Sukses

KTT ASEAN-Kanada, PM Justin Trudeau: Kemitraan dengan Indo-Pasifik Sangat Penting

ASEAN dan Kanada telah menjalin hubungan kerja sama selama lebih dari 45 tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu agenda yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) Rabu 6 September 2023 dalam rangkaian acara KTT ke-43 ASEAN di Jakarta Convention Center (JCC) adalah KTT ASEAN-Kanada, di mana delegasi Kanada dipimpin oleh Perdana Menteri Justin Trudeau. 

Salah satu hal yang perlu digarisbawahi dalam pidato pembukaan KTT, Trudeau mengatakan bahwa kemitraan dengan kawasan Indo-Pasifik sangatlah penting bagi Kanada. 

"Kemitraan ini sangat berarti bagi kami. Kanada sangat menghormati sentralitas ASEAN di kawasan ini," ujar Justin Trudeau di JCC, Rabu (6/9/2023).

Trudeau turut menegaskan komitmen Kanada terhadap perdamaian, stabilitas, keterbukaan dan transparansi di kawasan ini. Berangkat dari hal itu, Kanada juga terbuka terhadap pembangunan dan kerja sama ekonomi dengan ASEAN. 

"Kanada berkomitmen untuk meningkatkan keterlibatan kami dan menjadi lebih aktif di kawasan ini," sambungnya, sambil membeberkan bahwa tahun lalu jumlah ekspor dan impor Kanada ke ASEAN meningkat 29 persen dari sebelumnya. 

"Itu bagus, tapi kita perlu melakukan lebih banyak lagi," kata PM Kanada itu. 

Sebaliknya, Jokowi sebagai ketua ASEAN tahun ini, juga menyebut bahwa Kanada merupakan mitra strategis bagi ASEAN. 

"Kanada adalah Mitra Strategis ASEAN dalam membangun ketahanan pangan, membangun hilirisasi industri, serta membangun perdagangan yang terbuka dan adil di kawasan," kata Jokowi.

Ia berharap, hubungan strategis antara ASEAN dan Kanada yang sudah berjalan selama lebih dari 45 tahun, akan memberikan manfaat yang lebih besar bagi rakyat di kawasan ASEAN maupun di Kanada. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dorong Strategic Economic Partnership ASEAN-Kanada

Secara terpisah, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan bahwa KTT ASEAN-Kanada juga secara resmi membentuk Kanada-ASEAN Strategic Partnership melalui adopsi pengesahan Joint Leaders Statement on ASEAN-Kanada Strategic Partnership. 

Selain itu, KTT tersebut juga mengadopsi ASEAN-Kanada Joint Leaders Statement on Strengthening Food Security and Nutrition in Response to Crisis. 

"Jadi hasil pertemuan ASEAN-Kanada ada dua. Satu, Strategic Partnership ASEAN-Kanada, yang kedua adalah kerja sama dalam konteks food and security," jelas Retno. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini