Sukses

Mantan PM Malaysia Mahathir Mohamad Dirawat di RS Jantung Akibat Infeksi Rahasia, 4 Hari Observasi Dipulangkan

Mantan perdana menteri Malaysia Mahathir Mohamad dirawat di rumah sakit Institut Jantung Negara (IJN) di Kuala Lumpur.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Mantan perdana menteri Malaysia Mahathir Mohamad dirawat di rumah sakit Institut Jantung Negara (IJN) di Kuala Lumpur.

Dalam sebuah postingan di halaman Facebook resmi Mahathir Mohamad pada Kamis 3 Agustus 2023, dibagikan dua foto yang menunjukkan dia tengah memeriksa beberapa berkas di bangsal rumah sakit.

"Tun Dr Mahathir Mohamad menulis dan memeriksa beberapa berkas di bangsal rumah sakitnya di Institut Jantung Negara pada hari Kamis. Dr Mahathir dirawat pada Selasa 1 Agustus dan dirawat karena infeksi," demikian bunyi pesan di akun resmi Facebook Mahathir.

"Dia baik-baik saja dan sedang dalam pengawasan," kata seorang sumber yang dekat dengan mantan perdana menteri itu dengan syarat anonimitas tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Pejabat lain yang dekat dengan Mahathir mengatakan mantan pemimpin itu "tidak dalam bahaya apa pun, Mahathir sedang dirawat karena infeksi".

Mantan pemimpin Malaysia berusia 98 tahun itu adalah salah satu tokoh politik paling dominan di Malaysia, setelah menjabat dua kali sebagai perdana menteri selama total 24 tahun.

Sebelumnya, mantan PM Malaysia Mahathir juga pernah dirawat di rumah sakit pada Desember 2021 dan Januari 2022 selama beberapa hari untuk menjalani pemeriksaan kesehatan. Dia memiliki banyak masalah jantung selama bertahun-tahun, menderita beberapa serangan jantung dan menjalani operasi bypass.

Mahathir memimpin Malaysia dari 1981 hingga 2003 dan kemudian kembali berkuasa pada 2018 pada usia 92 tahun, memimpin koalisi reformis.

Pemerintahannya runtuh pada tahun 2020 karena pertikaian.

Mahathir Mohamad kalah dalam pemilihan umum 2022 tetapi telah bekerja sama dengan partai politik berbasis Melayu, dalam upaya menggulingkan pemerintahan saat ini yang dipimpin oleh Perdana Menteri Anwar Ibrahim.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dipulangkan Setelah Perawatan 4 Hari

Mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad diperkirakan akan keluar dari rumah sakit pada hari Jumat setelah dirawat karena infeksi sejak Selasa 1 Agustus.

Sumber mengatakan kepada surat kabar The Star bahwa pria berusia 98 tahun itu telah dirawat di National Heart Institute atau Institut Jantung Negara (IJN) di Kuala Lumpur untuk pengobatan infeksi yang dirahasiakan.

Para dokter di sana telah mengawasinya dengan ketat.

Sumber itu mengatakan Tun Dr Mahathir baik-baik saja, dan diperkirakan akan keluar pada hari Jumat.

 

"Mantan perdana menteri Malaysia Mahathir Mohamad keluar dari rumah sakit spesialis jantung pada hari Jumat, kata seorang sumber kepada AFP, setelah empat hari pemeriksaan medis.

Mahathir telah dirawat di National Heart Institute di Kuala Lumpur pada hari Selasa untuk "observasi", menurut sumber tersebut, seorang ajudan yang dekat dengan mantan perdana menteri yang berbicara tanpa menyebut nama.

"Ya, Mahathir telah keluar dari rumah sakit," kata sumber tersebut pada hari Jumat, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

 

 

3 dari 3 halaman

Sejumlah Masalah Kesehatan

Mahathir Mohamad, politikus veteran itu telah mengalami beberapa masalah kesehatan selama bertahun-tahun, mulai dari menderita beberapa serangan jantung hingga menjalani operasi bypass pada tahun 2007.

Ia juga dirawat di rumah sakit karena COVID-19 setelah dinyatakan positif pada Agustus 2022.

Mantan pemimpin berusia 98 tahun itu adalah salah satu tokoh politik paling dominan di Malaysia, setelah menjabat dua kali sebagai perdana menteri selama total 24 tahun.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini