Sukses

Balawan dan Batuan Ethnic Fusion Hibur Komunitas Diplomat di Jepang

Musik tradisional Bali dan alunan jazz dari musisi Indonesia menghibur para diplomat di Jepang.

Liputan6.com, Tokyo - Para diplomat asing yang bertugas di Jepang dihibur oleh penampilan musik Balawan dan Batuan Ethnic Fusion. Acara bertajuk Light Afternoon Session with Balawan ini digelar di Wisma Duta KBRI Tokyo, Selasa 24 Oktober 2023 untuk mempromosikan seni dan musikalitas Indonesia kepada komunitas diplomatik di Tokyo. 

Berdasarkan rilis resmi KBRI Tokyo, Selasa (24/10/2023), diplomat yang menikmati pertunjukan fenomenal tersebut ada yang dari Singapura, Kamboja, Kanada, Korea Selatan, Jamaika, Swedia, Paraguay, Australia dan Amerika Serikat.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi yang didampingi Ibu Nuning Akhmadi mengatakan musik etnik Bali dipadukan dengan aliran jazz yang dibawakan oleh Balawan ini menunjukkan kreativitas musisi Indonesia dalam berkesenian kepada dunia internasional.

Beberapa komposisi lagu yang dibawakan Balawan bersama grup Batuan Ethnic Fusion memadukan unsur etnik kesenian Bali dengan aliran jazz mampu memukau para tamu undangan yang hadir di Wisma Duta KBRI Tokyo.

Balawan dilaporkan tampil dengan permainan solo memikat dalam memainkan gitar berleher ganda dengan gaya petikan delapan jari. Deretan lagu yang ditampilkan adalah lagu Jepang populer “First Love”, dilanjutkan “Majalan Ke Carik”, “Forest”, “Kle Nyakcak No” dan “Keroncong Kemayoran” sebagai lagu penutup. 

“I Wayan Balawan bersama grupnya Batuan Ethnic Fusion sangat konsisten berkesenian mengusung musik tradisional Bali yang dikolaborasikan dengan berbagai aliran musik dunia di antaranya jazz. Mereka kerap tampil di panggung internasional dan membawa harum nama Indonesia,” ujar Dubes Heri yang didampingi para pejabat KBRI Tokyo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sebuah Kebanggaan

Balawan mengapresiasi kesempatan tampil yang diberikan Duta Besar Heri Akhmadi dan KBRI Tokyo di hadapan komunitas diplomatik asing di Jepang.

“Dalam setiap karya kami, musik Bali selalu menjadi dominan yang kemudian diselingi dengan aliran musik dunia seperti jazz. Tampilan kami hari ini menjadi sebuah kebanggaan buat kami. Terima kasih Bapak Dubes beserta teman-teman KBRI Tokyo. Semoga karya musik Indonesia semakin dikenal di dunia,” kata Balawan.

Balawan bersama grup Batuan Ethnic Fusion terdiri dari I Wayan Balawan (gitar vokal harmonika)I Putu Wahyu Andika (gendang sunda), Ketut Tarmadi (bass), I Nyoman Suarsana (gangsa), I Gusti Agung Isa Abhijana (drum), I Wayan Yogi Eko Martika (gangsa), I Gede Raditya Yudhistira (keyboard) dan Yura Shibata (vokal) seorang siswi Sekolah Republik Indonesia Tokyo.

“KBRI Tokyo senantiasa mendukung karya anak bangsa dalam berkesenian. Acara hari ini adalah bagian dari promosi kami kepada masyarakat Jepang dan kalangan diplomatik negara sahabat di Jepang. Momen ini bertepatan dengan peringatan 65 tahun hubungan diplomatik Indonesia Jepang,” ujar Dubes Heri.

Selain menikmati musik, para tamu undangan menikmati sajian Mie Bakso dan Bakwan. Acara ditutup dengan foto bersama Dubes Heri Akhmadi dan tamu undangan bersama Balawan dan seluruh personil grup Batuan Ethnic Fusion.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.