Sukses

Hieroglif dari Zaman Firaun Ramses III Ditemukan di Arab Saudi

Hieroglif ini membahas sejarah panjang Mesir dan Semenanjung Arab.

Liputan6.com, Tayma - Para arkeolog menemukan hieroglif (hierogylph) kuno yang berasal dari zaman Firaun Ramses III. Hierogylph ini ditemukan di barat laut Kerajaan Arab Saudi. 

Konten dari hieroglif itu mengungkap sejarah panjang hubungan dagang antara Mesir dan Semenanjung Arab.  

Berdasarkan laporan Arab News, Kamis (26/10/2023), hieroglif itu ditemukan di bebatuan di Al-Zaynadiah, dekat oasis Tayma. Benda bersejarah itu memiliki tanda tangan kerajaan ("cartouche") dari Raja Ramses III yang berkuasa pada 1192-116 SM.

Mantan direktur dari Museum Tayma, Mohammed Al-Najm, menjelaskan bahwa tanda tangan dari Raja Ramses III itu sendiri sudah lebih dulu ditemukan pada tahun 2010.

Par arkeolog Arab Saudi menyebut penemuan hieroglif ini berad adi lokasi rute datang yang menyambung Sungai Nil dan Tayma di zaman Ramses III. Karavan dari Mesir melalui jalur ini untuk membawa barang-barang berharga dari Tayma, termasuk emas dan perak.

Ini mengindikasikan bahwa perdagangan antara kawasan Semenanjung Arab dan Mesir telah terjadi hingga lebih dari 3.000 tahun yang lalu.

Mohammed Al-Najm berkata bahwa rute dagang itu ditandai dengan adanya tanda tangan kerajaan di sumur-sumur yang berlokasi di Semenanjung Sinai dan Semenanjung Arabia.

Menurut laporan Saudi Press Agency, rute itu dimulai dari Lembah Sungai Nil dan juga melalui pelabuhan Qulzum menuju kota Suez yang memiliki kuil untuk raja Mesir.

Selain terkait dagang, inskripsi lain yang ditemukan di sekitar kawasan Tayma itu menampilkan gambaran manusia, sosok mitologi dan hewan, serta pola geometri. Al Najm berkata perlu ada penelitian lebih lanjut untuk mengetahui signifikansi arkeologis dan sejarah dari hieroglif ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jelajahi Mesir Kuno di Google Arts & Culture sebagai Kucing

Sebelumnya dilaporkan:

Di dalam budaya Mesir kuno, hewan memegang tempat penting dalam kepercayaan mereka tentang akhirat. Kucing, khususnya, dianggap sebagai simbol suci dewi Bastet, yang digambarkan dengan kepala kucing, dan merupakan Putri dari Ra, Dewa Matahari.

Orang Mesir sangat menghormati kucing sehingga mereka kadang-kadang memumikannya, baik sebagai hewan peliharaan yang disayangi, persembahan kepada para dewa, atau bahkan sebagai dewa itu sendiri.

 Kini, Google Arts & Culture memperkenalkan pengalaman video game baru dengan proyek bertajuk "Return of the Cat Mummy". Di dalam permainan ini, kamu akan memainkan peran sebagai mumi kucing yang telah dibangkitkan oleh Dewi Bastet.

Misi di dalam permainan ini antara lain berpacu dengan waktu dalam mengumpulkan barang-barang penting yang diperlukan untuk perjalanan Firaun ke alam baka.

Saat kamu maju melalui lima level permainan yang imersif, kamu akan menghadapi berbagai rintangan yang terinspirasi oleh kehidupan Mesir kuno dan kepercayaan mereka, semuanya dalam waktu terbatas.

Petualangan dimulai di sungai, tempat kamu memulai pencarian dengan sembilan nyawa. Kamu mengumpulkan artefak yang diperlukan untuk upacara mumifikasi yang rumit.

Lalu, ketika kamu menavigasi tantangan permainan, kamu akan mengungkap rahasia kebiasaan penguburan Mesir kuno, mengungkap misteri tentang apa yang diperlukan untuk memastikan kebahagiaan dan kemakmuran abadi di alam baka.

3 dari 3 halaman

Cat Mummy

Firaun Mesir kuno dan orang-orang berkedudukan tinggi di masa itu dimakamkan dengan banyak barang mewah. Di antara barang-barang mewah yang terkubur bersama mereka adalah furnitur berornamen, perhiasan indah, makanan, dan patung pelayan kecil yang dikenal sebagai shabtis.

Persembahan ini dimaksudkan untuk menjamin keberadaan yang nyaman dan sejahtera setelah kematian.

Selain itu, jimat suci dan buku orang mati ditempatkan di dalam atau di dekat peti mati, berfungsi sebagai panduan dan memberikan perlindungan spiritual selama perjalanan yang sulit menuju alam baka.

Tertarik untuk menjajal petualangan ini dan menyelami keajaiban Mesir kuno? Kamu dapat mencoba permainan Return of the Cat Mummy ini di laman http://g.co/ancientegypt.

Temukan kekayaan sejarah, mitologi, dan ritual peradaban kuno ini di dalam permainan ini yang menjadi pintu gerbang untuk memperluas pengetahuanmu tentang Mesir kuno, sambil menikmati pengalaman gim yang memikat dan mendidik. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.