat dianggap sebagai "kebetulan statistik".

Sejumlah kemungkinan penyebabnya adalah termasuk bahan kimia, obat-obatan baru, dan mikroplastik – namun tidak ada yang terbukti.

Beberapa orang berpendapat bahwa apa yang disebut makanan olahan bisa jadi penyebabnya.

"Tetapi hanya ada sedikit data yang mendukung hal tersebut," kata Coleman.

Teori lain adalah bahwa makanan yang kita makan bisa mengubah mikrobioma usus kita.

Meski belum ada kesimpulan pasti, Coleman mengatakan penelitiannya menunjukkan bahwa kanker menyebabkan perubahan pada mikrobioma, bukan sebaliknya.

4 dari 4 halaman

Upaya yang Bisa Dilakukan

Untuk mengatasi peningkatan kasus kanker kolorektal pada usia muda, pada tahun 2021 AS menurunkan usia yang disarankan untuk melakukan skrining menjadi 45 tahun. Negara-negara lain belum melakukan hal serupa.

Namun para peneliti berharap pengalaman Putri Wales akan mengingatkan banyak orang bahwa mereka harus berkonsultasi dengan dokter jika merasa ada yang tidak beres.

"Orang-orang mengenal tubuh mereka dengan sangat baik," kata Sivakumar.

"Jika Anda benar-benar merasa ada sesuatu yang tidak beres, jangan tunda lagi – segera periksakan diri Anda."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini