Sukses

Niatnya Operasi Kandung Empedu, Pria Ini Malah Ditindak Vasektomi oleh Dokter di Argentina

Awalnya korban meminta dokter menjalani sebagai operasi pada kandung empedunya lantaran mengalami masalah. Namun para dokter malah melakukan vasektomi.

Liputan6.com, Cordoba - Seorang pria di Argentina kaget bukan main. Setelah mengalami hal buruk dalam hidupnya.

Awalnya, ia meminta dokter menjalani sebagai operasi pada kandung empedu lantaran mengalami masalah. Namun para dokter malah melakukan vasektomi.

Vasektomi adalah salah satu bentuk kontrasepsi yang paling efektif dan permanen untuk pria. Prosedur vasektomi membuat seseorang tidak lagi mampu membuat pasangan wanitanya hamil, sehingga menjadi salah satu kontrasepsi yang sangat efektif.

Jorge Baseto (41) memilih Rumah Sakit Provinsi Florencio Díaz di Cordoba, Argentina, untuk operasi kandung empedu, dikutip dari Oddity Central, Selasa (5/3/2024).

Operasi tersebut dijadwalkan pada Selasa 28 Februari, namun karena keadaan di luar kendalinya, prosedur Jorge ditunda hingga hari Rabu.

Rupanya itulah detail kecil yang menyebabkan skandal malpraktek viral yang melanda seluruh negeri.

Pada hari operasi, staf rumah sakit masuk ke kamar pasien, membaringkannya di atas tandu, dan tanpa menanyakan apa pun atau bahkan memeriksa grafiknya, mereka membawanya ke ruang operasi.

Para dokter juga tidak memeriksa grafiknya, jadi mereka hanya melakukan operasi yang telah mereka jadwalkan hari itu, vasektomi.

Ketika Jorge terbangun dari operasinya, dia tidak tahu apa yang terjadi, tapi kemudian seorang dokter datang untuk memeriksanya, dan setelah melihat grafiknya, dia memberinya kabar mengejutkan, yaitu telah menjalani vasektomi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hanya Bisa Terdiam dan Pasrah

Pria Argentina itu terdiam selama beberapa saat, kemudian ia mulai panik, namun ia tidak punya banyak waktu untuk itu, karena ia akan segera dijadwalkan untuk menjalani operasi yang seharusnya ia jalani.

Setelah operasi keduanya, Jorge Baseto ingin mengetahui bagaimana kesalahan tersebut terjadi dan apa yang dapat dilakukan untuk membalikkan vasektomi tersebut.

Para dokter terus menyalahkan satu sama lain atas kesalahan tersebut, dan mereka terus mengatakan kepadanya untuk tidak terlalu dramatis mengenai situasi ini, karena dia masih bisa memiliki anak melalui inseminasi buatan jika dia mau.

Sedangkan untuk vasektomi, karena usianya dan ukuran saluran yang terputus, peluang keberhasilannya sangat kecil, jadi tidak ada gunanya mencobanya.

 

3 dari 3 halaman

Tempuh Jalur Hukum

Pengacara Jorge, Diego Larrey, mengatakan bahwa kliennya sangat terpukul. Meskipun dia adalah ayah dari dua anak laki-laki, dia tampaknya sedang menjalin hubungan baru dan dia punya rencana untuk mencoba memiliki anak dengan pasangan barunya di masa depan.

Mereka jelas ingin hamil secara alami, namun kini mereka hanya punya pilihan melalui inseminasi buatan.

“Saya marah dan tidak berdaya karena apa yang mereka lakukan tidak dapat diubah, tidak ada perubahan,” kata Jorge.

“Saya tidak bisa memahami tingkat kelalaian ini, bagaimana Anda bisa membuat kesalahan besar.”

Pengacara pria tersebut mengatakan kepada wartawan bahwa kesalahan tersebut berasal dari jadwal operasi kliennya yang dijadwalkan ulang.

Drama ini sedang berlangsung, tetapi sepertinya Jorge ingin menuntut para dokter dan rumah sakit karena kelalaiannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.