Sukses

5 Fakta COVID-19 Varian JN.1 yang Mulai Masuk ke Indonesia

Varian baru penyebab COVID-19 semakin meluar di Amerika Serikat saat musim dingin mendekati puncaknya. Bahkan di Indonesia, varian ini telah dilaporkan masuk.

Liputan6.com, Jakarta - Varian baru penyebab COVID-19 semakin meluar di Amerika Serikat saat musim dingin mendekati puncaknya. Bahkan di Indonesia, varian ini telah dilaporkan masuk.

Ini adalah varian JN.1 yang merupakan keturunan dari Omicron. JN.1 pertama kali terdeteksi di AS pada September 2023 tetapi menyebar dengan lambat pada awalnya.

Namun, dalam beberapa minggu terakhir, persentase sampel uji yang diurutkan oleh laboratorium yang berafiliasi dengan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS semakin meningkat, melebihi 20% selama periode dua minggu yang berakhir pada 9 Desember 2023.

Virus ini akan bertanggung jawab atas setidaknya setengah dari infeksi baru di AS sebelum Desember berakhir

Inilah sejumlah fakta tentang varian JN.1 dikutip dari laman Time, Selasa (19/12/2023):

1. JN.1 Lebih Menular?

JN.1 terkait erat dengan BA.2.86, sejenis keturunan Omicron yang pertama kali muncul di AS pada musim panas lalu.

Kedua varian tersebut hampir identik, menurut CDC, kecuali satu perbedaan pada protein lonjakannya, yaitu bagian dari virus yang memungkinkannya menyerang sel manusia.

Fakta bahwa JN.1 bertanggung jawab atas semakin banyaknya infeksi menunjukkan bahwa virus ini lebih menular atau lebih baik dalam melewati pertahanan kekebalan tubuh kita dibandingkan virus sebelumnya, kata CDC.

Namun tidak ada bukti bahwa hal itu menyebabkan penyakit yang lebih parah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. WHO: Virus yang Jadi Perhatian Dunia

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) belum menyebut JN.1 sebagai varian yang menjadi perhatian yaitu, strain baru virus SARS-CoV-2 yang berpotensi meningkatkan keparahan; penurunan efektivitas vaksin; atau dampak besar terhadap pemberian layanan kesehatan.

Saat ini, tidak ada yang menunjukkan bahwa JN.1 lebih berbahaya daripada jenis virus lainnya, meskipun hal ini dapat menyebabkan peningkatan penularan, kata CDC.

3. Gejala Utama Jika Terpapar JN.1

Gejala utamanya kemungkinan besar sama dengan varian sebelumnya:

  • Sakit tenggorokan atau gatal
  • Kelelahan
  • Sakit kepala
  • Hidung tersumbat
  • Batuk
  • Demam

 

3 dari 4 halaman

4. Efek Vaksin dan Pengobatan Melawan JN.1

Sejauh ini, tanda-tandanya positif. Tes dan pengobatan COVID-19 diharapkan efektif melawan JN.1, kata CDC.

Meskipun suntikan booster COVID-19 terbaru dirancang untuk menargetkan varian XBB.1.5, penelitian awal menunjukkan bahwa vaksin tersebut juga menghasilkan antibodi yang bekerja melawan JN.1, meskipun jumlahnya lebih sedikit.

Dalam pernyataannya pada tanggal 13 Desember, kelompok penasihat ahli vaksin COVID-19 WHO merekomendasikan untuk tetap menggunakan vaksin XBB.1.5 yang ada saat ini, karena vaksin tersebut tampaknya memberikan setidaknya beberapa perlindungan silang.

 

4 dari 4 halaman

5. JN.1 Sebabkan Lonjakan COVID-19?

Masih terlalu dini untuk mengatakan apakah JN.1 akan menyebabkan lonjakan kasus yang signifikan, meskipun peningkatan kasus ini terjadi selama musim liburan dan berkumpul yang sibuk dapat memicu peningkatan penularan.

“Saat ini, kami tidak tahu sejauh mana JN.1 mungkin berkontribusi terhadap peningkatan ini atau kemungkinan peningkatan sepanjang sisa bulan Desember seperti yang terlihat pada tahun-tahun sebelumnya,” tulis CDC dalam pembaruan varian tersebut pada 8 Desember.

Pertahanan terbaik terhadap JN.1—dan varian SARS-CoV-2 lainnya adalah dengan melakukan vaksinasi, menggunakan masker di area dalam ruangan yang ramai, dan membatasi paparan terhadap orang yang mungkin telah terinfeksi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.