Sukses

Prabowo-Gibran Unggul Quick Count Pilpres 2024, Begini Ucapan Selamat Australia hingga China

Mengetahui keunggulan Prabowo Subianto dalam perolehan hasil Pilpres 2024 sejumlah lembaga survei, sejumlah pemimpin dan perwakilan negara sahabat mengucapkan selamat dan menyatakan siap bekerja sama dengan pemerintahan baru Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto unggul di Pilpres 2024 versi Quick Count atau hitung cepat.

Menurut Quick Count Pemilu 2024 dengan total suara masuk 99.20% diperbarui pada 15 Februari 2024 pukul 18:11, pasangan Prabowo - Gibran unggul mengantongi suara 58.03%. Posisi kedua ditempati oleh pasangan Anies - Muhaimin dengan 25.36%, dan terakhir Ganjar - Mahfud mendapat 16.61%.

Mengetahui keunggulan Prabowo Subianto dalam perolehan hasil Pilpres sejumlah lembaga survei, sejumlah pemimpin dan perwakilan negara sahabat mengucapkan selamat.

Adapun sesuai Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari sampai 20 Maret 2024.

Melalui akun Instagram resmi miliknya @prabowo, Menteri Pertahanan Indonesia itu mengabarkan ucapan selamat yang ditujukan kepadanya.

"Pada pagi hari ini (Kamis 15 Februari) mendapat sambungan telfon berisi ucapan Selamat atas penghitungan hasil Pemilu yang masih berlangsung dari 5 pimpinan negara, Perdana Menteri Australia, PM @albomp, Wakil Perdana Menteri Australia, Richard Marles, Perdana Menteri Singapore, PM @leehsienloong, Perdana Menteri Malaysia, PM @anwaribrahim_my, Presiden Srilanka, Ranil Wickremesinghe," tulis @prabowo.

"Alhamdulillah, kita wajib bersyukur dan terus mengawal hasil resmi KPU," imbuh Prabowo dalam postingannya.

Ucapan selamat untuk Prabowo juga datang dari Perdana Menteri Ceko Petr Fiala. Melalui akun X @P_Fiala ia menyampaikan selamat kepada sang mantan jenderal RI.

"Congratulations to H.E. @prabowo Subianto for winning the 2024 Indonesian Presidential Elections," tulis @P_Fiala.

Dalam ucapan selamat tersebut, PM Petr Fiala mengingat kunjungannya ke Indonesia setahun yang lalu. "Izinkan saya mendoakan transisi yang lancar sekaligus menyatakan kesiapan kami untuk memperkuat hubungan bilateral antara kedua negara," ucapnya di X.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Selamat dari PM Belanda

Perdana Menteri Belanda Mark Rutte juga turut serta memberi ucapan selamat kepada Prabowo Subianto yang mengungguli kedua pasangan capres-cawapres.

"Saya baru saja mengucapkan selamat @Prabowo Subianto menyusul proyeksi hasil pemilu di Indonesia kemarin. Saya berharap dapat terus mengembangkan persahabatan dan ikatan yang kuat antara kedua negara kita," tulis @MinPres di akun X sekitar 12 jam yang lalu.

Sementara itu, pemerintah Amerika Serikat (AS) menyatakan tengah menantikan siapa yang akan resmi terpilih menjadi Presiden Indonesia 2024, seraya berkomitmen untuk terus menjalin kerja sama dan hubungan bilateral dengan Indonesia.

"Kami mengucapkan selamat kepada rakyat Indonesia atas partisipasi yang tinggi dalam pemilu kemarin. Kami menantikan pengumuman Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengenai hasil resmi pemilu 2024," ungkap Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS Matthew Miller, dalam pernyataan resmi yang diterima Liputan6.com, Kamis (15/2).

"Kami berharap dapat bekerja sama dengan Presiden terpilih untuk mewujudkan prioritas bersama...., termasuk mengatasi perubahan iklim, memastikan kawasan Indo-Pasifik yang makmur dan aman, dan menjaga stabilitas internasional," lanjut .

"Bersama dengan pemerintahan baru Indonesia, kita akan bekerja untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik bagi warga negara kita dan mengatasi tantangan paling mendesak di abad ke-21," imbuh Miller.

3 dari 4 halaman

China Siap Bekerja Sama dengan Pemerintahan Baru Indonesia

Sementara itu, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China mengatakan pada Kamis (15/2) bahwa mereka siap bekerja sama dengan pemerintahan baru Indonesia. Pernyataan tersebut disampaikan menanggapi pemilihan presiden dan pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka yang untuk sementara memimpin hasil penghitungan cepat.

"China ingin melanjutkan kerja sama dengan Indonesia untuk membangun relasi yang memiliki rasa saling percaya," kata pernyataan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China dalam pernyataan tertulis saat dikonfirmasi Antara di Beijing, China pada Kamis (15/2).

China menyebut Indonesia sebagai tetangga karib.

"Dan kami senang pemilu di Indonesia terselenggara dengan lancar. China sangat menjaga hubungan baik dengan Indonesia," tambahnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, hubungan China-Indonesia juga telah mempertahankan momentum yang kuat dan membuka babak baru untuk bersama-sama membangun komunitas dengan masa depan bersama.

"China akan terus memperdalam kerja sama strategis secara menyeluruh dan mendorong hubungan China-Indonesia yang sehat dan stabil dalam jangka panjang dengan tema utama membangun komunitas yang memiliki masa depan bersama sehingga dapat menciptakan manfaat bagi kedua masyarakat," kata pernyataan itu.

 

4 dari 4 halaman

Daftar Negara yang Memberi Selamat

Sejauh ini, terpantau sudah ada tujuh negara memberi ucapan selamat kepada Prabowo maupun perihal perhitungan sementara hasil Pilpres 2024. Berikut di antaranya:

  1. Australia: dari Perdana Menteri Australia Anthony Albanese dan Wakil Perdana Menteri Australia Richard Marles
  2. Singapura: dari Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong
  3. Malaysia: dari Perdana Menteri Anwar Ibrahim
  4. Srl Lanka: dari Presiden Ranil Wickremesinghe
  5. Ceko: dari PM Petr Fiala
  6. Amerika Serikat (AS): Juru Bicara Departemen Luar Negeri Matthew Miller
  7. China: Juru Bicara Kementerian Luar Negeri

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini