Sukses

Bir Terbuat dari Daur Ulang Air Limbah, Bagaimana Rasanya?

Anda mungkin tidak akan menyadarinya jika mencicipinya, tapi Epic OneWater Brew adalah bir dengan bahan baku unik, yaitu dibuat dengan air yang didaur ulang dari shower, wastafel, dan mesin cuci di sebuah gedung hunian.

Liputan6.com, San Fransisco - Anda mungkin tidak akan menyadarinya jika mencicipinya, tapi Epic OneWater Brew adalah bir dengan bahan baku unik, yaitu dibuat dengan air yang didaur ulang dari shower (air pancuran), wastafel, dan mesin cuci di sebuah gedung hunian.

Melansir dari CNN, Kamis (3/8/2023), air ini aman untuk diminum berkat serangkaian proses perawatan yang mencakup mikrofiltrasi dan sinar ultraviolet, dan dimaksudkan untuk memperhatikan masalah kelangkaan dan penggunaan kembali air.

"Aktivitas bangunan di seluruh dunia menggunakan 14% dari seluruh air minum," kata Aaron Tartakovsky, CEO dan salah satu pendiri Epic Cleantec, perusahaan pemrosesan air berbasis di San Francisco yang membuat bir ini dengan bekerja sama dengan pabrik bir setempat. "Hampir tidak ada bangunan yang mendaur ulang air tersebut, itu yang ingin kami ubah."

Bir ini adalah jenis ale gaya Kölsch, minuman segar dan ringan yang berasal dari Jerman dan dibuat dengan air daur ulang -- dari air limbah yang relatif bersih dari bak mandi, wastafel, mesin cuci, dan peralatan dapur lainnya --dari gedung apartemen mewah berlantai 40 bernama Fifteen Fifty di San Francisco. Tapi bir ini tidak dijual, karena peraturan melarang penggunaan air limbah daur ulang dalam minuman komersial. Setidaknya untuk saat ini.

Epic Cleantec melengkapi bangunan dengan sistem daur ulang airnya, menghilangkan kebutuhan untuk membuang air limbah ke saluran pembuangan untuk mengangkutnya ke fasilitas pengolahan jarak jauh. 

Menurut perusahaan, sistem ini mendaur ulang hingga 95% air limbah baik yang dikenal sebagai blackwater (air hitam), yang berasal dari toilet, atau greywater yang berasal dari bak cuci, mesin cuci, bak mandi, dan shower.

Prosesnya dimulai dengan perlakuan biologis untuk menghilangkan zat organik, kemudian mikrofiltrasi melalui membran setebal 0,04 mikron (sekitar 0,05% ketebalan rambut manusia), dan akhirnya desinfeksi dengan sinar ultraviolet dan klorin, yang membuat air tersebut aman untuk digunakan kembali dalam aplikasi non-minum seperti membasuh toilet dan pembilasan urinoir, irigasi, dan mencuci pakaian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Daur Ulang Air Hingga 7.500 Galon Per Hari

Sistem yang dipasang di Fifteen Fifty, dirancang untuk mendaur ulang 7.500 galon air per hari, atau hingga 2,75 juta galon per tahun.

“Apa yang kami lakukan hanyalah mengambil banyak prinsip yang ada di dunia air limbah dan merancangnya untuk bangunan tunggal,” kata Tartakovsky. “Kami melakukan ini kepada air seperti apa yang dilakukan matahari untuk energi, yang bergerak menjauh dari ketergantungan tunggal pada infrastruktur terpusat yang besar.”

Epic Cleantec menyatakan bahwa sistem ini memiliki manfaat lain: panas yang dipulihkan dari air limbah dapat digunakan untuk memanaskan air panas rumah, mengurangi biaya pemanasan, dan zat organik dalam air limbah dapat digunakan untuk membuat produk tanah alami yang bisa digunakan dalam pekarangan, taman, atau taman kota.

Instalasi sistem ini membutuhkan ruang yang sama luasnya dengan tempat parkir rata-rata, tetapi harganya mahal, mulai ratusan ribu hingga jutaan dolar, tergantung pada ukuran bangunan. Tartakovsky mengatakan bahwa biaya tersebut bisa kembali dalam beberapa tahun, dengan mengurangi tagihan utilitas.

Di San Francisco, sejak tahun 2015, semua bangunan baru dengan luas lebih dari 100.000 kaki persegi diwajibkan memiliki sistem daur ulang air di tempat; dari beberapa lusin yang telah terpasang, Epic Cleantec bertanggung jawab atas lima di antaranya.

"Ini adalah sesuatu yang sangat masuk akal. Mengapa kita masih menggunakan air minum yang bersih dari taman nasional kita untuk membuang air toilet bagi karyawan teknologi di pusat kota San Francisco?" tanya Tartakovsky. "Secara ilmiah, air ini seringkali memenuhi atau bahkan melampaui standar air minum."

3 dari 4 halaman

Mengurangi Penggunaan Air

Epic Cleantec memulai proyek bir ini pada akhir tahun 2022, kepada peserta konferensi tentang teknologi bangunan berkelanjutan. "Akhirnya kami menghasilkan lebih dari 7.000 kaleng, bukan sebagai produk komersial, melainkan sebagai upaya edukasi," kata Tartakovsky, dengan menggunakan 2.000 galon air daur ulang. "Itu dimaksudkan untuk menyampaikan kisah daur ulang air dengan cara baru. Namun, sejujurnya, kami tidak mengantisipasi respon yang luar biasa seperti yang kami lihat."

Meskipun sistem Epic Cleantec tidak dimaksudkan untuk memproduksi air untuk diminum, peraturan saat ini memungkinkan penggunaan kembali air limbah untuk minum di banyak negara bagian AS, termasuk California dan Texas. Lebih banyak negara bagian lain, termasuk Arizona, Colorado, Florida, New Mexico, dan Washington, sedang dalam proses memperbarui peraturan mereka tentang daur ulang air.

"Air daur ulang sudah digunakan sebagai sumber air minum di tempat-tempat seperti Southern California, Singapura, dan Australia," kata David Sedlak, direktur Berkeley Water Center di University of California, Berkeley. "Semua operasi tersebut mengandalkan pabrik daur ulang yang terkait dengan pabrik pengolahan limbah. 

Sistem daur ulang air dalam skala bangunan menawarkan peluang bagi kota untuk mengurangi ketergantungannya pada air dari sungai, danau, dan waduk, sumber yang rentan terhadap perubahan iklim. Ini juga menawarkan peluang untuk menghemat energi dan mengurangi jumlah polutan yang dilepaskan kota ke lingkungan."

Sedlak, yang tidak terlibat dalam Epic Cleantec, mengatakan bahwa sistem daur ulang air yang dikembangkan oleh perusahaan tersebut telah membuktikan bahwa teknologinya layak untuk mendaur ulang air di dalam bangunan. "Airnya cukup bersih untuk membuat bir yang lezat, dan tentu saja juga bersih untuk digunakan dalam mencuci toilet dan irigasi lahan," tambahnya.

4 dari 4 halaman

Pengolahan Air Daur Ulang Berpotensi Besar

Pada tahun 2017, dua pembuat bir berbasis di California menghasilkan bir edisi terbatas yang terbuat dari air daur ulang, untuk disajikan dalam acara-acara lokal. Daniel McCurry, seorang asisten profesor di Civil and Environmental Engineering di University of Southern California, mencoba salah satunya. "Saya minum tanpa ragu, bir itu dibuat dengan air dari proyek daur ulang air minum di San Diego," katanya.

Ia menjelaskan bahwa sistem daur ulang air minum umumnya mencakup dua tahap lebih banyak daripada yang dilakukan Epic Cleantec, yaitu osmosis balik dan proses oksidasi canggih dengan sinar UV, yang menurut McCurry dapat menghilangkan kontaminan kimia seperti pelarut industri dan obat-obatan "dalam tingkat yang lebih tinggi daripada dengan ultrafiltrasi, sinar UV, dan klorin saja." tambahnya.

Meskipun menjual bir atau minuman lain yang terbuat dari air seperti itu memerlukan langkah regulasi tambahan, namun menurut Tartakovsky, hal itu bukan tidak mungkin. "Ketika saya terlibat dalam industri air, ada banyak anggapan yang sering diulang bahwa masyarakat umum belum siap untuk air daur ulang," katanya.

"Di industri ini, kami menyebutnya sebagai faktor 'jijik'. Ada persepsi mental bahwa air daur ulang tidak sebersih sumber air lainnya. Tetapi yang harus saya ingatkan adalah bahwa semua air di planet ini adalah air daur ulang. Air yang kita minum hari ini adalah sama dengan air yang dikonsumsi oleh dinosaurus jutaan tahun yang lalu."

Dia menambahkan, meskipun bukan fokus utama perusahaan, Epic Cleantec sekarang sedang berbicara dengan beberapa pembuat bir terbesar di dunia. "Banyak orang yang meminta lagi, karena selain menjadi cerita lingkungan yang menarik, bir ini sebenarnya rasanya sangat enak," katanya. 

"Anda akan mulai mendengar lebih banyak tentang berbagai industri yang menggunakan air daur ulang untuk produk mereka. Saya pikir potensinya sangat besar."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini