Sukses

Februari 2024 Jadi Bulan Februari Terpanas dalam Sejarah

Cuaca panas juga disebabkan permukaan laut dunia yang berada pada titik terpanas dan es laut di Antartika kembali mencapai titik terendah.

Liputan6.com, Brussel - Badan Iklim Uni Eropa melaporkan bahwa Februari 2024 menjadi bulan Februari dengan suhu terpanas sepanjang sejarah.

Laporan ini juga memperpanjang rekor suhu bulanan selama sembilan kali berturut-turut.

Dilansir BBC, Sabtu (9/3/2024), tercatat sejak Juni 2023 terjadi peningkatan suhu tertinggi sepanjang tahun.

Selain itu, permukaan laut dunia juga berada pada titik terpanas yang pernah tercatat, sementara es laut di Antartika kembali mencapai titik terendah.

Suhu juga masih meningkat akibat peristiwa cuaca El Nino di Pasifik, namun perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia sejauh ini merupakan penyebab utama peningkatan suhu tersebut.

"Gas rumah kaca yang memerangkap panas jelas merupakan penyebab utama," kata Prof Celeste Saulo, Sekretaris Jenderal Organisasi Meteorologi Dunia.

Konsentrasi karbon dioksida berada pada tingkat tertinggi selama setidaknya dua juta tahun, menurut badan iklim PBB, dan kembali meningkat mendekati rekor selama setahun terakhir.

Layanan Perubahan Iklim Copernicus Uni Eropa melaporkan bahwa gas-gas yang memanas tersebut menjadi penyebab bulan Februari 2024 menjadi sekitar 1,77 derajat Celcius lebih hangat dibandingkan masa "pra-industri" -- sebelum manusia mulai membakar bahan bakar fosil dalam jumlah besar.

Temperatur ini menyebabkan panas yang sangat parah melanda Australia bagian barat, Asia Tenggara, Afrika bagian Selatan, dan Amerika Selatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Suhu Rata-rata Meningkat

Suhu rata-rata dalam 12 bulan sekarang berada pada 1,56 derajat Celcius di atas tingkat pra-industri – setelah pelanggaran pemanasan 1,5 derajat Celcius, selama setahun pertama dikonfirmasi pada bulan lalu.

Pada tahun 2015 di Paris, hampir 200 negara sepakat untuk mencoba menjaga kenaikan pemanasan di bawah 1,5 derajat Celcius, untuk membantu menghindari dampak iklim terburuk.

Ambang batas dalam perjanjian Paris secara umum diterima sebagai rata-rata 20 tahun – sehingga belum terlampaui – namun rangkaian rekor yang tiada henti menggambarkan betapa dekatnya dunia untuk mencapai hal tersebut.

3 dari 3 halaman

Suhu Permukaan Laut Meningkat

Catatan terbaru tidak hanya terbatas pada suhu udara. Metrik iklim yang tak terhitung jumlahnya jauh melampaui tingkat yang terlihat di zaman modern.

Salah satu yang paling menonjol adalah suhu permukaan laut. 

Para peneliti ingin menekankan bahwa skala dan luasnya panas lautan bukan sekadar konsekuensi dari peristiwa cuaca alami yang dikenal sebagai El Nino, yang diumumkan pada Juni 2023.

"Suhu permukaan laut di Pasifik khatulistiwa jelas mencerminkan El Nino. Namun suhu permukaan laut di belahan dunia lain terus-menerus dan luar biasa tinggi selama 10 bulan terakhir," jelas Prof Saulo.

"Hal ini mengkhawatirkan dan tidak dapat dijelaskan hanya oleh El Nino."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini