Sukses

Tolak Tuduhan Genosida Gaza di Mahkamah Internasional, Israel: Kami Lawan Hamas Bukan Rakyat Palestina

Israel pada hari Jumat (12 Januari 2024) menolak tuduhan "sangat menyimpang" yang diajukan oleh Afrika Selatan di pengadilan tinggi PBB, International Court of Justice (ICJ) atau Mahkamah Internasional bahwa operasi militernya di Gaza adalah kampanye genosida yang dipimpin negara terhadap penduduk Palestina.

Liputan6.com, Den Haag - Israel pada hari Jumat (12 Januari 2024) menolak tuduhan "sangat menyimpang" yang diajukan oleh Afrika Selatan di pengadilan tinggi PBB, bahwa operasi militernya di Gaza adalah kampanye genosida yang dipimpin negara terhadap penduduk Palestina.

Laporan Channel News Asia, Jumat (12/1/2024) menyebut Israel meminta para hakim untuk menolak permintaan Afrika Selatan untuk menghentikan serangan di Gaza, dan mengatakan bahwa Israel akan membiarkan negara tersebut tidak berdaya.

Afrika Selatan, yang mengajukan gugatan ke International Court of Justice (ICJ) atau Mahkamah Internasional pada Desember 2023, meminta hakim pada hari Kamis (11/1) untuk menerapkan tindakan darurat yang memerintahkan Israel untuk segera menghentikan serangan tersebut.

Dikatakan bahwa serangan udara dan darat Israel – yang menurut otoritas kesehatan Gaza telah menghancurkan sebagian besar wilayah kantong pantai yang sempit dan menewaskan lebih dari 23.000 orang – bertujuan untuk menimbulkan "kehancuran penduduk" di Gaza.

Penafsiran Afrika Selatan atas peristiwa tersebut "sangat terdistorsi", kata penasihat hukum Kementerian Luar Negeri Israel, Tal Becker, di Mahkamah Internasional.

"Jika ada tindakan genosida, maka tindakan tersebut dilakukan terhadap Israel," dan menambahkan: “Hamas berupaya melakukan genosida terhadap Israel."

Israel melancarkan perang habis-habisan di Gaza setelah terjadi serangan lintas batas pada 7 Oktober oleh militan Hamas, yang bersumpah akan menghancurkan Israel. Pejabat Israel mengatakan 1.200 orang tewas, sebagian besar warga sipil, dan 240 orang disandera saat kembali ke Gaza.

"Penderitaan mengerikan yang dialami warga sipil, baik Israel maupun Palestina, adalah akibat dari strategi Hamas," kata Becker, seraya menambahkan bahwa Israel mempunyai hak untuk membela diri. Hamas membantah tuduhan Israel bahwa militannya bersembunyi di antara warga sipil.

“Israel berada dalam perang pertahanan melawan Hamas, bukan melawan rakyat Palestina, untuk memastikan bahwa mereka tidak berhasil," kata Becker, menambahkan: "Komponen kunci dari genosida, niat untuk menghancurkan suatu bangsa secara keseluruhan atau sebagian, benar-benar kurang".

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Israel: Afrika Selatan Bertindak Sebagai Corong Hamas

 

Adapun para pendukung Palestina yang membawa bendera berbaris melalui Den Haag dan berencana untuk menyaksikan proses tersebut di layar raksasa di depan Peace Palace (Istana Perdamaian). Saat penasihat hukum Kementerian Luar Negeri Israel, Tal Becker, di Mahkamah Internasional berbicara, mereka meneriakkan: "Pembohong! Pembohong!"

Sementara itu, para pendukung Israel mengadakan pertemuan terpisah yang dihadiri oleh anggota keluarga sandera yang disandera oleh Hamas.

Dengan meminta pengadilan memerintahkan penghentian operasi militer di Gaza, "pemohon berupaya menggagalkan hak yang melekat pada Israel untuk mempertahankan diri... dan membuat Israel tidak berdaya," kata Becker.

"Permohonan dan permintaan (oleh Afrika Selatan) harus ditolak karena merupakan pencemaran nama baik," kata Becker.

Israel mengatakan Afrika Selatan bertindak sebagai corong kelompok Hamas, yang secara luas dianggap sebagai kelompok teroris di Barat. Afrika Selatan menolak tuduhan itu.

 

3 dari 4 halaman

Keputusan ICJ Bersifat Final dan Tanpa Banding

Keputusan ICJ bersifat final dan tanpa banding - namun pengadilan tidak mempunyai cara untuk menegakkan keputusan tersebut.

Konvensi Genosida tahun 1948, yang disahkan setelah pembunuhan massal orang-orang Yahudi dalam Holocaust Nazi, mendefinisikan genosida sebagai "tindakan yang dilakukan dengan maksud untuk menghancurkan, secara keseluruhan atau sebagian, suatu kelompok nasional, etnis, ras atau agama".

Sejak pasukan Israel melancarkan serangannya, hampir seluruh dari 2,3 juta penduduk Gaza telah diusir dari rumah mereka setidaknya satu kali, sehingga menyebabkan bencana kemanusiaan.

Afrika Selatan pasca-apartheid telah lama mendukung perjuangan Palestina, sebuah hubungan yang terjalin ketika perjuangan Kongres Nasional Afrika melawan pemerintahan minoritas kulit putih mendapat dukungan dari Organisasi Pembebasan Palestina pimpinan Yasser Arafat.

Pengadilan diperkirakan akan mengambil keputusan mengenai kemungkinan tindakan darurat pada akhir bulan ini, namun tidak akan memutuskan pada saat itu mengenai tuduhan genosida – prosesnya bisa memakan waktu bertahun-tahun.​

4 dari 4 halaman

Israel Serang Gaza Tewaskan 151 Warga Termasuk 11 Orang di Satu Rumah, Total Korban Meninggal Kini 23.708

Di hari yang sama dengan sidang di atas, serangan terbaru Israel di Gaza dilaporkan menewaskan sedikitnya 151 orang, termasuk 11 orang dalam satu rumah, kata pejabat kesehatan Palestina pada 12 Januari 2024, sementara kantor kemanusiaan PBB menuduh Israel menghalangi upayanya untuk mengirim bantuan ke utara.

Pejabat kesehatan Gaza mengatakan 11 orang tewas akibat satu serangan udara sekitar fajar di sebuah rumah di Deir Al-Balah milik keluarga Fayad, sebuah nama terkemuka di kota tersebut.

Israel mengatakan pihaknya tidak dapat berkomentar tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Laporan Straits Times menyebut bahwa warga melaporkan berlanjutnya tembakan udara dan darat di seluruh wilayah Israel, yang mendapat tekanan untuk membatasi jumlah korban sipil dalam perang melawan militan Hamas yang menyerang Israel selatan pada 7 Oktober.

Pemerintah Israel mengatakan pihaknya melakukan upaya besar untuk melindungi warga sipil, dan menuduh Hamas sengaja menggunakan mereka sebagai tameng manusia dan mengalihkan bantuan, tuduhan yang dibantah oleh militan.

Sebelumnya dikatakan bahwa pasukan Israel telah membunuh puluhan militan di dekat Maghazi dan di kota Khan Younis di selatan. Sayap bersenjata Hamas dan sesama kelompok Islam Jihad Islam masing-masing mengatakan anggota mereka telah menyerang tank dan buldoser Israel dengan roket anti-tank di beberapa wilayah tempat Israel beroperasi.

Sementara petugas medis Palestina mengatakan seorang warga Palestina lainnya tewas dan beberapa lainnya terluka dalam serangan Israel, yang menargetkan sekelompok orang di jalan utama antara wilayah tengah dan selatan Gaza.

Selengkapnya klik di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.