Sukses

PBB: Israel Jadikan Kelaparan Warga Gaza sebagai Senjata Perang

PBB mencatat bahwa kasus kelaparan dan malnutrisi tidak ada di Gaza sebelum perang Israel Vs Hamas terjadi.

Liputan6.com, Tel Aviv - PBB mengatakan pada Selasa (19/3/2024) bahwa pembatasan ketat Israel terhadap bantuan ke Gaza, dijadikan Tel Aviv sebagai sebagai "senjata perang", termasuk membuat warga di sana menderita kelaparan.

Ini merupakan "kejahatan perang" berdasarkan hukum internasional.

Kepala Hak Asasi Manusia PBB Volker Turk mengecam Israel lantaran kelaparan terus merajalela dan mengancam warga Palestina di Gaza.

Dalam sebuah pernyataan, Turk mengatakan bahwa "situasi kelaparan adalah akibat dari pembatasan ekstensif Israel terhadap masuk dan distribusi bantuan kemanusiaan dan barang-barang komersial".

"Hal ini juga terkait dengan pengungsian sebagian besar penduduk, serta kehancuran infrastruktur sipil yang penting," katanya, seperti dilansir CNA, Kamis (21/3/2024). 

"Besarnya pembatasan yang dilakukan Israel terhadap masuknya bantuan ke Gaza, dan cara mereka terus melakukan permusuhan, mungkin berarti penggunaan kelaparan sebagai metode perang, yang merupakan kejahatan perang."

Juru bicaranya, Jeremy Laurence, mengatakan kepada wartawan di Jenewa bahwa keputusan akhir apakah "kelaparan digunakan sebagai senjata perang" akan ditentukan oleh pengadilan.

Komentar tersebut muncul setelah penilaian keamanan pangan yang didukung PBB menetapkan bahwa wilayah Palestina yang dilanda perang sedang menghadapi kelaparan.

Menurut laporan, perang dahsyat sejak perang Israel Vs Hamas pada 7 Oktober telah menyebabkan sekitar setengah warga Gaza – sekitar 1,1 juta orang – mengalami bencana kelaparan.

"Tanpa gelombang bantuan, kelaparan akan menimpa 300.000 orang di bagian utara Gaza yang dilanda perang pada bulan Mei," bunyi laporan itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak Ada Makanan Sama Sekali

Jens Laerke, juru bicara badan kemanusiaan PBB OCHA, menunjukkan sulitnya menentukan dengan jelas apakah kriteria ketat untuk menyatakan kelaparan telah dipenuhi.

"Ambang batas kelaparan mungkin sudah terjadi di Gaza utara," katanya kepada wartawan, sambil menyoroti bahwa selama berminggu-minggu masyarakat Gaza sudah terpaksa hanya memakan benih burung, pakan ternak, rumput liar, dan rumput liar.

"Sebenarnya tidak ada yang tersisa," katanya.

Ke depan, ia memperingatkan bahwa tanpa bantuan lebih lanjut, Gaza akan segera menghadapi "lebih dari 200 orang meninggal karena kelaparan setiap hari".

3 dari 4 halaman

Kasus Kelaparan Dialami Bayi Baru Lahir

Lebih parahnya lagi, kasus kelaparan juga terjadi pada anak-anak, bahkan bayi yang baru lahir. 

"Saat ini, petugas kesehatan sudah melihat bayi yang baru lahir meninggal karena berat badan mereka yang terlalu rendah dan anak-anak yang berada di… ambang kematian karena kelaparan," kata juru bicara Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Margaret Harris.

Dia mencatat bahwa malnutrisi pada dasarnya "tidak ada" di Gaza sebelum perang.

"Setiap orang, terutama mereka yang mempunyai pengaruh, harus menegaskan bahwa Israel bertindak untuk memfasilitasi masuknya dan distribusi bantuan kemanusiaan dan barang-barang komersial yang dibutuhkan tanpa hambatan untuk mengakhiri kelaparan dan menghindari semua risiko kelaparan."

Harris juga menuntut gencatan senjata segera, serta pembebasan tanpa syarat sandera Israel yang masih ditahan di Gaza.

4 dari 4 halaman

Krisis Kelaparan

Philippe Lazzarini, kepala badan PBB untuk pengungsi Palestina, UNRWA, berbicara di Yerusalem tentang "situasi yang hampir tidak terlihat ketika berbicara tentang kelaparan".

"Biasanya memakan waktu bertahun-tahun (dalam konteks lain). Di sini kita berbicara tentang kelaparan dalam waktu kurang dari empat bulan... Jadi ini jelas merupakan krisis kelaparan yang diciptakan secara artifisial dan berdampak pada lebih dari 2,2 juta orang," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.