Sukses

15 Maret Hari Internasional untuk Memerangi Islamofobia, Begini Sejarah Terbentuknya

Majelis Umum PBB mencanangkan International Day to Combat Islamophobia atau Hari Internasional untuk Memerangi Islamofobia melalui resolusi yang disahkan dengan suara mayoritas pada tahun 2022. Cek di sini selanjutnya.

Liputan6.com, Jakarta - Majelis Umum PBB mencanangkan International Day to Combat Islamophobia atau Hari Internasional untuk Memerangi Islamofobia melalui resolusi yang disahkan dengan suara mayoritas pada tahun 2022, dan menetapkan tanggal 15 Maret sebagai hari perayaan tersebut.

Organisasi Kerjasama Islam diwakili oleh Pakistan dalam pengenalan resolusi tersebut.

Resolusi ini dalam rangka memperingati hari nahas pada tahun 2019 di Christchurch, Selandia Baru, ketika seorang penembak melepaskan tembakan di dalam dua masjid, menewaskan 51 orang dan melukai 40 lainnya.

Resolusi tersebut secara resmi diperkenalkan oleh perwakilan Pakistan di PBB, Munir Akram. Dia mengatakan bahwa resolusi ini mengakui meningkatnya intoleransi, prasangka, dan kekerasan terhadap anggota berbagai agama dan komunitas lainnya, terlepas dari siapa yang melakukannya, demikian mengutip dari nationaltoday.com. 

Islamofobia adalah ketidaksukaan, teror, atau prasangka terhadap Islam atau umat Islam secara umum, terutama jika dianggap sebagai kekuatan geopolitik atau sumber terorisme.

Definisi dan ruang lingkup yang tepat dari istilah 'Islamofobia' masih diperdebatkan. Beberapa pakar melihatnya sebagai bentuk xenofobia atau rasisme.

Ada pula yang menganggap Islamofobia dan rasisme berkaitan erat atau saling tumpang tindih, sementara ada pula yang masih membantah adanya hubungan antara keduanya karena agama bukanlah sebuah ras.

Islamofobia sangat mengkhawatirkan akhir-akhir ini karena telah muncul sebagai bentuk rasisme baru, yang ditunjukkan dengan xenofobia, profiling negatif, dan stereotip terhadap Muslim.

Selain itu, Munir Akram menilai aspek gender dalam Islamofobia semakin menonjol. Perempuan dan anak perempuan menjadi sasaran karena pakaian yang mereka kenakan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Resolusi PBB untuk Hari Memerangi Islamofobia

Menurut duta besar Guyana untuk Majelis Umum PBB, penetapan hari ini merupakan langkah penting dalam memerangi Islamofobia dan dampak buruknya, termasuk terbatasnya akses terhadap pekerjaan, perumahan, dan pendidikan.

Tindakan di seluruh dunia akan membantu melawan meningkatnya tindakan kekerasan terhadap Muslim dan komunitas Muslim di seluruh dunia.

Resolusi PBB menyatakan bahwa terorisme tidak boleh dikaitkan dengan agama, kebangsaan, kelompok etnis, atau peradaban apa pun.

Laporan ini menyerukan upaya global yang lebih serius untuk mendorong dialog mengenai peningkatan budaya toleransi dan perdamaian di seluruh dunia pada semua tingkatan.

Resolusi tersebut meminta semua negara, badan-badan PBB, masyarakat sipil, sektor swasta dan organisasi berbasis agama, serta organisasi internasional dan regional, untuk mengatur dan mendukung berbagai acara yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran di semua tingkatan dalam mengekang Islamofobia.

3 dari 4 halaman

Kronologi Awal Terbentuknya Hari Ini

1923: Penggunaan Pertama 'Islamofobia' dalam Bahasa Inggris

Istilah 'Islamofobia' pertama kali muncul di 'Journal of Theological Studies'.

1989: Hasutan Umat Islam

Ayatollah Khomeini menghasut umat Islam untuk mencoba membunuh Salman Rushdie, penulis “The Setan Verses.”

2005: Konstitusi Baru Telah Lahir

Ziauddin Sardar, seorang ulama Islam, menulis bahwa Islamofobia tersebar luas di Eropa, yang memiliki banyak tokoh politik anti-Muslim.

2019: Akar Radikalisasi

Gideon Rachman menulis bahwa radikalisasi anti-Islam di luar negara-negara Muslim disebabkan oleh bangkitnya Islamisme intoleransi di beberapa negara Muslim.

Umat ​​Islam menghadapi banyak diskriminasi karena agama mereka. Hari Internasional untuk Memerangi Islamofobia mengingatkan dunia akan pentingnya melindungi hak asasi manusia.

Resolusi PBB berfokus pada umat Islam. Namun, hal ini juga mendorong perlindungan terhadap semua agama dan kepercayaan.

Hari Internasional untuk Memerangi Islamofobia juga memberikan penghormatan kepada mereka yang kehilangan nyawa dalam serangan di Selandia Baru.

4 dari 4 halaman

5 Fakta Tentang Islamfobia

1. Uni Eropa melawan Islamofobia

Untuk memerangi meningkatnya Islamofobia di Uni Eropa, Parlemen Eropa di Brussels membentuk Perangkat Kontra-Islamofobia pada tanggal 26 September 2018.

2. Prancis membela Islam

Manuel Valls, PM Perancis, mengatakan pada tahun 2015 setelah serangan Charlie Hebdo, bahwa Islam tidak ada hubungannya dengan kelompok teroris ISIS.

3. Pemantauan Islamofobia paling luas

Pusat Pemantauan Rasisme dan Xenofobia Eropa melaksanakan proyek terbesar yang memantau Islamofobia setelah pemboman 9/11.

4. Donald Trump melawan Muslim

Trump, yang memenangkan pemilihan presiden tahun 2016 dengan kampanye Islamofobia, menyarankan untuk melarang semua Muslim memasuki AS.

5. Kelompok Islamofobia mendapat banyak dana

Kelompok yang mempromosikan Islamofobia di AS memiliki akses terhadap $206 juta atau sekitar Rp 3 triliun, antara tahun 2008 dan 2013.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.