Sukses

15 Ciri Kepribadian Sukses Orang Berprestasi, Nomor 2 Muncul Secara Alami

Terserah Anda untuk membentuk kepribadian sesuai dengan gambaran di bawah ini. Tapi cobalah ambil langkah kecil dan gabungkan karakteristik berikut ke dalam hidup Anda untuk menjadi orang yang berprestasi.​

Liputan6.com, Jakarta - Melihat orang yang berprestasi atau seseorang yang sukses dalam hidupnya, Anda mungkin selalu berpikir, "Saya harap saya bisa menjadi seperti itu!" Namun sedikit yang Anda ketahui tentang perjuangan orang tersebut untuk mencapai semua itu dan lebih banyak lagi.

Orang yang berprestasi tinggi memiliki banyak karakteristik yang membantu mereka mencapai semua yang mereka inginkan — hal ini tidak didasarkan pada keberuntungan.

Orang yang berprestasi tinggi menciptakan kehidupan yang sukses untuk diri mereka sendiri — hal itu tidak diberikan begitu saja kepada mereka.

Terserah Anda untuk membentuk kepribadian sesuai dengan gambaran di bawah ini. Tapi cobalah ambil langkah kecil dan gabungkan karakteristik berikut ke dalam hidup Anda untuk menjadi orang yang berprestasi.​

Berikut ini 15 ciri kepribadian sukses orang yang berprestasi, mengutip lifehack.org, Senin (26/2/2024):

1. Berorientasi pada Tindakan

Orang yang ingin mencapai sesuatu selalu berorientasi pada tindakan. Ketika mereka merasa pekerjaan perlu diselesaikan, mereka melakukannya tanpa terlalu banyak bertanya dan memastikan pekerjaan selesai tepat waktu.

Didorong oleh hasil dan tekad untuk selalu terus bergerak, orang-orang yang berprestasi tinggi mencoba mencari tahu semua solusi yang mungkin untuk pekerjaan mereka sebelumnya. Mereka mungkin tidak pernah bisa melakukannya dengan benar, tapi akan terus mencoba sampai berhasil.​

2. Optimis

Optimisme sangat berkaitan dengan cara Anda memandang dunia.

Bagi mereka yang berprestasi, optimisme muncul secara alami. Mereka fokus pada apa yang baik dan menawarkan imbalan yang baik. Bersikap optimis mengarah pada pola pikir yang lebih baik, yang dibutuhkan setiap orang untuk mencapai tujuan mereka.

Jika Anda selalu pesimis, Anda akan membatasi diri untuk mencapai semua yang Anda bisa. Dengan mengingat bahwa Anda bukanlah pikiran negatif dan mengambil pandangan yang lebih positif terhadap kehidupan dan segala sesuatu yang terlibat, Anda akan siap untuk mencapai apa pun.​

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Visioner

Orang yang berprestasi tinggi membuat rencana untuk tujuan jangka panjang dan fokus pada hal tersebut. Anda akan menemukan mereka bolak-balik dari masa kini ke masa depan yang direncanakan dengan cepat.

Hal ini mudah dilakukan karena rencana mereka yang disusun dengan baik. Dengan kejelasan dan fokus, Anda juga dapat membayangkan diri Anda melakukan berbagai hal dalam hidup dan berupaya mewujudkannya.

4. Berfokus pada Hasil

Meskipun setiap tindakan tidak memberikan hasil yang baik, mereka yang berprestasi akan terus berupaya mencapai titik fokus yang lebih baik. Dengan berfokus pada hal itu, Anda dapat menyederhanakan proses untuk mempermudah diri sendiri. Itulah satu-satunya cara untuk menemukan kejelasan.

Jika Anda tidak yakin dengan apa yang Anda inginkan dalam hidup, Anda akan kebingungan selama bertahun-tahun.

Orang-orang yang berprestasi tinggi mempunyai kehidupan yang baik terutama karena mereka didorong oleh hasil. Jadi, inilah saatnya untuk mulai fokus pada output yang Anda hasilkan.

5. Bebas Kekacauan

Orang-orang yang berprestasi tinggi memastikan bahwa rumah dan otak mereka bebas dari kekacauan. Tinggal di lingkungan yang berantakan menurunkan produktivitas, dan pada akhirnya memengaruhi kemampuan Anda untuk mencapai tujuan.

Jika Anda ingin menjadi orang yang berprestasi, selalu bersihkan lingkungan sekitar Anda. Dengan menjalani kehidupan yang bebas dari kekacauan, Anda merasa lebih terorganisir dan produktif.​

3 dari 4 halaman

6. Fleksibel

Ketika Anda bercita-cita mencapai hal-hal luar biasa, maka Anda harus terbuka terhadap segala macam perubahan.

Hidup Anda tidak selalu sederhana, dan Anda pasti akan mengalami banyak perubahan. Selain itu, orang yang berprestasi tinggi cukup fleksibel untuk beradaptasi dengan lingkungan apa pun.

Dengan melakukan itu, Anda dapat berupaya mencapai kesuksesan dalam kondisi apa pun yang memungkinkan.

Cobalah berbagai hal, dan uji diri Anda dalam berbagai situasi untuk menyadari bagaimana keluar dari situasi tersebut dengan tercapainya tujuan Anda.

7. Menerima

Dengan pola pikir positif, orang yang berprestasi tinggi juga memastikan bahwa mereka fokus pada masa depan. Meskipun mereka tidak melupakan suka dan duka di kehidupan masa lalu, mereka menerima segala sesuatunya dan bergerak maju.

Jika terjebak dengan pengalaman sebelumnya, Anda membiarkan kenangan menyita terlalu banyak waktu Anda.

Daripada sering meninjau kembali masa lalu, Anda harus menghadapi masalah secara langsung. Terimalah apa yang sudah terjadi, lalu lewati saja.

8. Go-Getter (Orang yang Rajin dan Giat)

Tidak ada kata berhenti bagi mereka yang berprestasi. Mereka menghadapi pertumbuhan eksponensial karena mereka tidak suka diperlambat! Berusaha meningkatkan diri dalam berbagai dimensi membantu memastikan bahwa Anda berkembang.

Pengembangan diri itu penting. Anda harus selalu belajar bagaimana melakukan itu untuk mencapai tujuan yang telah Anda tetapkan untuk diri sendiri.

9. Pencari Peluang

Jika Anda pernah bertanya-tanya bagaimana seseorang bisa naik dari hierarki tingkat bawah ke atas, itu semua karena sikap mereka terhadap peluang.

Jangan pernah meremehkan apa yang dunia tawarkan kepada Anda. Berminatlah untuk memanfaatkan peluang yang berbeda, karena Anda tidak pernah tahu apa manfaatnya bagi Anda.

Orang yang berprestasi tinggi selalu mencari peluang baru dan lebih baik untuk diri mereka sendiri, dan Anda harus mengikuti jejak mereka!

10. Kurangi Perbandingan

Dalam mencapai tujuan, sebaiknya hindari membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Melakukan hal itu hanya akan menjatuhkan Anda, bukannya membangkitkan semangat. Bagaimanapun, Anda akan merasa tidak kompeten dan tidak cukup baik.

Jangan bersaing dengan pencapaian orang lain, tetapi fokuslah pada pertumbuhan Anda. Orang-orang yang berprestasi tinggi hanya membandingkan versi diri mereka saat ini dengan versi lama dalam hal sejauh mana kemajuan mereka.​

4 dari 4 halaman

11. Disiplin

Hal penting yang menjadi fokus hampir setiap orang yang berprestasi tinggi adalah disiplin diri. Bukan berarti mereka tidak tahu cara bersenang-senang. Tapi dengan cara yang lebih seimbang.

Berlatihlah secukupnya, dan tetap disiplin. Tetapkan rutinitas harian Anda dan hindari terlalu sering membuang waktu untuk aktivitas yang tidak berguna. Jika tidak, hidup Anda bisa menjadi berantakan dalam banyak hal.

12. Keinginan untuk Belajar

Belajar adalah bagian dari kehidupan yang selalu ingin dimanfaatkan oleh orang-orang yang berprestasi tinggi. Mereka tidak pernah mengatakan tidak untuk mempelajari hal-hal baru, mengingat hal itu membantu mereka tumbuh sebagai pribadi dan memperoleh keterampilan yang berbeda.

Belajar terbukti bermanfaat bagi siapa saja yang ingin memperluas pemikirannya. Ini juga akan memungkinkan Anda untuk fokus mencapai tujuan Anda.

13. Jadi Pelaku

Salah satu masalah utama yang dihadapi orang adalah penundaan. Mereka menggunakannya sebagai alasan untuk segalanya.

Sebaliknya, orang-orang yang berprestasi tinggi tidak terpengaruh oleh anggapan ini dan melakukan pekerjaan mereka lebih awal dari orang lain.

Anda bisa menjadi pelaku dengan memutuskan tujuan untuk menjadi orang yang berprestasi. Fokus pada mengapa harus melakukan pekerjaan Anda dan temukan motivasi untuk memulai pada waktu yang tepat.

14. Termotivasi Secara Intrinsik

Dalam hal motivasi, orang yang berprestasi tinggi dimotivasi dari dalam. Mereka telah menetapkan tujuan dan memikirkan bagaimana mereka dapat mencapainya. Tidak ada orang lain yang mendorong mereka melakukan hal lain selain diri sendiri.

Temukan motivasi Anda dengan memikirkan hal-hal yang ingin dicapai. Izinkan saya menegaskan kembali: tidak ada orang yang lebih baik untuk memotivasi Anda selain diri sendiri!

Gali lebih dalam dan pikirkan tentang apa yang selalu ingin Anda lakukan dan ciptakan jalan Anda sendiri.

15. Bermanfaat

Jika Anda berasumsi bahwa orang yang berprestasi hanya bekerja untuk dirinya sendiri, Anda salah. Karena mereka fokus pada hasil, mereka unggul dalam menyediakan produk atau layanan luar biasa kepada orang lain.

Selain itu, orang yang berprestasi tinggi juga menciptakan peluang bagi orang-orang yang ingin berprestasi dalam hidup. Dengan motivasi mereka untuk berbuat lebih baik, mereka bertujuan untuk membantu orang lain dalam prosesnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.