Sukses

Presiden Filipina Beri Selamat Prabowo yang Unggul Suara Pilpres 2024, Harap Bisa Perdalam Hubungan dengan Indonesia

Presiden Ferdinand R. Marcos Jr. mengucapkan selamat kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto atas kemenangan nyatanya dalam hasil sementara pemilihan presiden (Pilpres) Indonesia.

Liputan6.com, Manila - Presiden Ferdinand R. Marcos Jr. pada hari Selasa 20 Februari 2024 mengucapkan selamat kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto atas kemenangan nyatanya dalam hasil sementara pemilihan presiden (Pilpres) Indonesia, setelah hasil awal menunjukkan kemenangan telak bagi Menteri Pertahanan tersebut.

Pasangan capres Prabowo-Gibran unggul dalam hitung cepat atau quick count Pilpres 2024, disusul pasangan capres Anies-Muhaimin dan capres Ganjar-Mahfud.   

"Saya mengucapkan selamat yang sebesar-besarnya kepada Menteri Pertahanan [Prabowo] atas keunggulannya dalam penghitungan suara terakhir untuk menjadi Presiden Indonesia berikutnya," kata Ferdinand R. Marcos Jr. dalam postingan X seperti dikutip dari pna.gov.ph, Rabu (21/2/2024).

Marcos kemudian berharap Filipina terus mempererat hubungan dengan Indonesia di bawah kepemimpinan Prabowo.

"Saya berharap dapat memperdalam hubungan bilateral [Filipina] dengan Indonesia, tetangga dekat dan mitra di ASEAN (Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara), terutama saat kita merayakan 75 tahun hubungan diplomatik pada tahun ini," katanya lagi.

Prabowo Subianto diprediksi kuat menjadi presiden Indonesia berikutnya dalam upaya ketiganya untuk menduduki jabatan tertinggi negara.

Menurut laporan, Prabowo memimpin perolehan suara pilpres 2024 setelah memperoleh 58 persen suara berdasarkan penghitungan cepat.

Hasil resmi pemilihan presiden di Indonesia akan diumumkan pada 20 Maret.

Sebagai mantan rival politik Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi), Prabowo kalah dua kali dari mantan presiden tersebut sebelum menjadi Menteri Pertahanan pada tahun 2019.

Prabowo juga merupakan mantan jenderal militer.

Sebelumnya pada bulan Januari 2024, Marcos menyatakan optimismenya bahwa penguatan hubungan Filipina dengan Indonesia akan terus berlanjut bahkan setelah masa jabatan Jokowi berakhir pada Oktober tahun 2024 ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

PM Modi Ucapkan Selamat kepada Prabowo,

Beberapa hari sebelumnya, Perdana Menteri India Narendra Modi menambah panjang daftar kepala negara atau kepala pemerintahan yang mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto.

"Selamat kepada rakyat Indonesia atas suksesnya pemilu presiden dan @Prabowo yang memimpin. Kami berharap dapat bekerja sama dengan kepresidenan baru untuk lebih memperkuat Kemitraan Strategis Komprehensif antara India dan Indonesia," tulis Modi via X alias Twitter.

Pada Minggu (18/2/2024), Prabowo juga menerima kunjungan Duta Besar China untuk Indonesia Lu Kang di kediamannya di Kertanegara, Jakarta.

 "Terima kasih Duta Besar Republik Rakyat Tiongkok H.E. Lu Kang @chinaembassy_indonesia atas ucapan selamat dan kunjungannya kepada saya di Rumah Kertanegara, Jakarta," demikian bunyi unggahan Instagram @prabowo.

Prabowo juga telah menerima kunjungan Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Dominic Jermey pada Jumat (16/2).

"Saya merasa terhormat menerima surat ucapan selamat dari Perdana Menteri Inggris H.E. Rishi Sunak @rishisunakmp yang diserahkan langsung oleh Duta Besar Inggris H.E. Dominic Jermey.

"Terima kasih saya yang paling tulus dan sepenuh hati atas kata-kata baik Anda."

3 dari 4 halaman

Prabowo Dapat Ucapan Selamat dari Putin, Begini Harapannya untuk Hubungan Rusia-Indonesia

Sementara itu, Vladimir Putin menyampaikan ucapan selamat yang tulus kepada presiden terpilih Republik Indonesia Prabowo Subianto atas kemenangannya dalam Pilpres 2024. Demikian menurut teks telegram ucapan selamat yang dipublikasikan di situs Kremlin.

"Yang terhormat Bapak Prabowo Subianto, terimalah ucapan selamat saya yang setulus-tulusnya atas kemenangan meyakinkan Anda dalam pemilu presiden. Hubungan Indonesia-Rusia dilandasi oleh tradisi persahabatan yang baik dan saling menghormati serta berhasil berkembang di berbagai bidang," ungkap presiden Rusia itu, seperti dilansir kantor berita Rusia, TASS, Sabtu (17/2/2024).

Putin menyatakan keyakinannya bahwa Prabowo sebagai kepala negara akan berkontribusi pada pengembangan lebih lanjut seluruh kerja sama Rusia-Indonesia demi kepentingan warga kedua negara dan demi kepentingan memperkuat keamanan dan stabilitas di kawasan Asia Pasifik.

"Saya mengandalkan dialog konstruktif dengan Anda dan kerja sama yang bermanfaat mengenai isu-isu aktual dalam agenda bilateral dan internasional," tutup pernyataan Putin, mendoakan presiden terpilih Indonesia sukses, sehat, dan sejahtera.

 

 

4 dari 4 halaman

Prabowo-Gibran Unggul Quick Count Pilpres 2024, Begini Ucapan Selamat Australia hingga China

Sebelumnya, mengetahui keunggulan Prabowo Subianto dalam perolehan hasil Pilpres sejumlah lembaga survei, sejumlah pemimpin dan perwakilan negara sahabat mengucapkan selamat.

Adapun sesuai Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari sampai 20 Maret 2024.

Melalui akun Instagram resmi miliknya @prabowo, Menteri Pertahanan Indonesia itu mengabarkan ucapan selamat yang ditujukan kepadanya.

"Pada pagi hari ini (Kamis 15 Februari) mendapat sambungan telfon berisi ucapan Selamat atas penghitungan hasil Pemilu yang masih berlangsung dari 5 pimpinan negara, Perdana Menteri Australia, PM @albomp, Wakil Perdana Menteri Australia, Richard Marles, Perdana Menteri Singapore, PM @leehsienloong, Perdana Menteri Malaysia, PM @anwaribrahim_my, Presiden Srilanka, Ranil Wickremesinghe," tulis @prabowo.

"Alhamdulillah, kita wajib bersyukur dan terus mengawal hasil resmi KPU," imbuh Prabowo dalam postingannya.

Ucapan selamat untuk Prabowo juga datang dari Perdana Menteri Ceko Petr Fiala. Melalui akun X @P_Fiala ia menyampaikan selamat kepada sang mantan jenderal RI.

"Congratulations to H.E. @prabowo Subianto for winning the 2024 Indonesian Presidential Elections," tulis @P_Fiala.

Dalam ucapan selamat tersebut, PM Petr Fiala mengingat kunjungannya ke Indonesia setahun yang lalu. "Izinkan saya mendoakan transisi yang lancar sekaligus menyatakan kesiapan kami untuk memperkuat hubungan bilateral antara kedua negara," ucapnya di X.

Selengkapnya di sini...

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.