Sukses

10 Astronaut Hewan yang Pernah ke Luar Angkasa

Astronaut hewan membuka jalan bagi perjalanan manusia ke luar angkasa

Liputan6.com, Jakarta - Sejak awal eksplorasi ruang angkasa, manusia telah dibantu oleh berbagai hewan dalam misi-misi penting. Astronaut hewan ini telah memainkan peran penting dalam sejarah penerbangan luar angkasa.

Astronaut hewan membuka jalan bagi perjalanan manusia ke luar angkasa. Dikutip dari laman NASA pada Jumat (22/03/2024), Laika menjadi hewan pertama yang mencapai luar angkasa pada 1957.

Laika menjadi makhluk hidup pertama yang mengorbit Bumi, meskipun dia tidak selamat dari perjalanan tersebut. Misi Laika dan astronaut hewan lainnya membantu para ilmuwan mempelajari efek mikrogravitasi dan stres penerbangan luar angkasa pada tubuh.

Berikut daftar astronaut hewan yang pernah ke luar angkasa.

1. Laika

Hewan pertama yang terbang ke luar angkasa adalah seekor anjing yang disebut dengan nama Laika. Laika adalah anjing betina jenis Mongrel dengan berat 6 kg.

Ia menjadi anjing pertama yang dikirim ke orbit Bumi. Dijelaskan Laika berarti gonggongan anjing dalam kata Rusia, artinya mirip dengan 'guk' atau 'bark'.

Alasan Laika terpilih menjadi astronot hewan karena ia diketahui adalah anjing yang tidak rewel. Ukurannya kecil, sehingga masuk ke pesawat ruang angkasa Soviet Sputnik 2.

Peluncuran dilakukan pada tanggal 3 November 1957. Namun sayangnya, nasib Laika tragis lantaran meninggal karena dehidrasi dan suhu panas setelah beberapa jam meluncur ke orbit Bumi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Belka dan Strelka

2. Belka dan Strelka

Belka dan Strelka menjadi anjing pertama yang kembali dengan hidup-hidup usai menjalani penerbangan luar angkasa. Mereka terbang di orbit Bumi menggunakan pesawat Sputnik 5 pada tanggal 19 Agustus 1960.

Mereka kembali sehari kemudian. Keberhasilan ini membuat Soviet melanjutkan perjalanan luar angkasa oleh manusia yang dilakukan Yuri Gagarin pada bulan April 1961.

3. Ham

Sebelum penerbangan penuh sorotan Alan Shepard ke luar angkasa terjadi, Amerika Serikat mengirim seekor simpanse bernama Ham pada 1961. Ia terbang dengan kapsul bernama Merkurius dan berhasil kembali ke Bumi, sehingga mendapat hadiah pisang.

4. Hector

Seekor tikus juga menjadi astronaut hewan pertama yang diterbangkan oleh negara Prancis pada 1961. Ia terbang dalam roket Veronique dengan memakai pakaian astronaut kecil.

Keberhasilannya kembali ke Bumi menjadikan Hector sebagai astronot Prancis yang pertama.

 

3 dari 4 halaman

Felicette

5. Felicette

Pada 1963, Prancis ingin mengirim seekor kucing bernama Felix untuk terbang menggunakan roket Veronique. Namun, Felix kabur sebelum menit-menit keberangkatannya.

Karena itu, Felix digantikan oleh Felicette. Hewan ini kemudian menjadi kucing pertama yang pernah ada di luar angkasa.

Felicette kembali dengan selamat ke Bumi menggunakan parasut.

6. Russian Tortoises

Russian Tortoises menjadi kura-kura pertama yang pergi ke luar angkasa. Hewan ini dikirim oleh Rusia pada 1968.

Hewan ini memiliki misi untuk mengitari bulan dan kembali ke Bumi hidup-hidup. Tak hanya berhasil menyelesaikan misinya, kura-kura ini memecahkan rekor durasi hewan di luar angkasa pada misi Soyuz di tahun 1975 hingga 1976.

7. Arabella dan Anita

Arabella dan Anita adalah dua ekor laba-laba yang menghabiskan beberapa bulan di Skylab 3. Hewan ini dipilih dari siswa sekolah menengah.

Melalui pengiriman Arabella dan Anita di luar angkasa, membuktikan bila laba-laba bisa tetap membuat jaring di luar Bumi.

 

4 dari 4 halaman

Burung Puyuh Jepang

8. Burung Puyuh Jepang

Sebagai langkah percobaan untuk bertani di luar angkasa, anak burung puyuh Jepang ditetaskan di Mir atau stasiun luar angkasa Rusia paga 1990. Tubuh mereka kecil dan memiliki bulu halus dan lembut mampu berputar-putar di dalam gravitasi nol.

9. Ubur-ubur

Ubur-ubur pertama kali pergi ke luar angkasa pada 1991 dengan pesawat ulang-alik Columbia. Tujuannya untuk menguji perkembangan kehidupan hewan ini di titik gravitasi nol.

Belakangan ini, ubur-ubur disebut bisa lahir di luar angkasa. Namun, mereka mengalami vertigo saat sampai di Bumi.

10. Tokek

Lima tokek diterbangkan Rusia ke luar angkasa pada 2014. Mereka memiliki misi untuk menguji apakah bisa melakukan berhubungan intim dalam keadaan nol gravitasi.

ketika sampai di Bumi, hewan ini dalam keadaan beku dan menjadi mumi.

(Tifani)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.