Sukses

Alasan Ahli Kesehatan Dunia Mulai Khawatir Jika Penyakit X Benar-Benar Muncul

Liputan6.com, Jakarta - Otoritas kesehatan di seluruh dunia masih bergulat dengan efek yang dirasakan dari pandemi COVID-19 dan berusaha menentukan cara terbaik untuk mencegah pandemi baru.

Banyak peneliti mulai memprediksi akan ada ancaman berikutnya yang dapat menyebabkan penyakit massal di seluruh dunia, dan itu adalah "Penyakit X”.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada tahun 2022 memaparkan ancaman dan masalah tersebut.

"Penyakit X menunjukkan patogen yang tidak diketahui yang dapat menyebabkan epidemi internasional yang serius," dikutip dari Independent.co.uk, Kamis (25/1/2024).

Mengingat apa yang dialami dunia ketika COVID-19 muncul, penting bagi para ahli dan ilmuwan penyakit menular untuk terus memantau ancaman baru, kata Thomas Russo, MD, pakar penyakit menular di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Biomedis Universitas Buffalo Jacobs, kepada The Independent.

"Konsep Penyakit X ini adalah salah satu pembelajaran yang kami peroleh dari pandemi COVID-19,” kata Dr Russo.

"Ketika umat manusia meminimalisir hambatan-hambatan penyebaran penyakit baru, seperti contoh antara manusia dan spesies lain melalui pasar hewan hidup dan penggundulan hutan. Kita juga perlu melakukan pengawasan dan penelitian yang berkelanjutan serta peningkatan biosekuriti di seluruh dunia.”

Kontak dekat dengan satwa liar akan menciptakan keadaan di mana virus yang sebelumnya hanya menyerang hewan akan mulai membuat manusia sakit, jelasnya.

Para ilmuwan belum mengetahui jenis virus apa yang mungkin menyebabkan pandemi berikutnya. Dengan kata lain, penyakit apa yang akan ditimbulkan oleh Penyakit X.

Banyak orang mengira itu bisa jadi virus corona, seperti SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan penyakit Covid-19 atau jenis influenza baru, kata Dr Russo.

"Tapi itu mungkin baru,” tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kapan Penyakit X Akan Muncul?

Tidak ada cara untuk mengetahui kapan Penyakit X akan muncul, dan kita juga tidak dapat menebak seberapa mematikan penyakit tersebut, kata Dr Russo.

Namun mengingat apa yang dialami dunia pada tahun 2020 dan 2021 sebelum vaksin Covid-19 didistribusikan secara luas, sangatlah penting untuk tetap waspada terhadap penyakit-penyakit mengkhawatirkan yang muncul.

“Kapan pun kita mengalami krisis, kita akan mengerahkan sumber daya, energi, dan perhatian ke dalamnya,” kata Dr Russo.

“Dan kemudian krisis itu mulai mereda. Kami akan memastikan hal ini tidak terjadi lagi, tapi kemudian, mau tidak mau, kami lengah,” katanya.

Untuk mengurangi dampak buruk yang ditimbulkan oleh Penyakit X, para pejabat dan pembuat kebijakan harus tetap fokus dalam mencegah pandemi berikutnya.

“Kita perlu melanjutkan penelitian dan pendanaan biomedis dan menjaga hal tersebut tetap berjalan dalam hal biologi yang kita sebut agen prototipikal,” kata Dr Russo.

3 dari 3 halaman

Butuh Kesadaran Masyarakat Jaga Kesehatan

 

“Kebanyakan orang sekarang menyadari bahwa ada kemungkinan [pandemi lain], tapi tidak banyak yang bisa mereka lakukan untuk mengatasinya,” katanya.

Namun, ada baiknya kita berupaya meningkatkan kesehatan sehingga ketika pandemi berikutnya menyerang, kita bisa bersiap sebaik mungkin.

Selain itu, masyarakat harus memantau berita dan memperhatikan saran yang diberikan oleh otoritas kesehatan terkemuka.

“Masyarakat perlu mengikuti informasi kesehatan yang dapat dipercaya,” kata Dr Russo.

Hal ini termasuk mengikuti panduan dan protokol yang ditetapkan oleh lembaga seperti Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.