Sukses

Sebut Israel Pelaku Genosida, Pakar Genosida di PBB Diancam hingga Diminta Mundur

Seorang pakar PBB yang menyimpulkan bahwa Israel melakukan genosida di Gaza pada Rabu 27 Maret 2024 mengatakan bahwa dia menghadapi ancaman atas pekerjaannya namun bersikeras bahwa hal itu hanya membuatnya semakin bertekad untuk terus maju.

Liputan6.com, Jenewa - Seorang pakar PBB yang menyimpulkan bahwa Israel melakukan genosida di Gaza pada Rabu 27 Maret 2024 mengatakan bahwa dia menghadapi ancaman atas pekerjaannya namun bersikeras bahwa hal itu hanya membuatnya semakin bertekad untuk terus maju.

Laporan AFP yang dikutip Kamis (28/3/2024) menyebut Francesca Albanese, pelapor khusus PBB mengenai situasi hak asasi manusia di wilayah Palestina, mengatakan pekan ini ada alasan yang masuk akal untuk percaya bahwa Israel melakukan genosida terhadap warga Palestina di Gaza.

Menurutnya, Israel yang telah lama sangat kritis terhadap Albanese dan mandatnya, mengecam laporannya sebagai "penyimpangan tidak senonoh dari kenyataan”, sementara kelompok pro-Israel menyerukan agar dia mundur.

Ketika ditanya tentang dampak buruk pada konferensi pers di Jenewa, Albanese mengakui bahwa "ini merupakan masa yang sulit".

Pakar independen, yang ditunjuk oleh Dewan Hak Asasi Manusia PBB pada tahun 2022 tetapi tidak berbicara atas nama PBB, mengatakan dia "telah diserang sejak awal mandat saya".

"Saya memang menerima ancaman," akunya, namun mengatakan bahwa dia "tidak menerima apa pun yang sejauh ini saya anggap memerlukan tindakan pencegahan ekstra".

Dan tekanan tersebut hanya mendorongnya "untuk tidak mundur", kata Albanese.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Larangan Visa Israel untuk Francesca Albanese

Israel bulan lalu mengumumkan larangan visa terhadap Francesca Albanese atas komentar yang menyangkal bahwa serangan Hamas pada 7 Oktober adalah tindakan "anti-Semit".

Dan dikatakan bahwa laporannya "hanya merupakan perpanjangan dari kampanye yang berupaya melemahkan pendirian Negara Yahudi".

Departemen Luar Negeri AS pada hari Rabu (27/3) menyoroti penolakannya terhadap mandat Albanese, "yang kami yakini tidak produktif".

Sementara Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Matthew Miller menuduh pakar PBB Francesca Albanese tersebut memiliki "sejarah komentar anti-Semit", termasuk beberapa "yang tampaknya membenarkan serangan 7 Oktober".

Mengenai laporan Francesca Albanese, dia menegaskan kembali keyakinan Washington bahwa "tuduhan genosida tidak berdasar".

Albanese pada hari Rabu (27/3) menegaskan bahwa dia tidak "mempertanyakan keberadaan Negara Israel", namun ingin Israel berperilaku "sesuai dengan hukum internasional".

Dia juga menegaskan kembali bahwa dia tidak menemukan bukti bahwa serangan 7 Oktober "didorong oleh anti-Semitisme".

Pakar tersebut, yang berpendapat bahwa serangan itu dimotivasi oleh "penindasan Israel", mengakui bahwa komentarnya tidak "strategis" namun mengatakan bahwa dia tetap pada laporannya.

 

3 dari 4 halaman

Laporan Albanese Dapat Dukungan Negara Arab

Francesca Albanese, yang telah menerima dukungan dari negara-negara Arab dan Muslim sejak merilis laporannya, mengatakan bahwa ketika dia akhirnya meninggalkan jabatannya, hal itu bukan karena kritiknya.

"Itu bukan karena mereka memfitnah atau menganiaya saya dalam wacana publik."

Albanese mengatakan bahwa dia "tentu saja" mengutuk Hamas dan serangan brutalnya terhadap Israel, namun menambahkan: "tidak ada yang bisa membenarkan apa yang dilakukan Israel".

Serangan 7 Oktober 2023 tersebut mengakibatkan sekitar 1.160 kematian di Israel, sebagian besar warga sipil, menurut penghitungan AFP atas angka resmi Israel.

Kampanye pembalasan Israel telah menewaskan sedikitnya 32.400 orang di Gaza, sebagian besar dari mereka adalah perempuan dan anak-anak, menurut Kementerian Kesehatan Hamas, dan telah memicu bencana kemanusiaan dan peringatan PBB akan ancaman kelaparan.

 

4 dari 4 halaman

Francesca Albanese Serukan Kehadiran Perlindungan Internasional

Francesca Albanese menyerukan “kehadiran perlindungan internasional” di Gaza, dan juga menuntut negara-negara lain menjatuhkan sanksi dan embargo senjata untuk membendung kekerasan.

Negara-negara, tegasnya, mempunyai kewajiban berdasarkan Konvensi Genosida PBB untuk bertindak "segera" ketika risiko genosida terdeteksi.

Albanese mengatakan dia selanjutnya bermaksud menyelidiki kemungkinan “keterlibatan” Amerika Serikat, pendukung utama Israel, dan juga negara-negara lain.

"Genosida telah terjadi," katanya, namun menambahkan bahwa "kita masih bisa menyelamatkan nyawa dan kita masih bisa menghentikan penurunan ke jurang yang dalam."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.