Sukses

Tas Microwave Pertama di Dunia, Bisa Hangatkan Makanan Sambil Jalan-Jalan

Komponen penting dalam tas "Willcook" ini adalah kain elastis yang dapat menghasilkan panas hanya dengan mengambil daya dari baterai. Bentuknya terlihat seperti tas laptop pada umumnya.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Anda yang kurang menyukai makanan yang sudah dingin, mungkin tas yang satu ini cocok untuk Anda.

Tas serial "Willcook" yang diproduksi oleh perusahaan Jepang Sanki Consys ini mungkin terlihat seperti tas laptop pada umumnya. Namun, tas yang terbuat dari kain konduktif itu berfungsi menjadi microwave, memungkinkan penggunanya memanaskan bagian dalamnya hingga 250 derajat Celcius.

Dilansir Oddity Central, Rabu (13/12/2023), tas ini sendiri hanya berbobot 160 gram, sedangkan baterai isi ulang yang memberi daya pada tas ini berbobot tambahan 120 gram.

Komponen penting dalam tas "Willcook" ini adalah kain elastis yang dapat menghasilkan panas hanya dengan mengambil daya dari baterai.

Meskipun Sanki Consys tidak menjelaskan secara detail mengenai berbagai macam kain yang digunakan untuk tas tersebut, namun nampaknya salah satu komponen kainnya merupakan kombinasi kabel listrik yang dapat diregangkan dan serat konduktif yang ditenun. Kain ini memiliki fleksibilitas dan bobot yang sama dengan kain biasa, namun memberikan pemanasan yang cepat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Suhunya Bisa Diatur

Suhu bagian dalam tas "Willcook" ini bisa mencapai 80 derajat Celcius setelah dinyalakan selama lima menit, namun pengguna dapat mengatur suhu antara 40 derajat Celcius dan 250 derajat Celcius melalui aplikasi smartphone bernama Hotopia. Paket baterai yang disertakan dapat bertahan selama delapan jam jika terisi penuh dan memiliki saku kecil khusus di sisi tas.

Selain panas, kain "ajaib" yang menjadi komponen utama dalam pembuatan tas tersebut juga dapat menjaga minuman tetap dingin di musim panas.

3 dari 4 halaman

Makanan yang Tidak Boleh Dipanaskan di Microwave

Sementara itu, berikut adalah sejumlah jenis makanan yang tidak boleh dipanaskan dengan microwave, seperti dikutip dari laman Citizen6 Liputan6.com :

1. Telur rebus

Saat Anda memanaskan telur rebus dalam microwave, uap terbentuk dari molekul air yang menyebabkan peningkatan tekanan. Karena telur memiliki membran dan cangkang yang tipis, telur tidak mampu menahan semua tekanan, yang dapat menyebabkan ledakan yang sangat panas di microwave, di piring Anda, atau bahkan saat Anda menggigitnya.

2. Wortel

Meskipun wortel bisa dimasak dan dipanaskan dalam microwave, wortel mentah, terutama yang masih ada kulitnya, berpotensi berbahaya. Jika wortel tidak dicuci dengan benar dan masih ada sisa kotoran, mineral di dalam tanah dapat menyebabkan percikan api di microwave, yang disebut juga dengan arcing. Arcing dapat menyebabkan kerusakan serius pada microwave Anda jika terus menerus terjadi.

4 dari 4 halaman

Makanan Lainnya

3. Daging Olahan

Apakah Anda pernah memanaskan daging olahan di microwave? Daging olahan bukanlah makanan yang paling bergizi karena mengandung banyak garam, zat tambahan, bahan kimia, dan pengawet. Tetapi ketika Anda menambahkan radiasi gelombang mikro ke daging dan makanan kaleng favorit Anda, kadar kolesterol Anda dapat meningkat, yang dapat menyebabkan masalah jantung.

Cara paling aman untuk memanaskan daging ham dan sosis adalah di atas panggangan atau di atas kompor.

Selengkapnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini