Sukses

Raja Salman Beri Hadiah Ramadhan 2024 untuk Indonesia 100 Ton Kurma, Kemenag: InsyaAllah Berkah

Kerajaan Arab Saudi memberikan hadiah kurma seberat 100 ton kepada Indonesia melalui Kementerian Agama Republik Indonesia untuk kemudian dibagikan kepada mereka yang membutuhkan.

Liputan6.com, Jakarta - Kerajaan Arab Saudi menyerahkan kurma seberat 100 ton kepada Indonesia melalui Kementerian Agama Republik Indonesia pada Selasa (19/3/2024), dalam rangka bulan Ramadan 1445 H.

"Ini adalah hadiah dari Kerajaan Arab Saudi, hadiah dari pemerintah kami kepada masyarakat Indonesia. Kami mengamanatkan hadiah ini kepada Kementerian Agama Republik Indonesia dengan jumlah 100 ton," kata Duta Besar Arab Saudi Faisal bin Abdullah Al-Amudi dalam acara serah terima kurma di Kantor Kementerian Agama, Jakarta.

Bantuan tersebut, kata Dubes Faisal, merupakan amanat langsung dari Raja Arab Saudi.

"Bantuan ini merupakan instruksi dan arahan dari Yang Mulia Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud dan juga Putra Mahkota Arab Saudi Muhammad bin Salman bin Abdulaziz bin Abdul Rahman Alu Saud," tambah Faisal.

Kurma tersebut diterima langsung oleh Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas.

"Saya ucapkan terima kasih mewakili seluruh masyarakat dan pemerintah Indonesia kepada Kerajaan Arab Saudi atas kerja sama yang baik serta untuk hadiah kurma ini. InsyaAllah ini akan menjadi berkah bagi banyak orang," ujar Yaqut.

Yaqut menjelaskan bahwa pemberian hadiah kurma biasanya dilakukan sebelum bulan suci Ramadan dimulai, tetapi pada tahun ini dilakukan di minggu kedua Ramadan.

"Kami akan bergerak cepat Pak Dubes, karena biasanya didistribusikan sebelum Ramadhan, tapi sekarang sudah memasuki minggu kedua Ramadan, jadi kami harus bergerak lebih cepat," kata Yaqut kepada Dubes Faisal.

Selain menyerahkan kurma, Dubes Faisal juga turut mengucapkan selamat beribadah puasa kepada seluruh umat Muslim di Indonesia dan berharap agar bisa melaksanakan ibadah puasa Ramadhan dengan baik.

"Selamat menjalankan puasa Ramadan kepada umat muslim yang ada di Indonesia. Semoga kita diberikan kelimpahan berkah agar kita dapat melaksanakan ibadah puasa dengan baik," tutur Dubes Faisal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bukan Hanya untuk Orang Muslim

Pembagian kurma yang diberikan oleh Kerajaan Arab Saudi kepada Indonesia tidak dikhususkan kepada umat Muslim saja, tapi kepada seluruh umat beragama melalui kantor wilayah (kanwil) yang bertanggung jawab.

Yaqut mengatakan bahwa Kementerian Agama akan menyalurkan hadiah kurma melalui kanwil Kementerian Agama di seluruh Indonesia.

"Ini menunjukan bagaimana rahmat Islam bukan hanya kepada umat muslim, tapi juga bagi seluruh alam," jelasnya.

3 dari 4 halaman

Hubungan Arab Saudi dan Indonesia Kian Erat

Pemberian hadiah ini secara tidak langsung akan mempererat hubungan antara Arab Saudi dan Indonesia.

"Secara diplomatik, pemberian hadiah ini akan memperkuat hubungan antara Indonesia dan kerajaan Arab Saudi, walaupun hubungan kedua negara sudah terjalin sejak dulu karena hubungan umrah dan haji, jadi ini sifatnya mempererat hubungan yang sudah ada," tutur Yaqut.

 

4 dari 4 halaman

Hadiah Tahunan dari Kerajaan Arab Saudi

Sebelumnya pada tahun 2023, Kerajaan Arab Saudi juga memberikan hadiah100 ton kurma untuk Indonesia.

Ketika itu, penyerahan kurma juga dilakukan oleh Faisal dan diterima melalui Kementerian Agama Republik Indonesia.

"Ini adalah hadiah dari Raja Salman yaitu berupa kurma, yang merupakan bentuk kesinambungan atau bantuan dari Arab Saudi untuk mereka yang membutuhkan, terutama di bulan suci Ramadan ini," ucap Faisal. 

Baca selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.