Sukses

Tokyo Lights 2023: Seniman Indonesia Unjuk Kemampuan di Acara Kemenangan

Visual Burung Garuda turut ditampilkan di acara Winners Exhibition Tokyo Lights 2023.

Liputan6.com, Tokyo - Seniman Indonesia sukses menunjukkan karya mereka di ajang pemenang Tokyo Lights 2023. Acara beken itu digelar di Gedung bersejarah Meiji Memorial Museum, Tokyo pada 9 – 12 November lalu. 

Ada dua tim Indonesia yang hadir, yakni Sembilan Matahari dan The Fox, The Folks dalam ajang One Minute Projection Mapping Competition Tokyo Light 2023.

Tim Sembilan Matahari menampilkan karya bertajuk JapaNMenyala. Visual burung garuda juga ditampilkan untuk memukai para audiens. Tim Sembilan Matahari memadukan anime Jepang dan berusaha menampilkan karyanya dengan cara klasik, yakni tanpa Artificial Intelligence (AI).

Menurut laporan KBRI Tokyo, Jumat (17/11), Video seni visual JapaNMenyala dari Sembilan Matahari ini adalah salah satu dari 10 karya pemenang yang ditampilkan. Adi Panuntun, seniman video visual dari Sembilan Matahari, menjelaskan dalam Winners Exhibition Tokyo Light 2023 terdapat dua peserta asal Indonesia yang pernah menjadi pemenang 

“Karya JapaNMenyala menceritakan kisah Garuda, burung mitos simbol Indonesia, yang terbang dalam perjalanan persahabatannya dengan Jepang selama 11 tahun,” tutur Adi Panuntun di Tokyo, Rabu, 15 November 2023.

JapaNMenyala ini merangkum cerita dalam bentuk visual selama satu menit dengan kombinasi laser dan lampu.

“Kami mengambil inspirasi dari pembukaan film anime Jepang. Proyek kami ini disusun dengan cara klasik, dengan menghindari Artificial Inteligence (AI) dengan aspek manusiawi sebanyak mungkin. Dipadukan dengan komposisi musik dengan pengisahan cerita visual klasik melalui teknik pemetaan proyeksi,” tambah Adi Panuntun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

The Fox, The Folks

Peserta Indonesia lain selain Sembilan Matahari yang tampil pada Winners Exhibition Tokyo Light 2023 adalah The Fox, The Folks. Dalam perhelatan tahun ini mereka menampilkan karya bertajuk "Happy? Happy!" Karya ini mencoba menyampaikan pesan kebahagiaan yang terproyeksi dalam sebuah parade panjang di akhir visual yang mengajak orang untuk merayakan kebahagiaan.

Fadjar Kurnia seniman video visual dari The Fox, The Folks menuturkan karya ini adalah tentang kebahagiaan yang terkoneksi antar sesama.

“Karya ini adalah tentang surat cinta bagi keluarga kami, saudara, teman dan seluruh orang di dunia tentang kebahagiaan yang terkoneksi antar manusia,” terang Fadjar Kurnia. The Fox, The Folks sebelumnya pernah menjadi juri pada kompetisi Tokyo Light One Minute Projection Mapping 2022.

Selama 11 tahun perhelatan One Minute Projection Mapping Competition Tokyo Light, Indonesia telah dua kali merebut juara pertama. Pada 2012 juara pertama diraih oleh Sembilan Matahari dan pada 2021 diraih oleh The Fox, The Folks.

Dukungan KBRI Tokyo

Koordinator Fungsi Penerangan Sosial Budaya KBRI Tokyo Meinarti Fauzie yang hadir saat pembukaan `Winners Exhibition Tokyo Light 2023 mengapresiasi kesuksesan seniman video visual Indonesia yang sukses tampil di ajang internasional ini.

“KBRI Tokyo mendukung penuh kreativitas seniman Indonesia dalam ajang kompetisi dunia. Sangat membanggakan melihat prestasi gemilang dari seniman muda Indonesia di tengah peringatan 65 tahun hubungan Indonesia - Jepang . Kreativitas mereka di ajang internasional ini membuktikan bahwa karya seni anak muda Indonesia sangat diperhitungkan di dunia. Kami berharap ke depannya kerja sama Indonesia-Jepang melalui kolaborasi industri kreatif dapat terus berlanjut,” ujar Meinarti Fauzie.

Selain dua peserta asal Indonesia, delapan karya pemenang gelaran ajang One Minute Projection Mapping Competition yang tampil di `Winners Exhibition Tokyo Light 2023 ini adalah Flightgraf dari Jepang, Maxim Guislan dari Belgia, Neba Studio dari Macau, EuroVideoMapping dari Jerman, Antaless Visual Design dari Italia, Li Cheng dari Tiongkok, Julia Shamsheiva dari Ukraina, dan Eper Digital dari Hungaria.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.