Sukses

10 Astronaut Muslim Menaklukkan Luar Angkasa, Ada yang Perdana Sholat dan Baca Al-Qur'an di Gravitasi Nol

Cukup banyak Muslim yang mendapat kehormatan pergi ke luar angkasa sebagai astronaut. Orang-orang ini merupakan suatu kebanggaan bagi umat Islam. Berikut ini 10 astronaut Muslim tersebut:

Liputan6.com, Jakarta - Perjalanan luar angkasa adalah salah satu prestasi yang paling didambakan dan dicari dalam sejarah umat manusia. Sebab hanya segelintir orang yang cukup beruntung bisa melintasi batas dan cakrawala luar angkasa yang tak terbatas.

Kabar baiknya, cukup banyak Muslim yang mendapat kehormatan pergi ke luar angkasa sebagai astronaut.

Orang-orang ini merupakan suatu kebanggaan bagi umat Islam. Namun, tidak banyak dari kita yang mengetahui tentang pria dan wanita brilian ini.

Berikut ini 10 astronaut Muslim tersebut, mengutip muslimmateapp.com, Jumat (15/3/2024):

1. Sultan bin Salman Al Saud

Sultan bin Salman bin Abdulaziz Al Saud, astronot muslim pertama (Wikipedia)

Di pesawat Discovery, Spesialis Muatan Sultan bin Salman Al Saud, seorang pilot pesawat tempur Angkatan Udara Saudi, lepas landas dari Kompleks Peluncuran 39 Kennedy Space Centre pada 17 Juni 1985, untuk menjadi astronaut Muslim dan orang Arab pertama.

Ekspedisi selama seminggu ini bertujuan untuk menyebarkan satelit komunikasi untuk Organisasi Komunikasi Satelit Arab. Pangeran Sultan melakukan perjalanan sejauh 4,67 juta kilometer dan membantu awak kapalnya yang berasal dari Prancis dalam pengujian dampak penerbangan luar angkasa terhadap fisiologi manusia.

Dia menjalankan eksperimen tentang perilaku minyak dikombinasikan dengan air dalam kondisi tanpa bobot dan juga memotret Arab Saudi pada beberapa jalur orbit.

Sultan bin Salman Al Saud menjadi manusia pertama yang menjalankan sholat bagi umat Islam dan membaca Al-Qur'an dalam kondisi gravitasi nol.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Muhammed Faris

Dipuji sebagai “Neil Armstrong dari Dunia Arab”, Mohammed Faris adalah astronaut Muslim dan Arab profesional pertama.

Seorang pilot di Angkatan Udara Suriah, Mohammed Faris terbang sebagai Kosmonot Riset dalam program Interkosmos dengan Soyuz TM-3 ke Mir Space Station (Stasiun Luar Angkasa Mir) pada tanggal 22 Juli 1987, menghabiskan 7 hari, 23 jam dan 5 menit di luar angkasa. Dia melakukan eksperimen ilmiah dan memotret Suriah dari luar angkasa.

3. Musa Manarov

Astronaut Muslim Soviet ini menghabiskan 541 hari di luar angkasa sebagai insinyur penerbangan di Soyuz TM-4 dan Soyuz TM-11.

Selama penerbangan keduanya dengan Soyuz TM-11, ia menjadi satu-satunya manusia yang menghabiskan waktu terus menerus terlama di luar angkasa. Ia berada di luar angkasa terus menerus selama 175 hari 1 jam 50 menit.

Manarov, selama perjalanan luar angkasanya, melakukan perjalanan luar angkasa selama 20 jam, mengamati Bumi, dan bekerja di manufaktur luar angkasa.

4. Abdul Ahad Mohmand

Orang Afghanistan pertama dan Muslim keempat yang melakukan perjalanan ke luar angkasa, Abdul Ahad Mohmand, menghabiskan sembilan hari di Mir Space Station (Stasiun Luar Angkasa Mir) pada tahun 1988 sebagai Kosmonot Penelitian Interkosmos.

Dia melakukan panggilan telepon ke Afghanistan dan menggunakan bahasa Pashto untuk pertama kalinya di luar angkasa. Ia juga diyakini sebagai Muslim pertama yang membawa mushaf Al-Qur'an ke luar angkasa.

Selama perjalanan kembali ke Bumi, sistem komputer di pesawat luar angkasa Soyuz tidak berfungsi dan mereka bakal terjebak di luar angkasa selamanya dengan persediaan makanan dan oksigen hanya tinggal beberapa hari lagi.

Ahad harus mengelilingi Bumi sendirian dengan komandan penerbangannya selama 24 jam dalam kapsul pendaratan kecil mereka. Namun singkat cerita, awak pesawat berhasil mendarat dengan selamat di Kazakhstan.

3 dari 4 halaman

5. Toktar Aubakirov

Astronaut asal Kazakhstan ini menghabiskan hampir 80 hari di luar angkasa dengan pesawat ruang angkasa Soyuz TM-13 dan diluncurkan ke luar angkasa pada tanggal 2 Oktober 1991.

Toktar melakukan penelitian ilmiah di bidang bioteknologi, kedokteran, metalurgi, dan Laut Aral, serta berpartisipasi dalam pemantauan astrofisika langit, penelitian atmosfer dan permukaan bumi di Kazakhstan.

6. Talgat Musabayev

Terlibat dalam tiga penerbangan luar angkasa, Talgat Musabayev adalah astronaut Kazakh yang dua ekspedisi luar angkasa pertamanya adalah dua kali tinggal lama di Mir Space Station (Stasiun Luar Angkasa Rusia Mir).

Perjalanan luar angkasa ketiganya adalah ke Stasiun Luar Angkasa Internasional yang membawa turis luar angkasa pertama di dunia, Dennis Tito. Misi durasi panjang pertamanya Mir EO-16 berdurasi 126 hari sebagai Insinyur Penerbangan sedangkan misi durasi panjang kedua Mir EO-25 berdurasi 207 hari.

7. Salizhan Sharipov

Astronaut asal Kyrgyzstan ini telah dua kali ke luar angkasa dan terlibat dalam beberapa kali perjalanan luar angkasa.

Dalam misi pertamanya, Sharipov bertugas sebagai spesialis misi di mana krunya memindahkan lebih dari 8.000 pon peralatan ilmiah, perangkat keras logistik, dan air dari Space Shuttle Endeavour ke Mir. Dia adalah insinyur penerbangan pada Ekspedisi 10 ke Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Selama berada di sana, Sharipov melakukan beberapa eksperimen sains dan ilmu kehidupan manusia untuk Program Luar Angkasa Rusia.

4 dari 4 halaman

8. Anousheh Ansari

Wanita Muslim Iran pertama yang pergi ke luar angkasa, Anousheh Ansari, adalah penjelajah luar angkasa keempat yang didanai sendiri dan wanita pertama yang melakukan perjalanan ke Stasiun Luar Angkasa Internasional dengan biaya sendiri.

Ansari lepas landas dengan misi Soyuz TMA-9 pada 18 September 2006 dari Kazakhstan. Selama 8 hari berada di Stasiun Luar Angkasa Internasional, Ansari melakukan sejumlah eksperimen ilmiah terkait anemia, bagaimana perubahan otot mempengaruhi nyeri punggung bawah, dan efek radiasi luar angkasa pada awak stasiun luar angkasa.

9. Sheikh Muszaphar Shukor

Seorang ahli bedah ortopedi Malaysia dan astronot komersial pertama, Shukor diluncurkan ke luar angkasa dengan kapal Soyuz TMA-11 bersama awak Ekspedisi 16 pada 10 Oktober 2007.

Sheikh Muszaphar melakukan eksperimen di Stasiun Luar Angkasa Internasional yang berkaitan dengan karakteristik dan pertumbuhan kanker hati dan sel leukemia, kristalisasi berbagai protein dan mikroba di luar angkasa. Waktunya di luar angkasa bertepatan dengan bagian terakhir bulan suci Ramadhan dan ia merayakan Idul Fitri di Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Selama berada di luar angkasa, badan antariksa Malaysia yang berkonsensus dengan ulama Islam, menghasilkan sebuah dokumen yang menggarisbawahi cara salat di lingkungan gravitasi rendah, cara menentukan lokasi Mekkah dari Stasiun Luar Angkasa Internasional, cara menentukan waktu sholat, dan isu seputar puasa.

10. Aidyn Aimbetov

Astronaut Kazakhstan ketiga dan Muslim ke-10 yang melakukan pengembaraan ke luar angkasa adalah Aidyn Aimbetov. Ia diluncurkan dari Kazakhstan dengan kapal Soyuz TMA-18M untuk misi 10 hari pada tanggal 2 September 2015.

Ia melakukan pemantauan lingkungan dan geofisika, terutama di wilayah yang kritis secara ekologis.

Kazakhstan, seperti Laut Aral, yang pernah menjadi danau terbesar keempat di dunia, yang sekarang hampir menghilang sepenuhnya dari peta dunia, dan Laut Kaspia. Selain itu, Aimbetov mempelajari atmosfer bagian atas di area aktif badai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.