Sukses

Perburuan Pelaku Penembakan Massal di Maine AS Memasuki Hari ke-2, Polisi Geledah Rumah hingga 4 Kota Waspada

Perburuan tersangka penembakan massal di Maine, Amerika Serikat (AS) memasuki hari kedua, sejak Rabu 25 Oktober 2023 waktu setempat.

Liputan6.com, Maine - Perburuan tersangka penembakan massal di Maine, Amerika Serikat (AS) memasuki hari kedua.

Pelaku yang kemudian diidentifikasi sebagai tentara cadangan Angkatan Darat AS, diduga membunuh 18 orang dan melukai 13 lainnya dalam penembakan massal di Maine. Sebelumnya, anggota Dewan Kota Lewiston Robert McCarthy mengkonfirmasi peningkatan jumlah korban tewas hingga 22 orang.

Polisi mengatakan Robert Card bersenjata dan berbahaya dan meminta orang-orang untuk berlindung di dalam rumah mereka demi keamanan.

Pada Kamis 26 Oktober 2023 malam, polisi berkumpul di sebuah rumah di Bowdoin, sekitar 20 menit berkendara dari Lewiston --tempat penembakan terjadi malam sebelumnya, Rabu 25 Oktober.

Polisi mengatakan mereka menjalankan beberapa surat perintah penggeledahan. Ledakan keras terdengar di tempat kejadian, dan polisi berteriak agar dia menyerah.

Melalui megafon, agen FBI dan penegak hukum setempat terdengar menyuruh tersangka keluar rumah "dengan tangan terangkat". Namun beberapa jam kemudian, polisi meninggalkan lokasi kejadian.

Namun tidak jelas apa yang mendorong penggeledahan tersebut, dan juru bicara Departemen Keamanan Publik Maine mengatakan petugas "hanya melakukan uji tuntas dengan melacak setiap petunjuk dalam upaya menemukan dan menangkap Card".

Penembakan dimulai di sebuah arena bowling di kota kecil Lewiston sebelum pukul 19.00 waktu setempat (23.00 GMT), kata kolonel polisi. Seorang wanita dan enam pria tewas di sana.

Dalam waktu sekitar 10 menit, tembakan kembali dilaporkan terjadi di restoran terdekat, Schemengees Bar & Grille, di mana delapan pria lainnya ditembak mati.

16 orang yang terluka awalnya dipindahkan ke rumah sakit setempat, tiga di antaranya kemudian meninggal.

Sementara itu, Lewiston dan tiga kota di dekatnya tetap berada di bawah peringatan waspada. Sekolah-sekolah serta sebagian besar bisnis lokal telah tutup dan banyak yang akan tetap tutup pada hari Jumat.

Selain beberapa orang yang suka berjalan-jalan dengan anjing, sebagian besar orang tampaknya tetap tinggal di rumah pada hari Kamis. Polisi ditempatkan di jalan-jalan.

Satu-satunya aktivitas yang ramai berada di dekat dua lokasi penembakan dan Central Maine Medical Center.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Serangan yang Belum Pernah Terjadi Sebelumnya

Dr John Alexander, kepala petugas medis di sana, menyebut serangan itu “belum pernah terjadi sebelumnya” di kota kecil itu. Dia mengatakan sekitar 50 penyedia layanan kesehatan, perawat, terapis pernapasan, dan ahli bedah menjawab panggilan tersebut untuk membantu merawat para korban.

Polisi Negara Bagian Maine mengatakan tersangka baru-baru ini melaporkan masalah kesehatan mental, termasuk "mendengar suara-suara dan ancaman untuk menembak instalasi militer di selatan Maine". Robert Card dilaporkan dirawat di fasilitas perawatan kesehatan mental pada musim panas, setelah berperilaku tidak menentu selama pelatihan di Akademi Militer AS.

Polisi membantah laporan sebelumnya bahwa dia adalah seorang instruktur senjata api, dan mengatakan "tidak ada indikasi dia mengikuti kursus persenjataan tingkat lanjut".

Gubernur Maine Janet Mills, mantan penduduk Lewiston, menyebutnya sebagai "hari kelam" bagi negara bagiannya dan berjanji "untuk mencari keadilan penuh bagi para korban dan keluarga mereka".

 

 

 

3 dari 4 halaman

Maine Memiliki Tingkat Peristiwa Penembakan Rendah daripada Bagian Lain di AS

Maine memiliki tingkat pembunuhan terendah dibandingkan negara bagian mana pun di AS. Salah satu penulis paling terkenal di negara bagian itu, penulis horor Stephen King, mengatakan penembakan itu terjadi di dekat rumahnya.

"Ini adalah kegilaan atas nama kebebasan," tulisnya di X, yang secara resmi merupakan Twitter, dan juga menyerukan undang-undang keamanan senjata baru untuk mengatur senapan serbu.

Sementara itu, FBI dan lembaga penegak hukum federal AS lainnya membantu polisi lokal dan negara bagian dalam perburuan tersebut. Negara-negara tetangga juga menyediakan sumber daya dan tetap waspada, karena tersangka bisa saja melakukan perjalanan melintasi batas negara bagian.

Pejabat perbatasan Kanada juga telah diperingatkan untuk mewaspadai tersangka.

4 dari 4 halaman

Dunia Terbalik dalam Hitungan Detik

Dalam postingan Facebooknya, Schemengees Bar & Grille menulis: "Dalam hitungan detik, dunia Anda menjadi terbalik tanpa alasan yang jelas. Kami kehilangan orang-orang hebat di komunitas ini. Bagaimana kami dapat memahami hal ini."

Just-In-Time Recreation, tempat serangan pertama kali dimulai, memposting online: "Semua ini tampaknya tidak nyata, tapi sayangnya... Tidak ada kata-kata untuk memperbaiki atau membuatnya lebih baik."

Presiden Joe Biden memerintahkan pengibaran bendera di Gedung Putih dan gedung federal lainnya menjadi setengah tiang, sebagai tanda penghormatan terhadap mereka yang meninggal. Dia juga meminta anggota parlemen Partai Republik di Kongres untuk mengesahkan undang-undang keamanan senjata.

"Ini adalah hutang paling sedikit yang kita miliki kepada setiap warga Amerika yang kini akan menanggung luka – baik secara fisik maupun mental – akibat serangan terbaru ini," katanya.

Berbicara pada konferensi pers pada hari Kamis, Senator Maine Susan Collins menyerukan larangan kepemilikan senjata magazine berkapasitas tinggi.

"Hati kami dipenuhi dengan kesedihan,” kata Senator Maine Susan Collins kepada wartawan. "Serangan keji ini, yang telah merenggut nyawa sedikitnya 18 orang Mainer dan melukai lebih banyak lagi, adalah penembakan massal terburuk yang pernah dialami dan dapat dibayangkan oleh negara bagian Maine."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.