Sukses

Perempuan Misterius Pakai Ponsel Tahun 1938, Penjelajah Waktu?

Terlihat dalam sebuah film hitam-putih, seorang perempuan mengenakan gaun bergaya era 1930-an, berjalan di kerumunan, bersama orang-orang memakai pakaian dengan mode serupa. Rekaman itu diklaim diambil di sebuah pabrik milik raksasa industri AS, Dupont, di tahun 1938.

Ia terlihat bicara sendiri, tangan kanannya terangkat, sebuah benda menempel di telinganya. Saat ia menurunkan tangannya, terlihat jelas perangkat yang ia gunakan memiliki ukuran dan bentuk mirip ponsel era modern.

Aksi perempuan misterius itu terekam dalam cuplikan film hitam putih dari tahun 1930-an. Judulnya, "Time traveler in 1938 film" -- penjelajah waktu dalam film tahun 1938. Videonya yang diunggah di situs YouTube sudah ditonton lebih dari 300 ribu kali.

Teori konspirasi pun berkembang liar. Ada yang menganggapnya sebagai bukti keberadaan penjelajah waktu yang kembali ke masa lalu. Yang terpergok menggunakan teknologi canggih yang baru ditemukan bertahun-tahun, bahkan puluhan tahun kemudian.

Namun, misteri itu mungkin terpecahkan setelah seorang pengguna YouTube muncul dan mengklaim, perempuan dalam rekaman tersebut adalah nenek buyutnya. "Perempuan yang Anda lihat mungkin nenek buyut saya, Gertrude Jones," kata pengguna beridentitas "Planetcheck" seperti dimuat Daily Mail (31/3/2013).

"Saat itu ia berusia 17 tahun. Saat aku menanyakan soal video itu, ia masih ingat dengan jelas. Kata dia, Dupont punya bagian komunikasi telepon."

Planetcheck mengatakan, neneknya memang menggunakan perangkat selular, namun baru semacam prototipe yang dikembangkan perusahaan komunikasi di Leominster, Massachusetts.

"Mereka sedang menguji telepon nirkabel.  Gertrude dan lima perempuan lainnya diberi perangkat nirkabel itu untuk uji coba selama seminggu," kata "Planetcheck". "Gertrude sedang bicara dengan seorang ilmuwan yang juga menggunakan perangkat nirkabel yang sama."

Sejauh ini belum ada verifikasi independen dari para ahli atau sumber resmi. Namun, pengguna YouTube yang lain mengklaim dia tahu orang lain yang bekerja di pabrik Dupont dan akan membuat pernyataan lebih lanjut.

Bukti Lain "Penjelajah Waktu"

Adegan serupa sebelumnya juga muncul dalam  promosi film bintang tenar, Charlie Chaplin pada tahun 1928. Yang bikin heboh tahun 2010 lalu. Yang menunjukkan seorang perempuan seperti menggunakan telepon genggam.

Adegan membingungkan ini terekam dalam bagian tambahan Film 'Chaplins Charlie The Circus'  yang dipertunjukkan pada publik di Manns Chinese Theatre di Hollywood.

Beberapa penonton berpendapat, ini adalah tanda-tanda schizophrenia -- perempuan itu menutup wajahnya dan berbicara pada dirinya sendiri.

Ada lagi yang mengira, ini bisa dijelaskan secara sederhana, perempuan itu menutupi wajahnya agar tak tersorot kamera dan berkata sesuatu. Dan lebih banyak lagi yang berspekulasi: dia adalah penjelajah waktu.

Sejarah teknologi mencatat, perangkat pertama yang dapat disamakan dengan telepon selular adalah 'Walkie-Talkie' Motorola yang dikembangkan tahun 1940-an -- lebih dari satu dekade setelah film bisu Chaplin. Ukurannya, sebesar lengan pria dewasa.

Sementara telepon portabel, atau telepon selular belum muncul sampai akhir tahun 1980-an. Ukuran ponsel generasi awal terlalu besar untuk disembunyikan di telapak tangan.

"Bukti lain" dari penjelajah waktu yang bertualang di masa lalu, arkeolog di China menggali sepotong kecil logam dari sebuah makam kuno di Shangsi, bentuknya mirip replika jam tangan Swiss modern, dengan waktu yang membeku, pukul  10.06. (Ein)


    Loading