Sukses

4 Potret dan Fakta Pangeran Christian, Putra Sulung Pangeran Frederik dan Putri Mary yang Jadi Pewaris Takhta Kerajaan Denmark

Setelah Ratu Margrethe II mengumumkan untuk turun takhta setelah 52 tahun berkuasa, itu artinya nama Pangeran Christian berada di garis suksesi selanjutnya setelah sang ayah.

Liputan6.com, Kopenhagen - Usai Ratu Denmark Margrethe II mengumumkan bahwa ia akan mewariskan takhta ke putra sulungnya, Putra Mahkota Frederik, satu hal yang menjadi sorotan adalah siapa pewaris takhta selanjutnya. Jawabannya adalah putra sulung pasangan Pangeran Frederik dan Putri Mary: Pangeran Christian.

Pangeran yang baru berusia 18 tahun ini kerap disorot karena pesona dan ketampanannya, yang jelas mewarisi wajah sang ayah.

Setelah Ratu Margrethe II mengumumkan untuk turun takhta setelah 52 tahun berkuasa, itu artinya nama Pangeran Christian berada di garis suksesi selanjutnya setelah sang ayah.

Dilansir dari laman Womens Weekly, Selasa (2/2/2024), berikut adalah sejumlah fakta soal Pangeran Christian:

1. Kelahiran Tahun 2005

Anak pertama Pangeran Frederik dan Putri Mary, Pangeran Christian Valdemar Henri John lahir pada tanggal 15 Oktober 2005.

Mary melahirkan sebelum jam 2 pagi di Rigshospitalet, Rumah Sakit Universitas Kopenhagen, Denmark.

Dalam beberapa hari pertama, Christian menderita penyakit kuning neonatal yang membuat kulitnya sedikit menguning.

Kondisi ini cukup umum dan biasanya tidak berbahaya, namun ia diperiksa oleh dokter dan mendapat perawatan ringan sebelum sembuh total.

Sebagai pewaris kerajaan Denmark pertama yang lahir sejak ayahnya pada tahun 1968, ada banyak perayaan di seluruh Denmark – dan beberapa di Australia – ketika Christian lahir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Diberi Nama Berdasarkan Tradisi

Frederik dan Mary mengikuti tradisi kerajaan saat memberi nama putra pertama mereka itu.

Di Denmark, setiap raja berganti nama antara Frederik dan Christian, artinya anak laki-laki yang lahir dari Putra Mahkota Frederik akan bernama Christian.

Jika Pangeran Christian tumbuh besar dan memiliki seorang putra, dia dapat memilih untuk melanjutkan tradisi tersebut dan menamai anaknya Frederik.

3 dari 4 halaman

3. Pewaris Kerajaan Denmark Pertama yang Bersekolah di Preschool dan Sekolah Negeri

Mary dan Frederik memilih untuk tidak mengikuti tradisi kerajaan Denmark ketika mereka memutuskan untuk mendaftarkan putra mereka ke prasekolah pada tahun 2007.

Maka dari itu, Pangeran Christian menjadi pewaris kerajaan Denmark pertama yang bersekolah di preschool dan kemudian mendobrak lebih banyak tradisi ketika dia melanjutkan pendidikannya pda tahun 2011.

Pada tahun itu, Christian menjadi anggota kerajaan Denmark pertama yang bersekolah di sekolah negeri, Tranegårdskolen di Hellerup, dan saudara-saudaranya pun mengikuti jejaknya pada tahun-tahun berikutnya.

Pada awal tahun 2020, keempat anak kerajaan tersebut memulai program yang seharusnya berlangsung selama 12 minggu di Sekolah Internasional Lemania-Verbier di Swiss.

Namun, hanya beberapa minggu setelah masa studi mereka, pandemi virus corona melanda dan orang tua mereka segera menarik mereka dan kembali ke Denmark.

Saat ini, Christian berada di tahun terakhir pendidikannya di Sekolah Herlufsholm di Næstved, di mana dia tinggal bersama siswa lain dan diperkirakan akan lulus pada Mei 2024.

4 dari 4 halaman

4. Berada di Garis Suksesi Pewaris Takhta

Ketika sang nenek mewariskan takhta kepada ayahnya, Pangeran Christian secara otomatis berada di garis suksesi selanjutnya. Ia pun tentunya telah dipersiapkan untuk memimpin Kerajaan Denmark.

Adik perempuannya, Putri Isabella, saat ini berada di urutan kedua pewaris takhta setelah Christian. Namun ketika ia memiliki anak, nama Putri Isabella akan bergeser.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.