Sukses

31 Maret 2023: Tornado Dahsyat Melanda Beberapa Negara Bagian Amerika Serikat, 3 Warga Tewas dan 50 Orang Terluka

Beberapa negara bagian Amerika Serikat dilanda oleh serangkaian tornado dahsyat yang merobohkan rumah-rumah hingga menelan banyak korban jiwa pada (31/3/2023), tepat satu tahun lalu.

Liputan6.com, Illinois - Serangkaian tornado dahsyat yang melanda beberapa negara bagian Amerika Serikat merobohkan rumah-rumah dan memenuhi lingkungan dengan puing-puing yang berserakan pada hari Jumat, 31 Maret 2023, tepat satu tahun lalu.

Setidaknya tiga orang tewas dan puluhan lainnya dirawat di rumah sakit dan meteorolog memperingatkan bahaya akan berlanjut sampai Jumat malam saat itu.

Laporan CNN, yang dikutip Minggu (31/3/2024), mengatakan bahwa Madeline Roberts, juru bicara Pulaski County, mengabarkan  kematian pertama dilaporkan di North Little Rock, Arkansas setelah tornado dahsyat menghancurkan daerah tersebut pada sore hari. 

"Setidaknya ada 50 orang yang dirawat di rumah sakit di daerah tersebut dan diperkirakan masih ada korban lagi", ungkap Roberts.

Sementara itu, dua orang tewas setelah badai dahsyat melanda Kota Wynne, ungkap St. Francis County Coroner Miles Kimble, yang melakukan perjalanan ke Cross County untuk membantu.

Badai dahsyat yang melanda kota itu merusak daerah secara signifikan dan membuat warga terjebak di rumah mereka, kata Rebekah Maknus, salah satu anggota divisi manajemen darurat negara bagian tersebut. Rekaman dari daerah tersebut menunjukkan badai yang meratakan blok-blok seluruh kota, menghancurkan sebuah sekolah lokal, merobohkan rumah-rumah yang masih berdiri kokoh beberapa jam sebelum badai melanda.

Menurut Wali Kota Wynne, Jennifer Hobbs, kota tersebut terbelah menjadi dua akibat kerusakan yang terjadi di sepanjang arah dari timur ke barat.

"Kami masih dalam mode triase-- sistem yang digunakan tim medis darurat untuk memprioritaskan penanganan pasien," tambah Hobbs, menjelaskan bahwa kru sedang bekerja untuk menentukan tingkat kerusakan dan potensi cedera. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Badai yang Bergilir ke Berbagai Daerah

Gubernur Arkansas, Sarah Huckabee Sanders, menyatakan dalam keadaan darurat bahwa negara bagian tersebut tidak akan menahan sumber daya apa pun dalam menanggapi dan memulihkan diri dari badai tersebut, dan mengaktifkan Garda Nasional negara bagian tersebut.

Lebih dari 74.000 penduduk tanpa listrik di seluruh negara bagian pada malam Jumat, menurut poweroutrage.us.

Menurut polisi, yang menghantam Wynne yang merobohkan pohon dan menjatuhkan kabel listrik memicu peringatan darurat tornadi di wilayah tetangga, Tennessee, membuat kota Covington tidak dapat dilalui. Covington berjarak sekitar 40 mil di sebelah timur laut Memphis.

Menurut juru bicara Kimberly Alexander, setidaknya lima orang dirawat di Rumah Sakit Baptis Memorial-Tipton setelah tornado melanda, dengan 20.000 orang tanpa listrik di Tennessee.

Badai yang sama juga melanda utara Illinois, tetapi kali ini berupa hujan es besar yang cukup kuat sehingga meretakkan dan menggores kaca depan mobil, menurut unggahan Facebook dari Layanan Darurat dan Badan Bencana Kabupaten Fulton.

Sementara di Sangamon County, 78 mil atau sekitar 125 km di tenggara, sejumlah bisnis mengalami kerusakan parah, seperti yang dijelaskan oleh Sherrif Jack Campbell kepada CNN. Sekitar 30 hingga 40 rumah juga mengalami kerusakan di sekitar Sherman, yang terletak kurang dari 10 mil di sebelah utara Springfield.

Menurut data dari poweroutrage.us, pada Jumat malamnya, lebih dari 100.000 pelanggan di seluruh Illinois kehilangan pasokan listrik.

Kemudian gelombang cuaca buruk datang sepekan setelah badai hebat melanda bagian tenggara dan menewaskan setidaknya 26 orang. Tornado serupa juga hampir meratakan seluruh wilayah Rolling Fork, Mississippi, di mana diperkirakan kekuatan angin maksimum mencapai 170 mph.

3 dari 4 halaman

Metereolog Mengeluarkan Peringatan

Pusat Prediksi Badai AS sebelumnya Jumat (31/3/2023) mengeluarkan tingkat risiko tinggi level 5 dari 5 untuk cuaca ekstrem di dua wilayah, suatu tingkat risiko tertinggi yang ada ketika badai datang. Satu wilayah membentang dari bagian-bagian timur Arkansas, barat daya Tennessee, dan utara Mississippi sementara yang lain mencakup bagian-bagian tenggara Iowa, barat laut Illinois, dan timur laut Missouri dan Iowa City di Iowa.

Terakhir kali tingkat risiko tinggi di Level 5 dikeluarkan pada 25 Maret 2021, ketika badai dan tornado dahsyat menewaskan setidaknya enam orang dan merusak wilayah di Tenggara.

Bersamaan dengan serangkaian tornado, sistem badai pada hari Jumat malam dimulai dengan hujan deras di sebagian wilayah Selatan dan Midwest yang dapat menyebabkan banjir bandang dan menimbulkan "hujan es yang sangat besar," ujar Layanan Cuaca Nasional.

"Bahayanya tetap tinggi, terutama di tengah Tennessee, utara Alabama, utara Mississippi, dan utara Illinois," kata Meteorolog CNN, Gene Norman. "Kami khususnya khawatir tentang Nashville dan Chicago. Ketika ada badai pada malam hari, itu lebih berbahaya, dan badai ini bergerak sangat cepat, meninggalkan sedikit waktu bagi orang untuk mencapai tempat perlindungan begitu mereka mendengar peringatan."

"Jadi semua orang di zona ancaman harus mengisi daya ponsel mereka dan memperhatikan peringatan cuaca," tambah Norman.

4 dari 4 halaman

Hampir 30 Juta Orang Terancam oleh Tornado

Lebih dari 27 juta orang berada dibawah peringatan tornado.

Peringatan tornado berbahaya juga berlaku di Alamabama barat laut, Mississippi utara, dan Tennessee barat dan tengah, termasuk kota Nashville hingga pukul 01.00 pagi waktu setempat, menurut Pusat Prediksi Badai. Tornado yang berkembang dapat memiliki intensitas EF-2 atau lebih tinggi, dengan angin yang merusak lebih dari 111 mph, kata pusat tersebut. 

Badai tersebut juga dapat mencakup hujan es yang seukuran bola baseball.

Peringatan tornado juga berlaku untuk Illinois bagian timur-tengah, Indiana bagian tengah dan Kentucky bagian barat, termasuk kota Indianapolis dan Louisville, hingga pukul 2 pagi setempat, menurut pusat prediksi tersebut. Badai tersebut dapat mencakup tornado yang kuat, hembusan angin, serta hujan es sebesar bola golf. 

Tornado lain yang dilaporkan dekat Ottumwa, Iowa, pada Jumat sore menyebabkan kerusakan struktural tetapi tidak ada laporan cedera yang dilaporkan, kata pejabat manajemen darurat setempat.

Sebuah tornado juga kemungkinan terlihat Jumat malam saat melewati kamera tetap stasiun TV lokal di Solon, Iowa, meniup serpihan-serpihan ke udara.

"Atap kami baru saja terangkat," kata Kepala Meteorologis KCRG Joe Winters, merujuk pada bangunan tempat kamera dipasang. Lalu beberapa detik kemudian, atap dari bangunan lain terlihat terbang ke udara.

"Kejadiannya sangat cepat," kata Winters. "Itu sebabnya ketika peringatan dikeluarkan, Anda perlu menganggapnya serius dan segera mencari tempat aman."

Peringatan tornado juga berlaku untuk Northern Illinois, Northwest Indiana, Southern Wisconsin, dan Lake Michigan hingga pukul 10 malam setempat, menurut Pusat Prediksi Badai.

Mike Parson, selaku Gubernur Missouri, mengatakan bahwa ia telah mengaktifkan Rencana Operasi Darurat Negara Bagian Missouri ketika beberapa bagian negara bagian tersebut mulai dilanda badai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.