Sukses

Kepala IAEA Tur Asia-Pasifik soal Rencana Jepang Buang Limbah Nuklir Fukushima ke Laut, Lawatan ke Korsel Disambut Protes

Oposisi dan warga Korea Selatan mengkritik IAEA dalam pertemuan di Seoul, atas langkah IAEA menyetujui rencana Jepang untuk membuang limbah air nuklir Fukushima ke laut.

Liputan6.com, Seoul - Anggota parlemen oposisi Korea Selatan dengan tajam mengkritik kepala badan pengawas nuklir PBB dalam pertemuan pada Minggu 9 Juli 2023 di Seoul, atas langkah IAEA menyetujui rencana Jepang untuk membuang limbah air nuklir Fukushima ke laut.

Politisi oposisi Korea Selatan bertemu dengan Kepala IAEA Rafael Grossi dalam pertemuan tegang di Seoul yang berlangsung ketika pengunjuk rasa berteriak di luar pintu, mengemukakan penolakan seruoa,

Grossi tiba di Korea Selatan selama akhir pekan untuk terlibat dengan pejabat pemerintah dan kritikus negara untuk membantu mengurangi kekhawatiran publik tentang isu Fukushima pada keamanan pangan Korea Selatan.

Kepala IAEA itu juga akan terbang ke Selandia Baru pada Minggu 9 Juli dan melanjutkan perjalanan ke Kepulauan Cook untuk mencoba menjelaskan kepada negara-negara di kawasan Asia-Pasifik tersebut tentang rencana Jepang.

IAEA pekan lalu menyetujui rencana Jepang melepas limbah nuklir Fukushima ke laut, dengan mengatakan proses itu akan memenuhi standar keselamatan internasional dan menimbulkan dampak lingkungan dan kesehatan yang dapat diabaikan.

Sikap resmi Pemerintah Korea Selatan adalah mendukung keamanan rencana Jepang.

Namun, politisi oposisi di parlemen Korea Selatan tidak demikian, termasuk sejumlah publik. Sehingga, dalam pertemuannya dengan anggota Partai Demokrat, yang mengendalikan mayoritas di parlemen Korea Selatan, Grossi mengatakan tinjauan IAEA terhadap rencana Jepang didasarkan pada penelitian "transparan" dan "ilmiah".

Dia mengakui kekhawatiran tentang bagaimana rencana Jepang akan berjalan dalam kenyataan dan mengatakan IAEA akan mendirikan kantor permanen di Fukushima untuk memantau dengan cermat bagaimana proses pembuangan dilaksanakan selama tiga dekade ke depan.

"Kesimpulan kami adalah bahwa rencana ini, jika dilakukan dengan cara yang telah disajikan, akan sejalan, akan sesuai dengan standar keselamatan internasional," kata Grossi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tanggapan Oposisi Korea Selatan

Para anggota parlemen menanggapi dengan mengkritik keras tinjauan IAEA, yang mereka katakan mengabaikan dampak lingkungan dan kesehatan jangka panjang dari pelepasan air limbah dan mengancam untuk menetapkan preseden buruk yang dapat mendorong negara-negara lain untuk membuang limbah nuklir ke laut.

Mereka menyerukan Jepang untuk membatalkan rencana pembuangan dan bekerja dengan negara-negara tetangga untuk menemukan cara yang lebih aman untuk menangani air limbah, termasuk kemungkinan mengejar penyimpanan jangka panjang di darat.

Partai Demokrat juga mengkritik pemerintah Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol karena membahayakan kesehatan masyarakat ketika negara itu berusaha memperbaiki hubungan dengan Jepang.

"Jika Anda berpikir (air limbah yang diolah) aman, saya bertanya-tanya apakah Anda bersedia menyarankan pemerintah Jepang menggunakan air itu untuk minum atau untuk keperluan industri dan pertanian, daripada membuangnya ke laut," Woo Won-shik, seorang anggota parlemen Partai Demokrat yang menghadiri pertemuan itu, mengatakan kepada Grossi. Partai itu mengatakan Woo telah melakukan mogok makan selama 14 hari terakhir untuk memprotes rencana keluarnya Jepang.

 

3 dari 3 halaman

Protes Masyarakat Korea Selatan

Rincian lebih lanjut dari pertemuan itu tidak segera tersedia setelah wartawan diminta untuk pergi setelah pernyataan pembukaan. Diawasi ketat oleh staf keamanan parlemen, puluhan pengunjuk rasa berteriak di dekat lobi aula utama Majelis Nasional tempat pertemuan berlangsung, memegang tanda-tanda mencela IAEA dan Jepang.

Ratusan demonstran juga berbaris di pusat kota Seoul pada hari Sabtu menuntut agar Jepang membatalkan rencananya.

Gempa bumi dan tsunami besar pada tahun 2011 menghancurkan sistem pendingin pabrik Fukushima, menyebabkan tiga reaktor meleleh dan melepaskan radiasi dalam jumlah besar.

Tokyo Electric Power Company Holdings, yang mengoperasikan fasilitas tersebut, telah menyimpan air yang diolah di ratusan tangki yang sekarang menutupi sebagian besar pabrik dan hampir penuh.

Para pejabat Jepang mengatakan tank-tank itu harus dipindahkan untuk memberi ruang bagi membangun fasilitas untuk penonaktifan pabrik dan untuk meminimalkan risiko kebocoran jika terjadi bencana besar lainnya. Tank-tank tersebut diperkirakan akan mencapai kapasitas 1,37 juta ton pada awal 2024.

Jepang pertama kali mengumumkan rencana untuk membuang air yang diolah ke laut pada tahun 2018, dengan mengatakan air akan diencerkan lebih lanjut oleh air laut sebelum dilepaskan dalam proses yang dikendalikan dengan hati-hati yang akan memakan waktu puluhan tahun untuk menyelesaikannya.

Keamanan air limbah Fukushima telah menjadi isu sensitif selama bertahun-tahun antara sekutu AS. Korea Selatan dan Jepang telah bekerja dalam beberapa bulan terakhir untuk memperbaiki hubungan yang telah lama tegang karena sejarah masa perang, guna mengatasi kekhawatiran bersama seperti ancaman nuklir Korea Utara dan kebijakan luar negeri China.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh media pemerintah pada hari Minggu, Korea Utara juga mengkritik rencana pelepasan Jepang, memperingatkan terhadap "dampak buruk yang fatal pada kehidupan manusia dan keamanan dan lingkungan ekologis." Pernyataan itu, yang dikaitkan dengan seorang pejabat tak dikenal di Kementerian Perlindungan Tanah dan Lingkungan Korea Utara, juga mengkritik Washington dan Seoul karena mendukung rencana Jepang.

"Yang penting adalah perilaku IAEA yang tidak masuk akal secara aktif menggurui dan memfasilitasi proyeksi pembuangan air tercemar nuklir Jepang, yang tidak terbayangkan," katanya. "Lebih buruk lagi, AS dan Korea Selatan secara terbuka menyatakan 'selamat datang' yang tidak pantas atas rencana pelepasan Jepang yang pantas dikecam dan ditolak, memprovokasi kemarahan publik yang kuat."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.