Sukses

Kedinginan, Ular Ini Masuk Rumah Warga di Kanada

Liputan6.com, Okanagan - Seekor ular ditemukan di dalam rumah warga saat musim dingin sedang melanda British Columbia, Kanada.

Pakar satwa liar di British Columbia kemudian merawat seekor ular gopher great basin yang lebih memilih untuk masuk ke rumah masyarakat, alih-alih tidur selama musim dingin atau brumasi. 

Melansir dari Upi.com, Minggu (11/2/2024), pihak Interior Wildlife Rehabilitation menyatakan bahwa ular tersebut memang asli dari daerah itu dan ditemukan dalam keadaan aktif di sebuah rumah di Okanagan, Kanada.

Pusat rehabilitasi mengatakan ular itu akan dilepaskan ke luar dekat tempat ia ditemukan setelah suhu cukup hangat untuk bertahan hidup.

Eva Hartmann, pendiri organisasi tersebut, mengatakan pusat rehabilitasi harus mendapatkan izin khusus dari otoritas provinsi tersebut untuk merawat ular itu, karena ular gopher great basin dianggap sebagai spesies yang terancam.

"Jika populasi ular lokal kita terus terancam oleh tekanan manusia (pembangunan perkotaan, pertanian, kendaraan), mereka bisa menghadapi kepunahan dan hilang dari kawasan ini selamanya,” ujar Eva mengutip dari vernonmoningstar.com 

Ada tujuh spesies ular yang menghuni Okanagan.

"Orang-orang yang memanfaatkan kesempatan ini untuk lebih memahami ular menganggap ular sebagai hewan yang menarik," katanya lagi. 

Kejadian serupa juga terjadi di depot rumah di Kapolei, Honolulu, Hawaii.

Departemen Kepolisian Honolulu yang menerima panggilan 911 dari karyawan di sebuah toko sekitar pukul 11 ​​​​malam yang menemukan seekor ular gopher yang berada di kontainer pengiriman barang. 

Ular tersebut berukuran panjang sekitar 21 inci atau sekitar 53 cm, dan telah diidentifikasi oleh para ahli reptil sebagai ular gopher remaja yang tidak berbisa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ular Gopher

Ular dengan nama ilmiah Pituophis catenifer adalah spesies ular colubrid tidak berbisa yang berasal di Amerika Utara.

Ular ini sering disalahartikan dengan ular derik, namun dengan mudah ular gopher ini bisa dibedakan dari ular derik karena tidak adanya garis hitam putih di ekornya, dan dari bentuk kepalanya yang lebih kecil dibandingkan ular derik.

Ular Gopher ini bisa ditemukan di berbagai habitat termasuk padang rumput, hutan, halaman belakang rumah, kebun, dan lahan pertanian.

Nama umum untuk spesies ini, atau beberapa subspesiesnya, adalah:

  • Ular gopher pasifik
  • Ular Henry
  • Ular gopher pantai
  • Ular banteng
  • Ular banteng churchill
  • Ular banteng oregon
  • Ular pinus pasifik
  • Ular banteng barat
  • Ular gopher barat
  • Ular gopher sonoran
  • Ular pinus barat
  • Ular gopher baskom
  • Ular tiup, dan
  • Ular gopher kuning.

Ular jenis ini biasanya aktif ketika siang hari, namun tidak menutup kemungkinan bahwa mereka juga akan beraktifitas di malam hari ketika cuaca sedang hangat.

Ular Gopher bisa hidup selama 12 hingga 15 tahun di alam liar, bahkan bisa mencapai usia 33 tahun di penakaran.

3 dari 4 halaman

Ular Gopher di Kontainer

Seekor ular gopher hidup yang tidak berbisa ditemukan di dalam kontainer pengiriman di Moloka'i, Hawaii. Reptil itu disebutkan memiliki ukuran 20 inci atau sekitar 50,8 sentimeter. 

Laporan hawaiipublicradio.org yang dikutip Kamis (1/2/2024), menyebut bahwa ular itu ditemukan oleh seorang karyawan di sebuah toko perangkat keras di Kaunankakai saat sedang menurunkan kontainer dari California. 

Ketika polisi tiba, dengan segera polisi tersebut membunuh ular itu menggunakan pistol pellet.

Kemudian, Departemen Pertanian Hawaii melakukan penggeledahan di sekitar kontainer, gudang, dan tiga toko yang berada di kawasan yang sama. Beruntung mereka tidak menemukan adanya indikasi ular lainnya.

Ular gopher ini biasanya ditemukan di Amerika bagian Utara dan dapat tumbuh hingga sekitar 213,36 cm.

Biasanya mereka akan memakan hewan pengerat dengan ukuran kecil, seperti kelinci, kadal, burung, ataupun telurnya. 

Mereka akan membunuh mangsanya dengan cara dililit hingga mati lemas karena tidak bisa bernafas.

4 dari 4 halaman

Karakteristik Ular Gopher

Melansir dari Lindsay Wildlife Experience, Rabu (7/2/2024), sama seperti ular pada umumnya, ular gopher adalah tipe karnivora yang membunuh mangsanya dengan cara melilit hingga kehabisan nafas.

Selain itu menurut Washington Departemen of Fish and Wild Life, banyak orang yang salah mengira bahwa ular gopher adalah ular yang berbisa dan kemudian membunuh mereka.

Ular ini sangat mudah untuk ditemukan di jalan raya pada musim panas, mereka biasanya ditemukan sedang "berjemur' di jalan pada sore hari.

Hal ini yang menyebabkan terkadang mereka sangat rentan terbunuh oleh kendaraan. 

Saat didekati, mereka cenderung mempertahankan tubuhnya dengan membuat posisi melingkar daripada harus lari ke pinggir jalan.

Status konservasi untuk ular gopher ini terhitung aman, berdasarkan asumsi bahwa ular ini secara umum bisa ditemukan. 

Walaupun sering diduga sebagai ular yang berbisa, nyatanya ular gopher ini tidak agresif dan tidak berbahaya bagi manusia. 

Umumnya ular ini akan melakukan perkawinan di musi semi dan bersifat ovipar, mereka bertelur 3-9 telur di musim panas dan kemudian akan menetas setelah 2 atau 2,5 bulan kemudian.

Di daerah dengan cuaca yang dingin, ular-ular ini bisa bertahan hidup meskipun tanpa makanan. 

Baca selengkapnya di sini... 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.