Sukses

4 Februari 2000: Debut Game The Sims di Amerika Utara

Setelah lebih dari dua dekade dirilis, "The Sims" tetap menjadi salah satu game PC terlaris sepanjang masa.

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini tepat 24 tahun silam, salah satu game legendaris "The Sims" diluncurkan di Amerika Utara. Electronic Arts disebut tidak punya harapan tinggi atas game simulasi aktivitas sehari-hari dalam rumah tangga hasil buatan Will Wright ini, namun tidak disangka "The Sims" berhasil bertahan sangat populer lebih dari dua dekade kemudian.

"SimCity", yang dirilis pada tahun 1989, adalah cikal bakal dari "The Sims". Dikutip dari History, Wright mulai menggarap "The Sims" pasca kesuksesan "SimCity" dan kehilangan rumahnya dalam kebakaran mematikan di Oakland pada tahun 1991.

Pengalaman Wright dalam menemukan rumah baru dan mengisinya memengaruhi game yang dibuatnya. Inspirasi juga datang dari buku desain perkotaan karya Christopher Alexander yang bertajuk "A Pattern Language".

Sebagai seorang yang skeptis terhadap konsumerisme, Wright tidak ketinggalan memasukkan sejumlah kritik terselubung terhadap budaya konsumen dalam "The Sims" dan penerusnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Salah Satu Game PC Terlaris Sepanjang Masa

Dari rancangan semula yang memungkinkan pemain bereksperimen dengan mendesain rumah, tim produksi kemudian menjadi semakin tertarik untuk memodelkan perilaku dan hubungan manusia.

Hasilnya adalah permainan gaya "kotak pasir" terbuka yang meniru kehidupan nyata: Pemain mengontrol setiap aspek kehidupan untuk Sim atau keluarga Sim, tanpa tujuan akhir, melainkan serangkaian tugas tanpa akhir yang harus diselesaikan agar kehidupan Sim terus berjalan.

"The Sims" hanya bisa berakhir jika setiap Sim di rumah tersebut meninggal karena kecelakaan — penuaan dan kematian karena sebab alami tidak muncul hingga The Sims 2.

Kontrol yang luar biasa dan kurangnya akhir membuat game ini dapat dimainkan tanpa henti, sebuah resep kesuksesan di industri game.

Ketika "The Sims" dirilis untuk PC, game ini hit, menjadi game komputer terlaris pada tahun 2000 dan 2001. Kini, setelah lebih dari dua dekade dirilis, "The Sims" tetap menjadi salah satu game PC terlaris sepanjang masa.

3 dari 3 halaman

AS Punya Presiden Pertama

Peristiwa bersejarah lainnya yang terjadi pada 4 Februari adalah George Washington terpilih sebagai presiden pertama Amerika Serikat (AS), tepatnya pada tahun 1789. Washington resmi menjabat pada 30 April 1789.

Pada 4 Februari 2003, Yugoslavia resmi berganti nama menjadi Serbia dan Montenegro.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini