Sukses

Jaga Kestabilan Harga, Rusia Larang Ekspor BBM Selama 6 Bulan ke Depan

Rusia adalah pengekspor minyak terbesar kedua di dunia.

Liputan6.com, Moskow - Pemerintah Rusia, Kamis (29/2) mengonfirmasi bahwa mereka akan memberlakukan larangan ekspor bahan bakar minyak (BBM) selama enam bulan, per 1 Maret.

"Keputusan ini diambil untuk menjaga kestabilan harga di pasar bahan bakar, menjelang periode di mana permintaan BBM meningkat akibat dimulainya kegiatan penanaman di ladang gandum pada musim semi, musim liburan, dan jadwal perbaikan kilang minyak," urai perwakilan pemerintah negara itu melalui saluran Telegram resminya, seperti dilansir VOA Indonesia, Jumat (1/3).

Rusia adalah pengekspor minyak terbesar kedua di dunia.

Jelang pilpres Rusia pada 15-17 Maret mendatang, harga BBM domestik menjadi isu sensitif bagi para pengguna kendaraan bermotor dan petani di negara pengekspor gandum terbesar di dunia itu. Selain itu, beberapa kilang minyak Rusia diserang pesawat nirawak Ukraina dalam beberapa bulan terakhir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komoditas Ekspor Terbesar Rusia

Rusia dan Ukraina saling menyerang sarana infrastruktur energi mereka untuk mengacaukan jalur pasokan dan logistik, serta mematahkan semangat musuhnya. Mereka berupaya mencari celah di tengah perang yang sudah berlangsung hampir dua tahun dan belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir itu.

Produk minyak dan gas sejauh ini merupakan komoditas ekspor terbesar Rusia. Migas menjadi sumber utama pendapatan devisa Rusia, yang ekonominya bernilai 1,9 triliun USD atau setara Rp29,8 kuadriliun, dan membuat Moskow berada di posisi teratas dalam politik energi global.

Kremlin telah bekerja sama dengan Arab Saudi, eksportir minyak terbesar di dunia, untuk menjaga harga migas tetap tinggi. Kedua negara itu adalah anggota OPEC+ (Organization of the Petroleum Exporting Countries), yang beranggotakan anggota OPEC dan negara-negara sekutu utama mereka.

3 dari 3 halaman

Langkah Rusia Menopang Harga

Rusia telah secara sukarela memangkas ekspor minyak dan bahan bakarnya sebanyak 500.000 barel per hari, pada kuartal pertama 2024 sebagai bagian dari upaya OPEC+ untuk menopang harga di pasar energi.

Menurut perhitungan kantor berita Reuters yang didasarkan pada data bursa St. Petersburg (SPIMEX), sejak awal tahun ini, harga grosir bensin Ai-92, merek bensin terpopuler di Rusia, telah meningkat 22,4 persen.

Pada tahun 2023, Rusia memproduksi 43,9 juta ton BBM dan mengekspor sekitar 5,76 juta ton atau sekitar 13 persen dari produksinya. Pengimpor terbesar BBM Rusia adalah negara-negara Afrika, termasuk Nigeria, Libya, dan Tunisia, serta Uni Emirat Arab.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini